Mari Mengenal Perbedaan Sajak Dan Puisi

Di dalam kesusastraan Indonesia dikenal dengan dua macam istilah yang mana sering dicampuradukkan yaitu puisi dan sajak. Banyak orang menganggap bahwa puisi dan sajak itu adalah dua jenis karya sastra yang sama. Padahal ada perbedaan sajak dan puisi.

Mengenal Puisi dan Sajak

Memang tidak bisa dipungkiri jika dilihat sekilas antara sajak dan puisi memang terlihat sangat mirip. Tapi pada kenyataannya mereka berbeda ya.

Istilah puisi sendiri berasal dari bahasa Belanda yaitu Poezie. Di dalam bahasa Belanda sajak  lebih dikenal dengan istilah gedicht yang mana berarti sajak. Sedangkan dalam bahasa Melayu Indonesia kedua dikenal dengan nama yang sama.

Istilah puisi sendiri lebih cenderung bisa digunakan untuk berpasangan dengan istilah prosa atau yang disebut dengan poetry yang dalam bahasa Inggris dianggap sebagai salah satu jenis karya sastra. Jadi secara general, puisi bisa disimpulkan lebih bersifat general. Sedangkan untuk sajak sebagai lebih bersifat khusus atau individu.

Sajak adalah puisi. Tapi sebuah puisi belum tentu sajak. Puisi mungkin bisa terdapat dalam sebuah prosa misalnya saja esai, novel, cerpen. Dengan begitu orang akan mengatakan jika kalimat-kalimat yang ada dalam puisi lebih puitis. Puisi menjadi salah satu media untuk mengungkapkan  secara implisit atau samar dengan menggunakan makna yang tersirat. Hal ini bisa dilihat dari kata-kata yang digunakan lebih condong pada sebuah arti yang konotatif.

Sementara itu saja bersifat lebih luas. Tidak hanya sekedar yang tersirat saja tapi sudah mulai menyangkut materi dari isi puisi. Bahkan sampai masuk dalam efek yang ditimbulkannya misalnya saja bunyi. Oleh karena itu, sajak terkadang juga sering dimaknai sebagai bunyi yang indah.  Sebuah sajak juga mempunyai hakekat untuk mengundang para pembacanya untuk  berasosiasi.

Arti Alibi dan Konteks Pemakaiannya dalam Bahasa Indonesia

Mari Mengenal Perbedaan Sajak Dan Puisi

Metode Membaca Sajak dan Puisi

Supaya Anda bisa membaca sajak dan puisi dengan baik, maka Anda sangat perlu sekali untuk bisa memahami teknik apa saja yang digunakan untuk membaca keduanya. Semua ini biasanya diajarkan oleh guru Bahasa Indonesia semasa masih duduk di bangku sekolah.

Biasanya guru  akan mengajarkan mengenai bagaimana langkah-langkah supaya  anak didiknya dengan sangat mudah mengerti mengenai apa yang dimaksud dengan  puisi dan sajak, serta  bagaimana teknik saja teknik membacanya dengan sangat tepat dan benar. Keduanya mempunyai teknik yang hampir sama.

Akan tetapi jika Anda  ingin l lebih mahir dalam membaca  puisi dan sajak, maka  tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan  beberapa teknik tambahan yang mungkin dahulu tidak pernah  diajarkan di sekolah. Dengan begitu, Anda bisa   memperoleh pengetahuan  lebih mengenai pembacaan teknik membaca puisi dan sajak dan berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Pilih puisi dan sajak

Langkah pertama yang harus Anda  lakukan adalah memilih puisi atau sajak yang ingin Anda baca.. Usahakan pilih sajak atau puisi yang sekiranya menarik ya isinya. Anda bisa memilih  jenis puisi dan sajak yang Anda  inginkan. Hal ini karena jika  bila suka dengan jenis puisi dan sajak sesuai pilihan, maka akan membuat Anda merasa menjadi lebih  menghayatinya  serta akan lebih sungguh-sungguh.

  1. Perhatikan jenis dari puisi dan sajak

Selain memperhatikan dalam memilih isi dari puisi dan sajak, Anda juga harus   memilih  jenisnya. Anda bisa memilih sajak atau puisi dengan tema  persahabatan, religi, persatuan, bencana alam, dan sebagainya. Setelah itu, Anda  mulai bisa untuk  menentukan puisi tersebut sekiranya lebih  cocok dibaca dengan intonasi tegas , sedih, gembira dan  penuh emosi.

  1. Mengenal jenis  kata-kata yang tidak dikenal
Mengetahui Secara Singkat Sejarah Indonesia dan Perjuangan Bangsa Indonesia

Pada dasarnya, puisi dan sajak  biasanya sangat kaya  akan kosakata yang mana  mungkin asing bagi anda atau bahkan belum pernah mendengarnya sama sekali. Salah satu kunci keberhasilan dalam membawakan puisi atau saja adalah ketika Anda tidak sekedar baca tapi juga tahu maksud dari kata-kata yang ada.  Oleh karena itu, cara yang tepat adalah dengan melingkari beberapa  kata-kata yang anda anggap asing  dan setelah itu tulis  maknanya pada bagian sebelah  samping puisi.

Dengan demikian Anda dapat  belajar untuk bisa  menentukan bagaimana intonasi yang harus digunakan  pada saat membaca  kata – kata yang  tidak dikenal di dalam puisi dan sajak. Catatannya, mungkin akan ada sebuah  kata memiliki banyak arti. Jika salah  satu definisi memang sudah dirasakan  tidak masuk akal, Anda  bisa memilih menggunakan definisi yang  lain dari kata tersebut.

  1. Memahami secara cermat mengenai tanda baca

Setelah menandai kata asing atau tidak dikenal, Anda bisa juga memberikan  tanda baca yang ada di dalam puisi dan sajak tersebut. Inilah digunakan untuk mengetahui  di mana kalimat berhenti akan membantu Anda untuk lebih memahami mengenai  puisi yang ditulis.

Terkadang, satu kalimat dalam puisi dan sajak  terdiri dari beberapa  kata yang cukup banyak, namun kadang sebuah kalimat hanya tersusun  dari satu atau dua kata saja. Memahami tanda baca juga dapat dimanfaatkan untuk mengatur jeda pembacaan puisi dan mengambil napas.

Biasanya, kalimat yang panjang  pada puisi dan sajak akan dibaca  dengan lambat, sedangkan untuk kalimat pendek biasanya  dibaca dengan intonasi  agak cepat. Namun, hal ini kembali  lagi dimana  tergantung makna dari kalimat yang ada di dalamnya..

  1. Membaca puisi dan sajak secara keseluruhan
Pengertian Range dalam Statistik dan Penjelasan Lebih Lanjutnya

Setelah teknik-teknik sebelumnya dilakukan, langkah dalam membaca  puisi dan sajak  selanjutnya adalah dengan membaca  secara keseluruhan.  Anda membaca dengan menggunakan suara yang  lantang supaya   bisa lebih mudah dalam memahami  isi dari puisi dan sajak tersebut.

Setelah itu  jika  sudah selesai, Anda bisa  menuliskan atau menjelaskan pendapat Anda  tentang puisi yang sudah  dibaca. Bila ingin lebih baik, pendapat bisa ditulis untuk masing-masing baris puisi.

  1. Bandingkan dengan pendapat anda dengan orang lain

Terkadang, Anda  juga perlu melihat puisi dengan pandangan yang baru. Jadi, hal ini  bisa membantu memberikan pendapat tentang  isi dan sajak. dari puisi dan sajak  yang dibaca oleh Anda

Selain itu, Anda  juga dapat meminta   pendapat teman sebaya  atau orang lain dengan tujuan  untuk turut memberi pandangannya mengenai makna puisi dan sajak yang Anda baca. Bicara dengan orang lain tentu akan membantu Anda untuk menemukan makna asli dari sebuah puisi dan sajak yang akan anda baca

  1. Bacalah puisi dan sajak berulang ulang  kembali

Setelah memiliki pemahaman baru tentang  puisi dan sajak  yang dibaca, sekarang coba deh  minta Anda   membaca ulang dengan  cara memahami makna baru yang telah dijelaskan di dalamnya . Anda juga bisa minta bantuan pada orang lain atau orang yang lebih berkompeten. Sangat jelas bukan perbedaan antara sajak dan puisi? Jangan lupa juga ya untuk menerapkan berbagai macam tips dalam membaca puisi dan sajak agar hasil bagus dan indah.