Beberapa Cara Melestarikan Sumber Daya Alam Ini Harus Anda Ketahui

3 min read

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Melestarikan Sumber Daya Alam – Sumber daya alam adalah sesuatu yang secara alami tanpa perlu diolah bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Sumber daya alam terdiri atas komponen biotik seperti hewan, tumbuhan dan mikroorganisme dan komponen abiotik seperti minyak bumi, gas alam, air, dan masih banyak lagi. Keberadaan sumber daya alam tidak bisa lepas dari banyak permasalahan yang dapat mengancam kelestariannya.

Untuk itu, agar sumber daya alam dapat digunakan dalam waktu lebih lama lagi, sebagai manusia kita harus berusaha melestarikannya. Berikut ini beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang harus anda ketahui agar bisa bersama sama menjaga bumi.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam.

Seperti yang sudah diketahui, sumber daya alam akhir-akhir ini semakin habis dan rusak karena perbuatan manusia. Jika dibiarkan terus seperti ini, anak cucu kita tidak akan dapat merasakan kelestarian alam yang harusnya juga menjadi hak mereka.

Jika memang kita tidak dapat mewariskan bumi yang lebih baik bagi anak cucu kita, ada baiknya kita tidak merusak apa yang sudah ada dan disediakan oleh Tuhan bagi manusia.

1. Menjaga Kelestarian Hutan dan Tanah

 Menjaga kelestarian tanah dan hutan adalah hal penting yang tidak boleh terlewat. Bagaimana tidak, hutan merupakan paru-paru bumi yang menyediakan oksigen. Jika hutan dibabat habis dan sudah tidak lestari, bagaimana manusia dapat hidup dan bernafas.

Begitupun dengan tanah, menjaga kelestarian tanah sangat penting karena tanah menyimpan cadangan air bagi manusia. Beberapa cara melestarikan sumber daya alam hutan yang bisa dicoba adalah dengan menanam kembali hutan atau biasa dikenal dengan reboisasi.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Hutan -hutan yang telah ditebang pohonnya harus ditanami kembali. Selain itu, manusia juga harus bisa mencegah praktik penebangan hutan liar dan pembakaran hutan untuk dijadikan lahan usaha.

Untuk melestarikan tanah, anda harus menggalakkan gerakan membuang sampah plastik pada tempatnya karena sampah plastik yang mencemari tanah membuat tanah menjadi tidak subur. Selain sampah plastik, limbah berbahaya seperti limbah pabrik dan rumah sakit juga tidak boleh dibuang ke tanah.

Anda juga bisa membuat sengkedan untuk mencegah pengikisan tanah serta menanam bibit pohon di tanah yang kosong.

Saat ini, pemerintah sedang gencar untuk melakukan reklamasi dan rehabilitasi lahan yang sudah kritis. Reklamasi adalah pemanfaatan kembali lahan yang dulunya digunakan untuk kegiatan penambangan untuk ditanami tumbuhan dan pohon agar lebih bermanfaat. Sedangkan reboisasi merupakan penanaman kembali hutan yang gundul seperti sudah dijelaskan diatas.

2. Menjaga Kelestarian Barang Tambang

  Barang tambang adalah salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui, artinya bahan tambang sudah tidak dapat tumbuh lagi jika suatu saat sudah habis. Untuk itu perlu bagi barang tambang untuk dilestarikan sebelum benar-benar habis dan tidak dapat digunakan.

Cara melestarikan sumber daya alam tambang diantaranya adalah dengan mendaur ulang barang tambang yang sudah tidak digunakan sehingga bisa digunakan kembali seperti besi dan logam yang tidak digunakan lagi, bisa dicairkan dan digunakan sebagai barang yang terpakai.

Manusia juga bisa menggunakan banyak energi alternatif yang bisa diperbarui. Misalnya memanfaatkan matahari, angin, air dan panas bumi sebagai pengganti bahan bakar fosil.

Selain itu, manusia juga harus bisa melakukan upaya penghematan penggunaan barang-barang tambang dan beralih menggunakan barang substitusi yang bisa menggantikan barang tambang.

3. Memanfaatkan Energi yang Tidak Habis

  Terkait dengan barang tambang yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, bumi juga memiliki beberapa energi yang bisa dimanfaatkan seterusnya tanpa bisa habis. Energi itu adalah matahari, angin, panas bumi, dan air. Manusia bisa memanfaatkan keempat energi itu sebagai tenaga pembangkit listrik.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Akhir-akhir ini, kendaraan dengan bahan bakar tenaga surya juga sudah mulai digunakan sebagai pengganti bahan bakar minyak yang terancam habis.

4. Melakukan Kegiatan Recycle dan Reduce

  Cara melestarikan sumber daya alam yang selanjutnya adalah dengan melakukan kegiatan daur ulang atau recycle. Anda bisa memanfaatkan plastik yang tidak terpakai menjadi karya seni yang lebih bermanfaat dibandingkan langsung dibuang dan menjadi sampah.

Seperti yang sudah diketahui bersama, plastik membutuhkan lebih dari 100 tahun untuk dapat benar-benar hancur. Keberadaan sampah plastik akan mengganggu ekosistem laut dan mencemari tanah. Untuk itu manusia harus belajar untuk mengurangi sampah plastik dan mendaur ulangnya menjadi barang yang lebih bermanfaat.

Anda juga harus bisa mengurangi penggunaan kertas untuk memperlambat penebangan pohon. Gunakan kertas daur ulang yang juga banyak ditemukan dan mudah dibuat.  

5. Mengelola Limbah

 Meskipun air merupakan salah satu sumber daya alam yang tidak habis, namun keberadaan air bersih agaknya terancam karena perbuatan jahat manusia. Banyak sekali pabrik-pabrik yang membuang limbahnya ke sungai dan laut sehingga membuatnya tercemar.

Zat kimia yang terkandung dalam limbah pabrik tentu akan membuat air tercemar dan berujung tidak dapat dimanfaatkan. Untuk itu, penting bagi pemerintah untuk memberikan edukasi pengelolaan limbah sebelum melakukan pembuangan agar dampak polusinya tidak terlalu besar.  

6. Konservasi Ex Situ

 Konservasi merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan hewan atau tumbuhan dari kepunahan. Langkah konservasi bisa dilakukan sebagai cara melestarikan sumber daya alam biotik.

Konservasi ex situ bisa dilakukan dengan cara mengambil spesies hewan atau tumbuhan yang terancam punah dari habitat aslinya (yang kebanyakan sudah rusak) untuk dipindahkan ke tempat lain serupa agar lebih aman dan dapat ebrkembang biak dan melanjutkan siklus hidupnya. Konservasi ex-situ ini tidak dapat dilakukan sembarangan karena harus dilakukan dibawah pengawasan ahli.

7. Menekan Angka Pertumbuhan Penduduk

Menekan angka pertumbuhan penduduk mungkin tampak sepele dan tidak berhubungan. Namun menekan angka pertumbuhan penduduk ternyata juga bisa menjadi salah satu cara melestarikan sumber daya alam loh. Semakin banyak penduduk yang ada, maka akan semakin banyak sumber daya alam yang dibutuhkan.

Cara Melestarikan Sumber Daya Alam

Selain itu, manusialah yang memiliki potensi paling besar dalam pemborosan serta pengrusakan sumber daya alam. Jadi, menekan angka pertumbuhan penduduk sangatlah berdampak besar terhadap kelestarian alam.

8. Penertiban Pembuangan Sampah

Pemerintah juga harus lebih menggalakkan sosialisasi dan denda nyata atas pembuangan sampah sembarangan. Selama ini, banyak masyarakat yang masih membuang sampah (terutama sampah plastik) di tempat yang tidak seharusnya seperti di hutan, di laut dan di sungai.

Padahal perbuatannya itu bisa menjadi bencana karena mengancam berbagai ekosistem di dalamnya. Namun, apalah arti upaya pemerintah melakukan penertiban pembuangan sampah jika kesadaran diri dari masyarakat sendiri masih kurang?

Itulah mengapa masyarakat secara mandiri harus bisa sadar bahwa perbuatan membuang sampah sembarangan itu tindakan yang salah.

Nah itulah tadi beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang bisa anda coba mulai dari sekarang. Menjaga kelestarian alam bukan hanya tugas pemerintah melainkan tugas setiap makhluk yang tinggal di Bumi. Semoga artikel diatas bermanfaat dan salam lestari!

  Apa yang Dimaksud dengan Perubahan Fisika
Avatar