Komponen Untuk Merakit PC Gaming

Komponen Untuk Merakit PC GamingBagi para gamers, memiliki PC gaming adalah sebuah impian. Saat ingin memiliki PC gaming, Anda akan dihadapkan pada dua pilihan, yaitu membelinya dalam bentuk jadi atau merakit sendiri PC gaming tersebut. Jika Anda memilih untuk merakit PC gaming Anda sendiri, maka Anda harus berhati-hati dan jangan asal-asalan, lho.

Oleh karena itu, Anda harus memperhatikan beberapa komponen tersebut dari segi kondisi agar performa bermain game tidak mengalami kendala saat memilih merakit PC gaming. Selain performa dalam bermain game, komponen ini juga dapat mempengaruhi performa gaming PC Anda. Apa saja komponennya? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini!

  1. Prosesor

Prosesor merupakan inti dari sebuah PC dan bisa dikatakan sebagai otak dari komputer. Oleh karena itu, performa dan performa PC yang Anda build akan ditentukan oleh komponen yang satu ini. Jangan pernah memilih untuk membeli prosesor bekas, karena bisa saja kondisinya sudah jelek sehingga bisa memperlambat kinerja komputer. Bahkan kondisi yang paling parah saat menggunakan prosesor bekas adalah komputer tidak mau hidup atau lebih parah lagi, terjadi layar hitam.

  1. VGA

VGA atau kependekan dari Video Graphic Adapter, merupakan komponen penting berikutnya. Perangkat keras ini berfungsi sebagai pengolah data grafis atau gambar agar layar monitor dapat menampilkannya. Karena VGA ini digunakan untuk bermain video game untuk mengolah desain grafis di PC. Jika membeli VGA pastikan baru, karena jika memilih komponen bekas bisa berakibat buruk seperti munculnya artifak saat ingin membuka beberapa program. Parahnya lagi, layar monitor tidak bisa menampilkan gambar sama sekali.

  1. Motherboard

Mainboard atau biasa disebut motherboard adalah papan yang berada di dalam CPU. Komponen ini terdiri dari chip pengontrol yang berfungsi sebagai penghubung antar perangkat keras lainnya. Perangkat keras yang terhubung ke motherboard meliputi prosesor, VGA, RAM, PSU dan hampir semua yang terhubung ke mainboard ini. Jika Anda membeli komponen yang satu ini dalam kondisi bekas dan buruk, kerusakan seperti tidak merespon sehingga komputer tidak mau hidup bisa saja terjadi.

  1. RAM
Cara Posting Instagram di Laptop atau PC dengan Mudah

Random Access Memory atau yang biasa kita sebut dengan RAM adalah sebuah komponen untuk menyimpan memori untuk sementara waktu. Jika komputer dimatikan maka data di komputer akan hilang karena RAM hanya bertanggung jawab untuk menyimpan data sementara. Sebenarnya boleh saja membeli RAM bekas, tapi jangan salahkan jika performa yang dimilikinya nantinya tidak sebagus kondisi baru. Kondisi RAM yang buruk dapat membuat komputer lamban dalam menjalankan beberapa program, bahkan dapat mengakibatkan layar menjadi biru.

  1. Harddisk

Jika RAM hanya dapat menyimpan data sementara, berbeda dengan harddisk. Harddisk ini bisa dikatakan pelengkap RAM, karena mampu menyimpan data secara permanen. Meskipun komputer dimatikan, data di PC tidak akan hilang, tetapi jika hard drive diserang virus mematikan, itu bisa buruk. Tidak hanya RAM, layar biru juga bisa disebabkan oleh kondisi hard disk yang buruk. Selain itu, kerusakan lain yang dapat ditimbulkan dari harddisk bekas adalah dapat merusak file dan memperlambat kinerja komputer.

  1. monitor

Selain komponen pada CPU, ternyata ada juga perangkat keras komputer yang penting di luar CPU, yaitu monitor. Monitor ini bertanggung jawab untuk menampilkan output gambar yang diproses melalui CPU. Anda bisa memilih untuk membeli monitor bekas, namun bersiaplah menerima resiko layar buram, gambar agak goyang sehingga layar tidak bisa menyala sama sekali.

  1. Keyboard

Dalam bermain game, keyboard juga memiliki peran khusus sebagai perangkat pendukung kontrol. Beli keyboard baru dan tidak harus mahal. Namun, jika Anda memilih untuk membeli risiko bekas seperti tombol yang sulit ditekan, tombol keras dan tombol error, Anda harus siap menanggungnya. Jika memiliki budget lebih, Anda bisa memilih wireless keyboard agar lebih nyaman bermain game tanpa harus repot dengan kabel.

  1. Headset (Earphone)
5 Produk Apple Ini Sangat Dinanti Penduduk Dunia

Tidak masalah jika Anda bermain game tanpa headset/earphone. Anda bisa membeli headset yang memiliki kualitas suara bass dan treble yang seimbang. Agar tidak ribet dengan kabel, beli saja headset nirkabel.