Ketahui Pengertian Modernisasi dan Globalisasi dan Hal Lain yang Tercakup Didalamnya

3 min read

Pengertian modernisasi dan globalisasi sangat penting untuk diketahui. Dengan mengetahuinya dan hal lain yang tercakup di dalamnya, maka Anda bisa menambah ilmu pengetahuan. Modernisasi dan globalisasi merupakan dua hal yang berbeda.

Pengertian Modernisasi dan Globalisasi

Modernisasi dan globalisasi merupakan kedua kata yang sudah sering sekali kita dengar. Walaupun kerap kali diucapkan dalam satu kalimat, namun kedua kata tersebut berbeda. Pengertian modernisasi dan globalisasi berbeda satu sama lainnya.

Modernisasi merupakan perubahan perilaku masyarakat dari yang tadinya tradisional menjadi masyarakat modern. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa modernisasi lebih terjadi pada perubahan perilaku.

Sedangkan, globalisasi merupakan penyebaran unsur-unsur baru yang biasanya berkaitan dengan informasi yang tersebar secara global. Penyebaran unsur-unsur tersebut bisa melalui media cetak atau media elektronik. Sehingga, salah satu  penyebab terjadinya globalisasi adalah adanya komunikasi.

Gejala dan Ciri-Ciri Modernisasi

  1. Bidang Sosial Budaya

Gejala dan ciri-ciri modernisasi pada sosial budaya dapat terlihat saat ini. Seperti misalnya, saat ini seperti sudah tidak ada batasan antara budaya antar negara. Hal ini juga merupakan salah satu dampak dari perkembangan teknologi dan penyebaran informasi.

  1. Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi ditandai dengan adanya penemuan-penemuan baru yang dibuat oleh manusia. Tujuan dari berbagai penemuan baru pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah agar bisa mempermudah pekerjaan manusia. Selain itu, juga bertujuan untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih efektif dan efisien.

  1. Bidang Agama

Pada bidang agama ciri-ciri dan gejala masyarakat mengalami modernisasi adalah perpindahan kepercayaan. Seperti misalnya pada zaman dahulu orang-orang masih percaya pada animisme dan dinamisme. Namun, dengan semakin berkembangnya rasionalitas manusia maka membuatnya meninggalkan kepercayaan lama tersebut kepercayaan baru yang lebih masuk akal.

  1. Bidang Ekonomi
  Pengertian Range dalam Statistik dan Penjelasan Lebih Lanjutnya

Ciri-ciri pad bidang ekonomi ditandai dengan kebutuhan masyarakat yang menjadi semakin kompleks. Kebutuhan tersebut dapat berupa barang dan jasa yang berdampak pada munculnya perubahan besar pada ekonomi.

  1. Bidang Politik

Pada bidang politik, terjadinya modernisasi dapat dilihat dari banyaknya negara-negara yang menganut demokrasi. Tak hanya itu saja, adanya hak-hak kebebasan sipil dan hak asasi manusia juga merupakan salah satu bentuk modernisasi pada bidang politik.

Syarat-Syarat Terjadinya Modernisasi

Ada berbagai syarat-syarat yang perlu dipenuhi untuk manusia bisa dikatakan mengalami modernisasi. Jika syarat tersebut sudah terpenuhi, maka bisa dikatakan manusia sudah mengalami modernisasi dengan sempurna.

Berikut ini adalah syarat-syarat terjadinya modernisasi :

  1. Adanya cara berpikir ilmiah yang luas
  2. Sistem pengumpulan data sudah baik dan teratur
  3. Sistem administrasi pada suatu negara sudah baik, benar, dan mewujudkan birokrasi
  4. Terciptanya pandangan yang baik terhadap modernisasi
  5. Tingkat disiplin diri dan organisasi yang tinggi
  6. Sentralisasi wewenang yang tidak mementingkan kepentingan golongan tertentu maupun kepentingan pribadi

Dampak Positif Modernisasi

Modernisasi bisa memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat. Seperti misalnya adanya perubahan cara hidup masyarakat yang berbarengan dengan ilmu dan pengetahuan serta teknologi. Tidak dapat dipungkiri bahwasanya memang perkembangan IPTEK berkontribusi positif terhadap masyarakat seperti misalnya dalam hal komunikasi dan pekerjaan.

Tidak hanya itu saja, adanya modernisasi juga berdampak pada peningkatan efektivitas dan efisiensi individu. Masing-masing individu bisa menjadi menjalankan sesuatu dengan lebih baik sehingga bisa berdampak baik pula pada perekonomian.

Dampak positif modernisasi yang terakhir adalah manusia menjadi mempunyai pandangan nilai dan sikap yang positif. Hal ini merupakan dampak dari adanya sikap keterbukaan untuk tujuan yang lebih baik. Selain itu, manusia juga menjadi lebih berinovasi untuk mencapai cita-cita dan kesejahteraan.

  Pengertian Bait Dalam Puisi Serta Contoh-Contohnya

Dampak Negatif Modernisasi

Segala sesuatu yang mempunyai dampak positif bisa jadi mempunyai dampak yang negatif pula. Hal ini juga berlaku untuk modernisasi. Walaupun terdengar mempunyai dampak positif yang luar biasa, namun modernisasi juga mempunyai dampak negatif yang perlu diwaspadai.

Salah satu dampak negatif dari modernisasi yang kini sangat terasa adalah pergeseran nilai kebudayaan lokal. Banyak orang yang mulai meninggalkan budaya tradisional dan lebih menyukai segala sesuatu yang modern dan terkini.

Pergeseran nilai kebudayaan tersebut juga bisa berdampak negatif terhadap jiwa nasionalisme masyarakat dan terjadinya westernisasi. Hal ini menyebabkan masyarakat cenderung lebih menyukai kebudayaan dari luar negeri. Dampak negatif yang terakhir adalah terjadinya kesenjangan pada teknologi.

Faktor Terjadinya Globalisasi

  1. Meningkatnya ilmu pengetahuan
  2. Rasionalisasi
  3. Kemandirian
  4. Produktivitas dan Efisiensi
  5. Kepatuhan terhadap hukum
  6. Keterbukaan
  7. Keberanian
  8. Manajemen risiko
  9. Etos Kerja
  10. Kemampuan untuk memprediksi

Proses Terjadinya Globalisasi

Globalisasi terjadi akibat adanya interaksi antar bangsa dari berbagai belahan dunia. Globalisasi juga merupakan fenomena yang sangat populer pada abad ke 20 dan bisa berdampak pada berbagai bidang.

Awal terjadinya globalisasi dipercayai sudah terjadi sejak 1.000 – 1.500 SM. Hal ini dimulai dengan para pedagang Cina dan juga dari negara lain seperti India yang menelusuri negara-negara lain. Seperti misalnya berdagang ke negara-negara Asia dan Afrika.

Selanjutnya, globalisasi terjadi ketika bangsa Eropa melakukan eksplorasi ke berbagai penjuru dunia secara besar-besaran. Tidak hanya itu saja, terjadi pula revolusi industri dan kolonialisme. Hal tersebut berdampak pada penyebaran antar kebudayaan.

Globalisasi kemudian dilanjutkan dengan selesainya perang dingin dan komunisme. Berbagai negara mulai membuka dan menyediakan pasar yang bebas. Hal ini juga berdampak pada perkembangan IPTEK. Sehingga, tidak ada lagi sekat-sekat antar negara seperti pada fase-fase sebelumnya.

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif globalisasi yang pertama adalah meningkatnya kualitas pendidikan di suatu negara. Seperti misalnya pada masyarakat Indonesia yang semakin tertarik melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Berbeda ketika dulu teknologi belum berkembang yang berdampak pada minat belajar.

  Pengertian Kebudayaan Indonesia

Globalisasi juga berdampak pada kesehatan masyarakat. Dahulu masyarakat takut pergi ke dokter dan cenderung menyukai pengobatan alternatif. Namun, ketika mereka sudah mempunyai kesadaran dan teknologi yang meningkat maka masyarakat memilih untuk pergi ke dokter jika sakit.

Keluarga yang menjadi lebih sejahtera juga merupakan dampak positif dari globalisasi. Hal ini disebabkan oleh semakin banyak keluarga yang ingin mempunyai banyak anak. Sehingga, membuat keinginan untuk mempunyai keluarga yang lebih besar dan sejahtera semakin meningkat.

Globalisasi juga sangat berdampak pada kegiatan politik, ekonomi, dan kehidupan sosial budaya. Dengan adanya globalisasi, proses pada bidang-bidang tersebut menjadi semakin berkembang dengan baik.

Dampak Negatif Globalisasi

Dampak negatif pada globalisasi bisa ditemukan pada bidang agama. Masyarakat menjadi lebih mengusung gaya liberalis dan kapitalisme dan berpikiran bebas. Hal tersebut tidak sesuai dengan keagamaan yang ada di Indonesia.

Tak hanya itu saja, muncul juga sikap politik yang merugikan seperti misalnya demonstrasi dengan kerusuhan. Dampak negatif lainnya juga dapat terasa pada bidang ekonomi. Kapitalisme akan sangat terasa dan merupakan dampak dari globalisasi. Pemilik modal dari luar negeri akan mudah menguasai pasar di negara kecil.

Solusi Dalam Menghadapi Modernisasi dan Globalisasi

Dalam menghadapi modernisasi dan globalisasi, sangat penting untuk mempunyai pengetahuan dan kewaspadaan diri. Pastikan Anda hanya melakukan berbagai hal yang termasuk kedalam hal yang positif dari modernisasi dan globalisasi.

Dengan membentengi diri dari perbuatan apapun yang sekiranya bisa merugikan, merupakan salah satu solusi menghadapi modernisasi dan globalisasi. Anda juga perlu untuk mengetahui pengertian modernisasi dan globalisasi dan hal lain yang tercakup di dalamnya.