Masih Belum Paham Makna dan Dampak Globalisasi? Yuk Simak Pemaparan Berikut

3 min read

definisi globalisasi menurut para ahli

Anda tentu sudah sering mendengar istilah globalisasi bukan?  Baik itu saat mendapat materi di sekolah ataupun mungkin anda melihat sekilas di artikel tertentu. Namun bagi anda yang mungkin masih bingung mencerna kalimat-kalimat yang rumit di buku sekolah anda, jangan khawatir. Pada artikel kali ini akan dijelaskan definisi globalisasi dari berbagai versi dengan kata-kata yang akan saya permudah untuk anda :

Definisi globalisasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia

Globalisasi adalah proses masuknya berbagai aspek seperti arus informasi, budaya, komoditas, dll dari negara yang 1 ke negara yang lain. Proses ini terjadi dalam ruang lingkup dunia sehingga seakan tidak ada lagi batasan antara 1 negara dengan negara lain. Dalam arti singkat, globalisasi berarti mendunia.

Definisi globalisasi menurut para ahli

  • Menurut Selo Soemardjan

Menurut beliau, globalisasi merupakan sebuah suatu proses terbentuknya sistem dalam masyarakat di seluruh dunia.  Sistem ini berupa komunikasi dan organisasi yang seakan menghubungkan mereka 1 sama lain meski terpisah jarak yang jauh. Komunikasi bisa membuat mereka bisa mengetahui keadaan di negara lain. Sementara organisasi, membuat masyarakat dunia bisa bekerja sama dengan masyarakat  di belahan dunia lainnya dengan lebih bebas.

  • Menurut John Huckle

Globalisasi memiliki dampak melunturkan batasan interaksi dalam masyarakat dunia. Hal ini menyebabkan kejadian, kegiatan dan keputusan suatu negara  di salah 1 aspek dapat denga mudah diketahui.  Akibatnya bisa mempengaruhi kondisi dan stabilitas di negara yang ada di belahan dunia lain.

  • Menurut Emanuel Ritcher

Globalisasi berbentuk seperti jaringan yang menyatukan masyarakat dunia yang sebelumnya terpencar-pencar satu sama lain dan tertutup. Dengan globalisasi membuat mereka dapat saling bersatu dan bekerja 1 sama lain

  • Menurut Achmad Suparman
  Ambigu Artinya dan Contohnya

Globalisasi adalah suatu proses di mana tiap individu bisa mengakses berbagai pengaruh dari negara lain tanpa ada batasan wilayah lagi. Pengaruh ini bisa berupa suatu produk barang atau budaya tertentu. Secara tidak langsung hal tersebut juga akan berdampak pada  pola perilaku dan sikap dari tiap individunya

  • Menurut Thomas L. Friedman

Dalam proses globalisasi pasti akan mempengaruhi 2 aspek utama yaitu teknologi dan ideologi.

  1. Aspek teknologi khususnya teknologi informasi yang semakin berkembang. Aspek ini yang menjadi aktor utama “penyatuan” dunia.
  2. Aspek ideologi . Perkembangan aspek teknologi menyebabkan nilai-nilai budaya suatu negara dapat memberikan pengaruh pada negara lain. Salah satunya adalah ideologi kapitalisme dan pasar bebas dari beberapa negara dalam mengatur perekonomiannya.
  • Menurut Malcom Waters

Globaliasi merupakan sebuah proses interaksi sosial dalam masyarakat dunia. Interaksi ini dapat terjadi akibat hilangnya batasan geografi dan sosial budaya. Di mana batasan tersebut sudah dirasa tidak relevan bagi sebagian besar orang

  • Menurut Scholte

Globalisasi adalah suatu proses yang menyebabkan terjadinya peningkatan dari jalinan kerja sama secara internasional dalam berbagai bidang. Dalam kerja sama tersebut, tiap negara tetap mempertahankan ideologi dan kedaulatannya pribadi tapi tetap saling membutuhkan 1 sama lain.

  • Menurut Lodge

Globalisasi adalah suatu proses yang mengubah tatanan masyarakat dunia secara keseluruhan menjadi lebih dekat. Hal ini membuat mereka dapat menjangkau satu dengan yang lain. Penjangkauan ini meliputi  semua aspek dalam kehidupan baik dalam aspek budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan.

  • Menurut Peter Drucker

Peter Drucke mendefinisikan globalisasi sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari modernisasi. Di mana modernisasi ini juga menuntut perubahan bagi setiap masyarakat dunia tanpa terkecuali.

  • Menurut Edison A. Jamli
  Adil Artinya : Pengertian, Manfaat, Jenis dan Contohnya

Globalisasi dapat terjadi  karena munculnya sebuah gagasan kerja sama internasional yang disosialisasikan kepada negara-negara yang  berkepentingan. Gagasan ini pada akhirnya akan sampai pada sebuah titik yang disepakati semua pihak  dan menjadi acuan dalam kerja sama internasional sampai sekarang. Contoh gagasan ini adalah terbentuk organisasi kerja sama yang memayungi region tertentu. Contohnya seperti PBB untuk lingkup negara seluruh dunia, ASEAN untuk region asia tenggara, dll. Paguyuban negara tersebut membuat kerja sama jadi lebih mudah, membuat antar negara saling memahami 1 sama lain. Kerja sama tersebut pasti juga mau tidak mau akan memberikan efek pada kondisi internal dari tiap negara yang terlibat.

Itulah tadi beberapa definisi globalisasi menurut para ahli dan kamus  besar bahasa Indonesia. Apakah anda sekarang sudah lebih mengerti? Ya; dari setiap pemaparan yang ada bisa disimpulkan bahwa globalisasi adalah seperti dunia dalam genggaman. Kita dapat mengakses semua informasi dunia secara terbuka dan cuma-cuma. Semua informasi yang anda akses tersebut cepat lambat juga akan mempengaruhi pola pikir anda.

definisi globalisasi menurut para ahli 2

Oleh karena itu, globalisasi di sini bisa menjadi pedang bermata dua. Ia bisa memiliki dampak positif dan negatif  yaitu

Dampak positif globalisasi

  1. Kerja sama antar negara dapat lebih mudah dilakukan. Kerja sama ini membuat tiao-tiap negara dapat saling melengkapi dengan kelebihannya dan menutup kekurangan rekan kerja samanya. Tentu hal ini baik untuk membangun berbagai aspek untuk kemajuan negara tersebut
  2. Seperti yang telah disebutkan bahwa globalisasi juga berdampak pada modernisasi. Dengan modernisasi tentu akan menuntut perubahan infrastruktur dari berbagai aspek. Tentunya masyarakat akan semakin terbantu karena dengan perangkat yang semakin canggih. Mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, pengurusan surat-surat, dan pendidikan yang lebih baik contohnya.
  3. Globalisasi pasti menuntut tiap orang untuk menyesuaikan perkembangan zaman. Belum lagi bila tiba masa orang dari negara lain dapat bekerja di negara kita. Tentunya kita juga harus semakin kreatif dalam mengembangkan diri untuk menyiapkan diri bersaing.
  4. Dengan globalisasi akan menambah wawasan anda mengenai nilai budaya dari negara lain. Hal ini baik untuk membuat anda lebih open minded dan menghargai perbedaan
  5. Globalisasi berdampak pada kemudahan arus informasi yang bisa diakses sehingga dapat viral dengan cepat. Salah satunya adalah informasi dalam dunia pemerintahan. Hal ini bagus bagi transparansi pemerintahan untuk siap menerima kritikan dari masyarakatnya.
  Pengertian Teks Editorial Adalah

Dampak negatif globalisasi

  1. Tidak semua budaya negara lain itu baik untuk diterapkan. Masih ada batasan-batasan tertentu yang tidak bisa ditoleransi. Contohnya adalah budaya barat yang menjunjung tinggi kebebasan mutlak dengan budaya timur yang masih dibatasi oleh berbagai parameter.
  2. Akses informasi juga harus pandai-pandai anda saring, apalagi bila anda juga sudah mempunyai anak. Banyak informasi yang dapat menjerumuskan ke arah yang tidak baik sperti pornografi, hoax, tindakan kriminal, dll.
  3. Khususnya anak muda cenderung jadi mendewakan budaya luar, menganggap buday sendiri ketinggalan zaman. Hal tersebut jelas tidak baik buat perkembangan budaya di negara tersebut

Maka dari itu mempelajari teori definisi globalisasi menurut para ahli atau dari versi apapun itu tidak salah. Itu dapat memperluas wawasan anda. Namun alangkah lebih baiknya anda juga bisa menyikapi globalisasi itu dengan baik dan benar.

 

Avatar