Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

3 min read

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 – Saat ingin menghadapi ujian, Anda tentu harus semakin rajin untuk berlatih soal bahasa Inggris. Bahasa Inggris sendiri merupakan salah satu pelajaran yang wajib untuk dipelajari. Dengan begitu, lebih mudah untuk mengerjakannya. Sebelum berlatih soal, pelajari juga materi bahasa Inggris kelas 9 semester 1.

Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Ada banyak materi yang perlu dipelajari agar nantinya lebih mudah mendapatkan hasil dan nilai yang memuaskan. Materi tersebut juga akan memudahkan Anda untuk mengerjakan setiap soal yang diujikan. Lantas, seperti apa saja materinya? Di bawah ini beberapa materi materi bahasa Inggris kelas 9 tersebut:

1. Expression of Congratulations

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Saat menjalankan aktivitas sehari-hari tentu pernah memberikan ucapan selamat atas pencapaian atau keberhasilan orang lain. Saat disebutkan dalam bahasa Inggris, itulah yang dimaksud dengan expression of congratulations. 

Di bawah ini beberapa contoh dari expression off congratulations tersebut:

  • Good for you!
  • Well done!
  • Congratulations!
  • I’m very proud of you!
  • Fantastic job!
  • I’m very happy of you!
  • That’s wonderful!
  • Best of luck!
  • Good job!
  • Great job!
  • Let me congratulations you!
  • Dan masih banyak lagi
  • Expression of Agree and Disagree

Merupakan sebuah kalimat yang ditujukan untuk menyetujui sebuah ekspresi ataupun tidak menyetujui suatu hal. Ketika setuju maka menggunakan kalimat expression of agree. Seperti: I agree with you, of course, I agree with what you are saying, I agree about that.

sementara tidak setuju menggunakan kalimat expression of disagree.

Contohnya seperti: I don’t agree with you, I disagree with you, I couldn’t agree more, I’m sorry, I don’t agree with you, I don’t believe that, I think you are wrong, dan masih banyak lagi.

2. Imperative Sentence

Merupakan sebuah kalimat imperative yang berarti memerintah, menyuruh, meminta, atau memberikan petunjuk kepada orang lain untuk melakukan sesuatu.

Ciri dari kalimat ini sendiri adalah memiliki arti meminta orang melakukan sesuatu, menggunakan kata kerja pertama, tidak menunjukkan subjek you, menggunakan tanda seru, dan masih banyak lagi.

Umumnya, jenis kalimat tersebut terdiri dari tiga tipe. Diantaranya yakni petunjuk (direction), permintaan (request), dan perintah (command). Seluruh jenis tersebut termasuk ke dalam kalimat imperative.

Contoh dari kalimat tersebut seperti: don’t enter the door, don’t enter the gate, don’t touch the ceramics, don’t cross the line, don’t step the grass, don’t take a picture, dan masih banyak lagi.

3. Procedure Text

Merupakan sebuah genre tulisan yang menunjukkan bagaimana cara untuk membuat sesuatu atau cara melakukan sesuatu secara berurutan. Adapun tujuan membuat teks tersebut adalah memberikan petunjuk mengenai bagaimana cara melakukan sesuatu lewat langkah-langkah yang urut.

Dalam membuat procedure text sendiri terdapat beberapa struktur yang harus diterapkan. Pertama adalah aim/goal, yang berupa judul ataupun deskripsi mengenai apa yang ingin dibuat atau dilakukan. 

Kedua adalah material, yakni daftar alat maupun bahan yang dilakukan untuk membuat sesuatu tersebut. Terakhir adalah step-stepnya, yang mana semua step tersebut harus dilakukan secara berurutan agar nantinya bagian aim/goal dapat tercapai. 

4. Food and Drink

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Food and drink berarti makanan dan juga minuman. Dalam materi bahasa Inggris kelas 9 ini berarti Anda harus mempelajari vocabulary food and drink tersebut. Keseluruhan vocabulary tersebut perlu Anda pelajari beserta dengan artinya.

Beberapa vocabulary food sendiri seperti: egg (telur), omelette (telur dadar), rice (nasi), fried rice (nasi goreng), cookie (kue kering), pizza (pizza), pie (kue pai), cale (kue), jam (selai), candy (permen), soup (sup), burger (burger), sandwich (roti isi), dan masih banyak lagi.

Sementara yang termasuk ke dalam vocabulary food adalah tea (teh), coffee (kopi), juice (jus), milk (susu), ice cream (es krim), water (air), dan masih banyak lagi lainnya.

5. Present Continuous Tense

Jika diartikan, kata present artinya sekarang sementara continuous adalah yang sedang berlangsung. Hal ini berarti present continuous tense merupakan sebuah aktivitas yang masih berlangsung sekarang atau saat pembicaraan tersebut sedang terjadi.

Untuk menulis kalimat tersebut sendiri terdapat rumus yang perlu diperhatikan. Yakni Subject + to be ( are/am/is) + verb-ing + object. Contoh dari verb-ing tersebut seperti singing, writing, dancing, reading, studying, walking, eating, drinking, dan masih banyak lagi.

6. Past Continuous Tense

Merupakan sebuah kalimat yang menunjukkan sebuah aktivitas yang sudah berlangsung di masa lalu. Kalimat ini sendiri memiliki waktu yang berbeda dari present continuous tense, pasalnya pada past continuous tense menunjukkan aktivitas yang sudah berlangsung di masa lampau.

Adapun rumus dari kalimat tersebut adalah Subject + was / were + V-ing. Contoh dari kalimat tersebut adalah I was crying when you left me alone yesterday atau my brother was studying when someone knocked the door.

7. Present Perfect Tense

Kumpulan Materi Bahasa Inggris Kelas 9 Semester 1

Merupakan sebuah kalimat yang digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sudah dilakukan saat ini. Dalam kalimat tersebut menggunakan kata has/have yang berarti sudah. Kemudian diikuti dengan kata benda. 

Untuk membuat kalimat tersebut rumusnya seperti berikut Subject + Have/Has + Verb 3. Untuk have umumnya digunakan pada kalimat atau subjek berupa I, We, They, You, sementara has digunakan pada subjek berupa She, He, It, atau orang ketiga tunggal.

Contoh dari kalimat present perfect tense tersebut seperti: I have read the novel, but I forgot the story, I have called her so many times, my mother just has come back from Indonesia.

8. Conjunction

Merupakan sebuah kata sambung ataupun kata penghubung. Jika dipelajari, maka conjuction masih termasuk dalam salah satu bagian dari part of speech. Adapun fungsinya yakni untuk menghubungkan dua kata atau dua kalimat sehingga terbentuklah kesinambungan yang sesuai.

Terdapat tiga jenis dari kata sambung tersebut, diantaranya coordinating conjunction, correlative conjunction, serta subordinating conjunction. Lantas apa maksud dari ketiga jenis kalimat sambung tersebut?

Coordinating conjunction adalah kata yang menghubungkan kalimat yang masing-masingnya memiliki arti. Contohnya seperti: I’m always here for you, My father and my mother will go on vacation next week, dan lainnya.

Sementara itu, correlative conjunction adalah kata sambung yang bersifat paralel. Dengan begitu, kalimat tersebut menyambungkan kata dengan kata, klausa dengan klausa dan kalimat dengan kalimat. Contohnya neither….nor….., not only…..but also, either….or…..

Terakhir adalah subordinating conjunction yakni kata sambung yang mempunyai dua kalimat didalamnya. Hal ini berarti dalam satu kalimat terdapat dua kalimat. Contohnya seperti: I will leave this hotel whether you allow me or not, I was watching TV while my sister is cooking in the kitchen.

Itulah beberapa materi bahasa Inggris kelas 9 yang bisa Anda pelajari. Beberapa materi tersebut tentu sangat penting untuk dipelajari mengingat bahasa Inggris merupakan mata pelajaran diujikan nantinya. Dengan mempelajari materinya secara rutin maka tentu saja akan semakin mudah dalam menjawab ujian nantinya.

 

  Hal-hal Yang Perlu Diketahui Tentang Akulturasi Budaya