LAMPUNG

LAMPUNGKalimat, “Lampung bukan hanya Gunung Krakatau saja” merupakan penggambaran yang tepat bagi potensi wisata alam Provinsi Lampung. Sebagian besar wisatawan selama ini hanya tertarik pada gunung berapi yang tumbuh dari dasar laut Selat Sunda itu. Aktivitas kawah Gunung Krakatu memang menyajikan keindahan dan pesona tersendiri bagi wisatawan.

Sebenarnya di wilayah Lampung ini masih banyak terdapat keindahan yang belum dilihat oleh banyak mata, di antaranya, danau, pulau, menara, pantai dan berbagai taman. Keindahan destinasi yang disajikan menawarkan sejuta petualangan yang menajubkan bagi para wisatawan pemberani untuk menjelajah. Berikut ulasan beberapa destinasi wisata yang berada di Lampung yang wajib dikunjungi :

  1. Danau Biru Tambang Batu Kapur Padas

Bagi yang hendak menghabiskan waktu dan berlibur di danau, maka Anda wajib untuk datang di Danau Biru Tambang Batu Kapur Pedas. Lokasi danau satu ini tak hanya dijadikan sebagai tempat wisata, namun juga dijadikan sebagai aktivitas pertambangan. Tempat ini terkenal dengan keindahan airnya yang berwarna biru dan berpadu pemandangan tebing bekas galian. Hal ini mampu menciptakan kesan dan keunikan tersendiri.

  1. Taman Nasional Way Kambas

Sesuai dengan wilayahnya, Lampung terkenal akan gajah yang mereka miliki. Taman nasional ini menjadi habitat asli dari gajah yang dilindungi ini agar keberadaannya tidak punah. Tentu saja tidak hanya gajah, di lahan dengan luas sekitar 125.000 hektar ini juga ada banyak hewan lain. Selain bisa naik gajah, para wisatawan juga akan disuguhkan beragam atraksi lain, seperti gajah yang bermain dengan bola, gajah yang melangkahi manusia, hingga gajah yang asik berjoget karena mendengar alunan musik.

Selain hiburan dari gajah, para wisatawan juga dapat melakukan tracking di hutan rimba. Anggap saja sedang menikmati hutan liar yang penuh dengan kejutan. Mirip para pecinta alam yang suka berkeliaran. Kemudian, jika merasa lelah bisa meluncur dengan perahu di sungai yang bersih dan jernih. Sambil menikmati pesona alam yang indah, tentu para wisatawan bisa mengabadikan semua pemadangan tersebut dengan berfoto atau sebuah video. Taman nasional ini berlokasi di Labuhan Ratu, Lampung Timur. Apabila dari Bandar Lampung maka membutuhkan waktu kurang lebih dua jam untuk bisa sampai ke lokasi. Wisata ini memang cukup jauh dari kota, namun keindahan dan keelokannya sebanding dengan lamanya perjalanan yang ditempuh.

  1. Taman Wisata Bumi Kedaton
JAKARTA

Wisata ini menawarkan tujuan dengan paket komplit. Tersedia beragam fasilitas yang akan membuat para wisatawan semakin betah berada di tempat ini, seperti resort, kebun binatang, hingga waterpark.

Di Taman Wisata Bumi Kedaton, pengunjung akan bertemu dengan aneka satwa seperti buaya, beruang madu, ular piton, alligator, siamang, monyet ekor panjang, landak dan beragam jenis burung.

  1. Taman Purbakala Pugung Raharjo

Tak hanya Pulau Jawa saja yang menyimpan sejarah purbakala yang begitu berlimpah, di Pulau Sumatera pun sebetulnya banyak bisa kita gali informasinya. Salah satunya ialah Taman Purbakala Pugung Raharjo. Tak sedikit peninggalan masa lalu di tempat wisata ini, yaitu berupa batu mayat, altar batu, kuburan batu dan meja batu. Lokasinya berjarak kurang lebih 52 KM dari Bandar Lampung, sehingga jika menggunakan motor hanya butuh waktu satu jam saja untuk bisa sampai ke lokasi.

  1. Pulau Balak

Tempat wisata satu ini menawarkan sebuah keindahan pasir putih dengan suasananya yang terkenal amat tenang. Ditambah lagi hamparan air laut berwarna biru dan jernih, pun angin yang berhembus sepoi, mampu membuat para pengunjungnya merasa nyaman dan ingin berlama-lama berada di pulau ini.

Pulau Balak ini juga menawarkan sebuah penginapan bagi pengunjung yang tertarik untuk bermalam dan menghabiskan waktu malam hari di sini. Para pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas di pulau dengan pasir putih ini, mulai dari berenang, bermain air, snorkling, dan beberapa fasilitas lainnya. Dengan fasilitas yang beraneka ragam, maka tak heran bila tempat ini menjadi destinasi wisata yang banyak diminati.

  1. Menara Siger

Menara Siger merupakan bangunan yang berdiri tegak di atas bukit dan menjadi titik nol dari wilayah Lampung. Layaknya bangunan yang ada di kota lain, maka Menara Siger ini juga menjadi ikon terpenting di wilayah Lampung. Sebuah kota indah dan unik ini sengaja membangun bangunan yang akan membuat takjub semua orang. Tak hanya karena besar dan tingginya saja, namun juga warna kuning emasnya yang mencolok menjadikan ciri khas tersendiri bagi Menara Siger ini.

PONTIANAK

Menara ini juga sekaligus dijadikan sebagai gardu pandang bagi para pengunjung yang hendak melihat pemandangan dari atas bukit. Para pengunjung akan disuguhkan dengan pemadangan langka yang luar biasa jika melihat alam dari dalam menara ini, karena posisi yang begitu strategis. Untuk bisa masuk ke lokasi maka pengunjung harus membayar tiket dan biaya parkir karena fasilitas yang diberikan memang sesuai dengan harga yang harus dikeluarkan.

Apabila sedang berada di pelabuhan Bakauheni, cobalah untuk melihat sekeliling dan carilah sebuah bukit yang berwarna kuning keemasan, maka wisatawan akan melihat menara yang indah ini.

  1. Pantai Pasir Putih

Nama Pantai Pasir Putih ini sesuai dengan kondisi pasir yang ada di pantai. Bewarna putih dan bersih sehingga air laut yang bening akan terlihat kebiruan saat langit sedang cerah. Tak heran bila pemandangan yang jarang dilihat ini menjadikan banyak wisatawan yang tertarik dengan pantai ini. Maka tak heran bila pesona pantai yang luar biasa ini masuk dalam daftar ulasan dan harus dikunjungi agar tidak menyesal saat pergi dari Lampung.

  1. Pantai Duta Wisata

Memiliki wishlist untuk berkunjung di salah satu kawasan pantai Lampung, maka objek wisata satu ini dapat dijadikan sebagai pilihan yakni Pantai Duta Wisata. Pantai Duta Wisata ini termasuk dalam salah satu tempat yang paling populer di Lampung. Saat berkunjung di tempat ini, bisa melakukan berbagai aktivitas yang akan membuat para pengunjung merasa nyaman.

  1. Pantai Embe

Pantai yang amat indah ini terletak di dekat kota Bandar Lampung, yakni hanya berjarak kurang lebih 45 km saja. Bila menggunakan kendaraan umum seperti bus maka hanya butuh waktu sekitar 35 menit untuk bisa sampai ke lokasi. Lain lagi jika menggunakan kendaraan pribadi, karena biasanya akan lebih cepat sampai karena tidak harus menunggu rute dan menunggu penuhnya penumpang bis.

  1. Puncak Mas
PALEMBANG

Destinasi wisata di Lampung yang wajib dikunjungi adalah Puncak Mas. Kawasan wisata ini dikenal dengan sebuah keindahan panorama alam yang disajikan. Terlebih lagi letaknya yang berada di dataran tinggi, tak heran apabila tempat ini menghadirkan suasana yang begitu asri dan sejuk. Tempat ini memiliki cirikhas tersendiri, yaitu memiliki banyak rumah pohon dengan berbagai ukuran dan fungsinya masing-masing.