Pengertian Teks Eksplanasi: Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

3 min read

Pengertian Teks Eksplanasi: Ciri-Ciri, Struktur, dan Langkah Menyusun Teks Eksplanasi – Ilmu tentang kebahasaan adalah ilmu yang sangat penting untuk dikuasai sebab lewat ilmu kebahasaan Anda akan mengetahui berbagai macam hal, informasi dan perkembangan-perkembangan yang ada di dunia. Dengan bahasalah Anda bisa mengetahui suatu berita atau sebuah kejadian.

Di dalam ilmu kebahasaan terdapat berbagai macam jenis teks yang sebaiknya Anda ketahui, baik itu ketika Anda merupakan seseorang yang bergelut dalam bidang kebahasaan ataupun bukan. Salah satu teks yang sangat penting untuk dikuasai adalah teks eksplanasi, pasalnya teks ini merupakan teks yang akan membantu Anda untuk memahami suatu peristiwa atau kejadian tertentu.

Sebab pengertian teks eksplanasi itu sendiri merupakan sebuah teks yang berisikan tentang sebuah proses mengapa dan bagaimana sebuah peristiwa alam, sosial, budaya, ilmu pengetahuan, dan yang lainnya dapat terjadi. Sehingga ketika Anda hanya membaca teks ini maka Anda sudah langsung paham mengenai apa yang telah terjadi berdasarkan bacaan yang ditampilkan.

Teks ini dapat juga dikatakan sebagai sebuah teks sebab akibat karena di dalam terdapat sebuah peristiwa pastinya terjadi karena sebuah sebab yang memberikan sebuah akibat yang kemudian di dalam teks ekplanasi inilah akan dicerikan sebuah sebab akibat dari suatu peristiwa yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Hal ini karena teks eksplanasi tidak hanya memberikantahukan Anda mengenai suatu hal, tetapi memberikan Anda juga pembelajaran yang dapat Anda petik hikmahnya lewat bacaan teks eksplanasi tersebut. Walaupun sebenarnya tujuan utama dari teks eksplanasi ini adalah untuk memberikan penjelasan kepada Anda mengenai peristiwa apa yang sedang terjadi dan memberikan pengetahuan kepada Anda mengenai sebab akibat dari teks kejadian tersebut.

  Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap

Anda harus paham bahwa dari pengertian teks eksplanasi yang ada maka Anda pastinya sudah paham bahwa pembuatan teks eksplanasi didasari oleh pengetahuan, fakta, dan kronologi kejadian.. Tulisan tersebut haruslah sistematis dan membuat Anda tidak kebingungan mengenai urutan waktu dari kejadian yang sedang terjadi. Sebab dalam teks eksplanasi maka Anda harus menyusunnya dari awal hingga akhir kejadian.

Bila Anda telah paham mengenai perngertian dari teks eksplanasi itu sendiri, maka selanjutnya Anda sebaiknya mempelajari mengenai ciri-ciri, struktur dan juga langkah-langkah dalam membuat teks eksplanasi. Berikut ini informasi yang Anda inginkan mengenai hal tersebut.

Ciri-Ciri

Sebuah teks memiliki karakteristik yang berbeda-beda sebab memiliki tujuan penulisan yang berbeda-beda. Tidak mungkin sebuah teks eksplanasi memiliki ciri-ciri atau karakteristik yang sama dengan teks prosedural. Sehingga sebaiknya Anda mengetahui mengenai ciri-ciri dari sebuah teks ekplanasi yang sangat penting untuk Anda ketahui agar Anda tidak menjadi pembaca bodoh saja yang membericarakan teks eksplanasi tetapi tidak paham akan hal itu.

Berikut ini ciri-ciri dari suatu teks eksplanasi yang tidak memiliki kesamaan dengan jenis teks eksplanasi lainnya, ciri-ciri ini hadir berdasarkan pengertian teks eksplanasi yang telah dikemukakan.

-Dari segi struktur, teks eksplanasi terdiri dari 3 bagian teks yakni bagian pertama yang berisi pernyataan umum, paragra tengah berisi sebab akibat terjadinya sebuah peristiwa, dan juga pada bagian akhir terdiri dari interpretasi dari kejadian atau peristiwa tersebut.

-Faktual, sebuah teks eksplanasi harus memuat sebuah informasi yang nyata, asli, atau sesuai dengan fakta yang benar-benar terjadi. Sebab teks eksplanasi bukanlah sebuah teks sebuah teks fiksi yang dapat dibuat berdasarkan intuisi diri yang dimiliki.

-Bersifat ilmiah, informasi-informasi yang sampaikan oleh sebuah teks eksplanasi adalah informasi yang aktual dan berdifat ilmiah dan keilmuan. Dan bukanlah berbicara mengenai hal-hal yang tidak terlihat dan kasat mata.

  Pengertian Analisis, Fungsi, dan Jenis-jenisnya

-Informatis, Sebuah teks eksplanasi haruslah bersifat informatif yang artinya suatu teks dengan pengertian teks eksplanasi haruslah berisi sebab akibat yang tidak bersifat mempengaruhi suatu kaum atau pembaca. Tetapi teks yang disampaikan hanyalah berupa teks biasa tanpa adanya ajakan atau keterberpihakan.

-Memiliki Sequence markers, dalam sebuah teks eksplanasi pastinya selalu terdapat sequence markers seperti ikata-kata pertama, kedua, dan juga ketiga.

Struktur Teks Eksplanasi

Telah disebutkan sebelumnya bahwa teks eksplanasi memiki ciri-ciri salah satunya adalah strukstur yang terdiri dari 3 bagian. Namun pahamka Anda mengenai hal-hal tersebut? Bila Anda tidak paham maka alangkah baiknya jika Anda membaca informasi berikut ini agar ketika Anda memulai untuk membuat teks seperti ini maka Anda tidak akan kebingungan ataupun tidak tahu.

-Pernyataan umum, pada bagian awal paragraf selalu terdapat pernyataan umum di dalam teks ini. Pernyataan umum yang dimaksudkan adalah pernyataan umum terkait peristiwa yang terjadi atau topik peristiwa yang terjadi yang dijelaskan secara umum tanpa sebuah rincian yang paten.

-Urutan sebab akibat, dari pengertian teks eksplanasi harusnya Anda telah paham bahwa steks eksplanasi pastinya berisi urutan kejadian atau proses terjadinya sebuah fenomena atau kejadian. Urutan sebab akibat ini haruslah runut berdasarkan susunan waktu kejadian dan tidak boleh melompat dari satu sebab ke akibat yang lainnya. Bagian urutan sebab akibat ini berada di tengah-tengah teks.

-Interpretasi, sebuah teks eksplanasi haruslah memiliki interpretasi yakni sebuah kesimpulan dari sebuah peristiwa atau fenomena yang terjadi. Biasanya letak dari interpretasi suatu teks berada dibagian akhir tersebut.

Langkah-Langkah Menyusun Teks Eksplanasi

Terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan untuk membangun atau menyusun sebuah teks eksplanasi yang sesuai dengan kaidah teks yang telah disepakati dan ditetapkan menjadi kaidah kebahasaan teks eksplanasi.

  Pengertian dari Kalimat Utama Adalah

-Tentukan topik yang menarik, hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah Anda harus mempersiapkan topik menarik apa yang akan Anda angkat dari sebuah fenomena sosial, budaya, ataupun fenomena alam yang terjadi.

-Membuat rancangan kerangka teks, setelah Anda membaca pengertian teks eksplanasi pastinya Anda telah memiliki gambaran mengenai isi dari teks eksplanasi ini. Dengan berdasarkan pemahaman tersebut maka Anda harus mampu membuat rancangan kerangka dari teks eksplanasi, hal ini guna untuk mempermudah Anda dalam ketika menyusun teks eksplanasi.

-Mengumpulkan data, sebuah teks eksplanasi haruslah disusun dari fakta-fakta kejadian yang benar-benar terjadi dan bukan sebuah informasi yang diterka-terka. Anda harus mengumpulkan data atau referensi yang sesuai dengan kejadian yang terjadi, sehingga Anda membuat gambaran rangkaian kejadian atau fenomena yang akan Anda jelaskan. Carilah data atau referensi yang valid.

-Mengembangkan teks, setelah Anda memperoleh sebuah data dan referensi yang sesuai dengan fakta kejadian maka selanjutnya Anda sudah bisa mengembangkan informasi yang Anda miliki untuk membuat rangkaian teks eksplanasi sesuai dengan kerangka yang telah Anda buat sebelumnya.

-Menyunting teks, apabila Anda telah selesai mengembangkan data tersebut menjadi sebuah teks eksplanasi maka sebaiknya Anda melakukan pengecekan kembali terhadap teks yang telah Anda buat. Sebab terkadang terdapat satu buah kesalahan dalam penulisan yang telah Anda lakukan.

Demikianlah informasi terkait pengertian teks eksplanasi, ciri-ciri, strukstur, dan juga langkah-langkah dalam menulis sebuah teks eksplanasi yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Avatar