Cara Live Streaming Layar iPhone di TikTok atau Instagram

Live streaming merupakan penyiaran konten digital secara langsung melalui internet. Live streaming biasanya diterapkan oleh media maupun secara individual untuk menyiarkan konten atau tayangan secara real time.

Dalam dunia digital internet, live streaming lebih dulu populer pada media jejaring youtube yang dimana penggunaan live streaming yang dilakukan oleh konten kreator ditujukan untuk menayangkan permainan gameplay, acara atau event tertentu dalam situasi di tempat yang menetap.

Namun akhir-akhir ini penggunaan live secara streaming tidak hanya dilakukan oleh konten kreator dari youtube saja. Beberapa media sosial yang mendukung untuk penyiaran langsung seperti instagram, facebook, dan tiktok juga memiliki angka pengguna yang banyak melalukan live.

Melakukan live atau siaran langsung melalui satu kamera memang bukanlah hal sulit dilakukan, sebab secara bawaan aplikasi, pengguna aplikasi sudah dapat melalukan live melalui fitur yang sudah tersedia.

Nah lain halnya, jika kamu adalah konten kreator gaming, tutorial, dan sebagainya yang membutuhkan siaran langsung dengan metode menampilkan layar perangkat ke penonton.

Menampilkan layar atau share / live screen adalah metode yang bisa digunakan untuk mempresentasikan secara digital tentang apa yang dilakukan atau yang terkait dengan layar yang ditampilkan. Bagi konten kreator gaming, melakukan live srcreen tentu adalah hal yang wajib dilakukan. Sebab mereka perlu menampilkan layar dari handphone mereka ketika sedang bermain game.

Nah untungnya untuk melakukan langkah live screen di perangkat iphone maupun android, tidak lagi serumit metode lawas yang dimana dahulu diperlukan perangkat desktop untuk membantu menghubungkan layar handphone ke tampilan siaran langsung.

Pada era perkembangan digital internet saat ini, melakukan live screen bahkan dapat dilakukan tanpa harus lagi menggunakan komputer. Dimana ada beberapa aplikasi smartphone yang sudah mendukung pengguna sosial media dapat menautkan akun mereka agar dapat merekam dan menyiarkan langsung layar dari smartphone mereka ke penonton.

Cara Main Game Android Menggunakan Stik PS2/PS3

Aplikasi live screen ini bahkan dapat berjalan di hampir semua aplikasi sosial media dan perangkat smartphone. Misalnya pada sosial media populer instagram, tiktok, atau facebook. Sedangkan untuk perangkat yang didukung saat ini bisa diterapkan pada perangkat ios iphone maupun android. Nah beberapa langkah itu dijelaskan secara detail pada langkah di bawah:

Ada 3 langkah utama yang bisa kamu lakukan untuk dapat screen streaming di iphone kamu. Pertama kamu perlu mengunduh aplikasi Du Recorder, Membuat akun Loola.tv, dan menautkan akun sodial media.

streaming layar iphone

Langkah Pertama: Unduh dan Install DU Recorder

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh dna menstall DU Recorder langsung dari App Store atau ketuk tautan berikut ini:

https://apps.apple.com/us/app/du-recorder-screen-recorder/id1295647284

Setelah berhasil mengunduh dan menginstall aplikasi tersebut. Jalankan aplikasinya.

Aplikasi ini menerapkan fitur aplikasi berbayar, namun kamu bisa mencoba masa percobaan selama 7 hari kedepanya. Ketuk pilihan “Free Trial & Subscribe” kemudian ikuti langkah pembayaran melalui Dana maupun kartu debit/kredit. Selama masa percobaan, saldo dana atau kredit kamu tidak akan terpotong. Setelah masa percobaan habis, kamu bisa berhenti menggunakannya atau melanjutkan pembelian secara lengkap.

Dari halaman utama, kamu akan melihat beberapa pilihan sosial media yang dapat kamu gunakan, seperti live streaming youtube, facebook, twitch, dan sebagainya.

Namun jika kamu ingin streaming ke akun tiktok atau instagram dalam hal ini, makaketuk pilihan “RTMP livestream” dari daftar pilihan yang tersedia.

Sesuaikan kualitas video yang ditampilkan melalui menu Settings. Pada menu settings, kamu bisa menyesuaikan resolusi video, kualitas video, frame rate per detik, dan beberapa pilihan video lainnya yang perlu kamu sesuaikan sebelum disiarkan langsung.

Windows 10

Terdapat dua kolom yang perlu kamu lengkapi yakni: RTMP Address dan Stream Key. Kedua tautan kolom ini kamu dapatkan ketika kamu telah menautkan akun kamu di loola.tv. Maka ikuti langkah kedua dibawah kemudian melanjutkan untuk mengisikan kolom tersebut.

streaming layar iphone

Langkah Kedua: Membuat Akun Loola.tv

Loola.tv adalah salah satu platform live streaming berbasis website online yang dimana kamu tidak perlu menginstall aplikasi tambahan. Dengan mengakses situs ini dari halaman browser, kamu sudah bisa menautkan akun kamu.

Pada halaman utama situs loola.tv ketuk pilihan “Let’s Get Started”.

Pada halaman berikutnya, kemudian login menggunakan akun google kamu dengan mengetuk tombol “sign in with google” ditengah layar. Ikuti beberapa langkah selanjutnya, seperti memberikan izin akses akun dan sebagainya.

Apabila diperlukan, kamu bisa memberikan izin akses kamera depan dan microphone. Penggunaan kamera dan microphone digunakan untuk keperluan live streaming kamu, misalnya ketika kamu ingin menampilkan kamera depan atau suara kamu ketika melakukan siaran langsung nantinya.

Kemudian pada bagian “Stream To”. Pilih akun sosial media yang kamu tuju, dalam hal ini akun sodial media Instagram atau Tiktok yang hendak kamu lakukan live screen streaming.

Untuk menautkan akun tiktok. Ketuk ikon sodial media tiktok atau instagram. Kemudian masukan username dan password akun kamu. Tenang karena akun kamu tetap aman untuk login dalam situs ini. Pastikan bahwa kamu mendapatkan login dihalaman dengan url yang benar dari loola.tv

Apabila berhasil, ikon sosial media tersebut akan menyala berwarna dari warna redup sebelumnya. Kamu bahkan bisa menautkan beberapa akun sekaligus, misalnya melakukan streaming kedua akun tiktok dan instagram secara bersamaan.

Pada bagian bilah dibawah kamu juga akan melihat RTMP Andress dan Stream Key. Salin kedua tautan tersebut, lalu paste bada bilah aplikasi Du Recorder seperti pada langkah pertama sebelumnya.

Cara Cek RAM Laptop yang Paling Mudah dan Akurat

Langkah 3: Mulai Live Streaming

Setelah menyalin dan menambahkan tautan dari Loola.tv ke Du recorder. Selanjutnya ketuk tombol “Live Streaming” dari aplikasi Du Recorder untuk mulai melakukan live streaming.

Tinjau kembali live screen streaming akun kamu dengan menonton live akun kamu melalui akun milik orang lain. Hal ini agar kamu benar-benar tau bagaimana live screen streaming akun kamu berjalan dengan baik.

Cara Screen Live Streaming Alternatif

Apabila kamu memiliki kendala ketika menggunakan aplikasi Du Recorder atau mungkin kamu sudah memiliki masa percobaan yang telah habis.

Maka menggunakan aplikasi alternatif seperti StreamLabs: Live Streaming App adalah solusi yang bisa kamu gunakan.

Aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Du Recorder, namun untuk aplikasi ini memiliki fitur yang lebih lengkap, dimana kamu bisa menambahkan kamera depan untuk ditampilkan dilayar sembari menampilkan layar handphone. Selain itu kamu bisa menyesuaikan tampilan live dengan menggunakan atau mengatur tema frame agar semenarik mungkin terlihat.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki konektivitas untuk beberapa sosial media, sehingga kamu hanya perlu menggunakan satu aplikasi itu saja.

Ada bebeberapa alternatif aplikasi lain yang bisa kamu manfaatkan untuk live screen streaming seperti OBS Studio. Namun untuk penggunaan OBS Studio, kamu perlu menginstall beberapa perangkat tambahan langsung dari perangkat desktop pc.