Khasiat Buah Pisang

Khasiat Buah Pisang – Khasiat buah pisang sudah tidak diragukan lagi, sebenarnya pohon pisang ini menjadi salah satu tanaman yang menjadi primadona di Indonesia. Hampir di setiap pelosok daerah di Indonesia, terdapat berbagai macam jenis pisang. Bahkan disetiap kebun masyarakat kita terdapat setidaknya ada 1 buah pohon pisang.

Dibalik populernya buah yang berwarna kuning ketika buah ini masak, ternyata terdapat banyak khasiat dari buah yang satu ini. Selain bisa dikonsumsi langsung, buah pisang juga bisa dipadukan dengan bahan lain atau pun diolah sendiri sehingga tercipta makanan yang istimewa dari buah ini. Selain potasium yang berguna untuk menambah tenaga bagi tubuh, buah pisang juga memiliki khasiat lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

5 Khasiat Buah Pisang Yang Tak Pernah Diduga

Menjaga tekanan darah

Karena mengandung potasium dalam jumlah yang cukup tinggi, hal itulah yang dapat menyebabkan tekanan darah berada di angka yang terbilang normal. Jika tekanan darah sudah normal, satu-dua penyakit seperti anemia ataupun darah tinggi pun memiliki kesempatan yang minimal untuk menyerang tubuh. Kandungan kalium juga membantu mengatur tekanan darah yang dapat menekan resiko stroke.

Melancarkan pencernaan

Serat yang terkandung dalam pisang sangat baik dalam mengurangi resiko sembelit. Tak perlu menggunakan obat pencahar, cukup dengan mengkonsumsi saja buah pisang maka sistem pencernaan anda akan lancar, dengan kandungan serat yang tinggi buah pisang ternyata bisa menyehatkan usus anda. Selain itu, memakan pisang pun bisa membuatmu jadi selalu merasa kenyang, sehingga anda tidak makan berlebih.

Manfaat Olahraga Kardio Untuk Kesehatan

Menormalkan Fungsi Jantung

Mengkonsumsi pisang saat sarapan setiap hari, dapat menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi kerja jantung. Pisang kaya akan mineral yang disebut elektrolit kalium. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan akhirnya larut dalam cairan sel. Proses ini terus mengalir diseluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk kesehatan jantung. Jika jantung kekurangan kalium, irama jantung akan menjadi tidak teratur.

Menyehatkan Otak

Pisang sebagai buah untuk sarapan di kalangan negara maju menjadi salah satu pilihan terbaik. Campuran potongan pisang pada sereal, bisa memberikan sumber kalori yang dibutuhkan untuk mengawali aktivitas. sebuah penelitian yang diikuti oleh 200 pelajar, membuktikan bahwa konsentrasi belajar mereka meningkat sejak sarapan dengan menggunakan buah pisang. Kandungan kalium pada buah pisang, mampu memberikan stimulun pada otak.

Menjaga Kesehatan Mata

Pisang memiliki sejumlah vitamin A yang cukup tinggi, yang larut dalam lemak dan sangat dibutuhkan untuk melindungi mata. Senyawa ini dapat melestarikan membran yang mengelilingi bola mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea mata. Konsumsi buah pisang yang mengandung Vitamin A, cukup untuk mengurangi risiko kebutaan.

Harga bersahabat menjadi faktor lain yang memungkinkan anda untuk mengonsumsi buah pisang setiap harinya. Sehat itu tak hanya soal rutin berolahraga tapi juga memperhatikan berbagai asupan yang dikonsumsi. Semoga bermanfaat.