Cara Cek Saldo dan Topup Kartu Uang Elektronik Di iPhone

Setelah pembaharuan yang dilakukan oleh Apple dengan melepas penguncian pada fitur NFC di perangkat iphone mereka. Kini pengguna iPhone dengan legah dapat menggunakan perangkat mereka untuk melakukan transaksi dengan Kartu Uang Elektronik yang mereka miliki.

Uang Elektronik merupakan alat transaksi yang dapat digunakan sebagai metode pembayaran cepat. Biasanya uang elektronik berupa kartu yang memiliki nilai uang yang tersimpan didalam server maupun chip dalam kartu tersebut.

Beberapa contoh uang elektronik yang umum digunakan seperti E-Money dari Bank Mandiri, Tap Cash BNI, Brizzi Bank Rakyat Indonesia, Flash BCA, dan beberapa daftar uang elektronik lainnya yang telah terdaftar di Bank Indonesia.

Uang elektronik semain hari, semakin memiliki dampak pada pembayaran infrastruktur publik. Contohnya seperti Jalan tol di Indonesia yang dimana pembayarannya kini sudah menggunakan uang elektronik sebagai metode pembayaran utama. Selain itu, beberapa minimarket dan fasilitas publik bahkan sudah menerima transaksi dengan pembayaran uang elektronik.

Hal ini membuat uang elektronik kini menjadi banyak digunakan oleh masyarakat. Kecanggihan Uang Elektronik kian diperbaharui dengan segudang kemudahan yang ditawarkan. Salah satu kemudahan itu diantaranya: memudahkan setiap pengguna untuk mendapatkan kartu, melakukan pengecakan saldo, hingga pengisian ulang atau topup saldo melalui smartphone.

Selama kita memiliki smartphone yang mendukung untuk penggunaan fitur NFC, maka uang elektronik akan jauh lebih mudah untuk digunakan. Melalui smartphone sekalipun kamu dapat mengecek sisa saldo atau mengisi ulang saldo dari uang elektronik.

Ada beberapa marketplace dan bank yang telah bekerja sama untuk mendukung transaksi uang elektronik Emoney, Flash, Brizzi, Tap Cash, dan sebagainya. Seperti yang dilakukan oleh Tokopedia, Bukalapak, Dana sebagai salah satu marketplace yang kini dapat mendukung untuk melakukan check dan topup saldo untuk uang elektronik secara instant menggunakan fitur NFC.

Selain itu, Mobile Banking dari Bank Central Asia atau BCA kini juga sudah mendukung untuk uang elektonik Flash. Dalam hal ini ketika penggunanya ingin melakukan cek dan topup saldo kartu flash mereka. Nah khusus untuk pengguna iphone diluar sana, kamu tidak perlu repot lagi ketika kamu ingin mengisi ulang saldo kartu uang elektronik kamu.

Cara Cheat Coin Dream League Soccer Terbaru 2021

Selama kamu dapat melakukan transaksi secara online, maupun sms banking. Maka Uang elektronik yang kamu miliki sudah dapat di isi ulang dengan mudah tanpa harus ke mesin atm sekalipun. Nah beberapa caranya dijelaskan dibawah ini:

Kartu Uang Elektronik

Cara Cek Dan Topup Saldo Mandiri BCA Flazz Dari iPhone

BCA beberapa waktu yang lalu telah menambahkan fitur dan dukungan resmi pada aplikasi mobile banking mereka untuk dapat melakukan cek saldo serta topup saldo melalui aplikasi mobile banking bca. Khusus bagi mereka nasabah BCA yang memiliki Flazz, bisa menggunakan aplikasi iphone mereka untuk melakukan cek dan topup saldo.

Caranya cukup mudah, pertama pastikan bahwa aplikasi mobile banking bca kamu telah berada diversi paling terbaru. Jika tidak, maka lakukan update terlebih dahulu melalui app store.

Kemudian jalankan aplikasi Mobile Banking BCA atau BCA Mobile kamu. Pada layar diawal, ketuk menu “m-BCA” lalu masukan Kode Akses BCA Mobile kamu. Nah dari sini, kamu akan melihat pilihan baru yakni Flazz seperti gambar dibawah ini:

Ketuk pilihan “Flazz” tersebut. Jendela NFC akan tampil dilayar kamu. Dari jendela ini, templeka Kartu Flazz kamu ke area NFC atau dalam hal ini iPhone memiliki NFC di area kamera depan iphone. Maka tempelkan kartu Flazz kamu di kamera depan iphone kamu. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi menampilkan sisa saldo Flazz kamu.

Kamu juga bisa melakukan Topup pada jendela ini setelah aplikasi berhasil menampilkan sisa saldo kamu. Caranya dengan mengetuk pilihan “Topup”, kemudian masukan nominal saldo yang ingin kamu tambahkan. Lalu masukan Pin BCA Mobile kamu.

Perlu kamu ketahui bahwa untuk melakukan topup atau pengisian saldo BCA Flazz dari aplikasi BCA Mobile iPhone hanya dapat dilakukan apabila kamu memiliki Kartu Flazz Gen 2. Apabila kamu masih memiliki kartu flazz generasi pertama. Maka sayangnya kamu hanya bisa mengecek saldo tanpa melakukan topup.

3 Cara Membuka Pesan Tanpa Terlihat Online Sekaligus Alasannya

Maka dari itu, kamu bisa mengganti kartu flazz kamu ke generasi ke 2 untuk mendapatkan fitur tambahanan tersebut.

Kartu Uang Elektronik

Cara Cek Dan Topup Saldo Mandiri E-Money Dari iPhone

Pada Kartu Mandiri E-Money memiliki langkah yang hampir serupa pada Bca Flazz. Apabila kamu merupakan nasabah bank mandiri dan telah memiliki akses mobile banking. Maka kamu bisa menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri.

Aplikasi ini tersedia pada perangkat Android maupun iOS iPhone. Pada perangkat iPhone kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui aplikasi App store. Perangkat kamu perlu memiliki operating system minimal iOS 13 ketas.

Selanjutnya jalankan aplikasi Livin’ by Mandiri tersebut. Kemudian masuk ke Akun kamu menggunakan Username dan Password akun kamu. Apabila kamu belum mendaftarkan akun untuk rekening bank mandiri kamu, baca tautan dibawah ini terlebih dahulu.

https://www.bankmandiri.co.id/livin/edukasi/cara-daftar-dan-aktivasi

Setelah melakukan aktivtasi akun dan masuk ke jendela utama aplikasi. Kamu akan melihat pilihan bertuliskan “E-Money”, ketuk pilihan ini untuk mulai mengecek saldo atau topup saldo mandiri e-money kamu.

Pada jendela berikutnya, kamu akan melihat beberapa daftar pilihan seperti “Lihat/Perbaharui Saldo” untuk cek sisa saldo atau menerapkan saldo setelah pengisian, “Riwayat Transaksi” merupakan riwayat atau mutasi transaksi dari kartu, “Atur daftar Kartu E-Money”, dan “Isi Ulang e-Money”. Pilih pilihan yang sesuai dengan kamu inginkan.

Apabila kamu ingin cek sisa saldo maka ketuk “Lihat / Perbaharui Saldo” kemudian pada jendela selanjutnya, tempelkan kartu Mandiri E-Money kamu di depan kamera depan iphone kamu dan aplikasi akan menampilkan sisa saldo dari kartu tersebut.

Sedangkan untuk melakukan pengisian saldo, ketuk pilihan “Isi Ulang E-Money”. Kemudian lengkapi beberapa daftar opsi yang dibutuhkan seperti, Kota tujuan dimana kartu akan digunakan, Jumlah saldo yang ingin kamu isi, deskripsi tambahan yang bisa kamu isi apa saja atau kamu alihkan saja. Kemudian ketuk tombol “Lanjut”.

Pada jendela berikutnya, pilih  “Icon NFC” kemudian tempelkan pada kamera depan iphone kamu atau dengan dengan cara kedua yakni dengan memasukan nomor kartu dari Emoney kamu secara manual. Pilih sumber rekening kamu, lalu ketuk tombol “Lanjut”.

Cara Download Video Youtube

Masukan MPIN dari rekening Mandiri kamu yang terdiri dari 6 angka. Apabila transaksi berhasil akan ditandai dengan halaman bertuliskan “Transaksi ini telah berhasil”. Setelah dinyatakan berhasil kembali ke menu utama sebelumnya, kemudian ketuk pilihan “Lihat / Perbaharui Saldo” kemudian tempelkan kartu e-money kamu sekali lagi untuk memperbaharui sisa saldo yang baru kamu tambahkan sekaligus mengecek jumlah saldo kamu saat itu.

Kartu Uang Elektronik

Cara Cek Dan Topup Saldo Uang Elektronik Dari iPhone Melalui Aplikasi E-Commerce

Ada beberapa aplikasi yang memungkinkan kamu untuk melakukan cek saldo atau pengisian saldo e-toll atau uang elektronik. Salah satu situs terlengkap yang menyediakan layanan online tersebut yakni Tokopedia. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk melakukan cek saldo maupun topup saldo pada beberapa kartu yang didukung seperti Mandiri E-Money, BRI Brizzi, dan BNI Tapcash.

Apabila kamu pengguna dari salah satu kartu uang elektronik tersebut. Maka kamu bisa menggunakan aplikasi ecommerce ini. Pertama, yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh dan menginstall aplikasi tokopedia di iphone kamu.

Kemudian jalankan aplikasi tersebut, lalu masuk ke pilihan layanan “Uang Elektronik”. Dari sini pilih jenis kartu uang elektronik kamu. Dari jendela berikut, ketuk tombol “Update Saldo” lalu tempelkan kartu e-toll kamu di kamera depan iphone kamu untuk cek saldo uang elektronik kamu.

Sedangkan ketika kamu ingin melakukan pengisian saldo, Lengkapi beberapa pilihan seperti Nama produk kartu kamu. Lalu masukan nomor kartu kamu, serta nominal yang hendak kamu isi. Selanjutnya ketuk bayar. Terdapat beberapa metode pembayaran yang didukung seperti virtual account, transfer, alfamart, dan beberapa metode pemmbayaran lainnya. Setelah pembayaran berhasil, lakukan Update Saldo sekali lagi untuk mempebaharui sekaligus mengecek sisa saldo uang elektronik kamu.

Tokopedia adalah salah satu aplikasi e-commerce yang mendukung topup saldo uang elektronik, namun bukan satu-satunya, ada beberapa aplikasi yang juga mendukung seperti Blibli, bukalapak, dan beerapa lainnya.