KALIMANTAN BARAT

KALIMANTAN BARATProvinsi Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki kenampakan alam, sosial, dan budaya yang begitu menarik. Wilayah daratan provinsi ini dilalui oleh ratusan sungai kecil dan besar. Provinsi Kalimantan Barat ini  dikenal sebagai “Bumi Khatulistiwa”. Julukan ini selaras dengan kondisi yang dilalui garis khatulistiwa, garis ekuator 0˚ yang membelah dunia menjadi dua bagian sama besar, yaitu Belahan Bumi Utara dan Belahan Bumi Selatan.

Satu hal lagi yang tidak kalah menarik, Provinsi kalimantan Barat memiliki beragam potensi wisata unggulan yang tidak jauh berbeda dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia. Ada pula kenampakan alam berupa pulau, pantai, danau, bukit dan goa. Berikut ulasan dari masing-masing destinasi wisata di Kota Kalimantan Barat yang direkomendasikan untuk dikunjungi :

  1. Danau Lait

Danau Lait terletak di Kecamatan Tayan Hilir. Memiliki luas kurang lebih 1 km² dan berjarak 70 km dari kota Kabupaten Sanggau, membuat perjalanan wisatawan menuju lokasi danau sangat menyenangkan. Bagi yang sedang kelelahan dalam perjalanan, akan merasa terpuaskan begitu melihat pemandangan yang ada di danau ini.

Di tengah Danau Lait terdapat lima buah pulau yang letaknya berjejer, yaitu Pulau Ambos, Songe, Penyaok, Nyenyet, dan Pulau Lambung. Selain Danau Lait, di Kecamatan Tayan Hilir para pengunjung akan mendapati beberapa danau lain yang merupakan satu kesatuan, yaitu Danau Subah, Danau Terentang, Danau Selatai, dan Danau Belat. Para wisatawan dapat mencapai Danau Lait ini dengan menggunakan jalan darat sampai ke Tayan (ibu kota Kecamatan Tayan Hilir). Bila hendak dari kota menuju danau-danau tersebut wisatawan dapat menggunakan perahu motor cepat atau speedboat.

  1. Batu Dinding

Batu dinding ini menjulang tinggi memagari Sungai Mahakam Ulu sepanjang 800 meter dan memiliki tinggi antara 100 hingga 200 meter. Gugusan batu dinding ini semakin menarik dikarenakan warna putihnya dan menjadi spot terbaik untuk diabadikan lewat kamera.

PALEMBANG

Keindahan alam yang ditawarkan begitu menarik hati dan memanjakan wisatawan, yaitu alam yang asri dengan deretan hutan, tanaman anggrek yang liar di sepanjang perjalanan, serta rumah-rumah adat yang kental dengan penduduk lokal.

  1. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Taman rekreasi yang ada di Samarinda ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi oleh wisatawan. Terdapat berbagai hal yang dapat dinikmati, seperti replika hutan lengkap dengan rotan yang menjadi jenis kayu khas Kalimantan.

Selain itu, terdapat kolam pemancingan, pendopo untuk melepas penat, juga kafetaria. Bagi para pecinta camping, Anda dapat mendirikan tenda Taman Rekreasi Lembah Hijau ini, pun dilengkapi dengan fasilitas outbond dan wahana lain, seperti flying fox, waterboom, dan jaring panjat.

  1. Wisata Bukit Bingkirai

Wisata yang berada di Kutai Kartanegara ini ialah hutan hujan tropis alami yang memiliki luas sekitar 1500 hektar. Telah berdiri selama kurang lebih 22 tahun dan masih dikunjungi banyak wisatawan karena daya tariknya yang tidak pernah mengecewakan. Para wisatawan dapat menikmati pemandangan hijau yang menyegarkan mata dan pikiran. Di Kalimantan Timur juga memiliki maskot, yaitu pohon bangkirai yang berumur lebih dari 150 tahun, anggrek hutan liar, dan buah buahan tropis.

Daya tarik utama dari kawasan wisata ini yatu jembatan kanopi yang bernama Jembatan Tajuk. Pengunjung dapat melintasi jembatan sepanjang 64 meter di ketinggian 30 meter ini untuk melihat berbagai gugusan pohon dan pemandangan indah. Jembatan yang dibuat di Amerika Serikat ini menghubungkan sekitar 5 pohon Bangkirai besar.

  1. Goa Losan

Dalam bahasa daerah setempat, Goa Losan memiliki arti goa tembus, karena membelah dua provinsi dan seperti menyelam ke dalam perut bumi. Bagi wisatawan yang ingin merasakan sensasi berpetualang unik dan menegangkan, destinasi ini sangat cocok. Di sana juga disajikan sumber air, deretan batu alam bernada seperti alat musik jika dipukul, batu murni, dan sarang burung walat.

  1. Liang Mangkulangit
PONTIANAK

Liang Mangkulangit didefinisikan sebagai Goa Mengangkat Langit, hal itu membuat tak sedikit wisatawan menjadi penasaran. Goa ini merupakan gunung batu yang berfungsi sebagai atap juga dinding dari sungai Kandilau. Daya tarik dari destinasi ini adalah dindingnya yang megah dan tinggi, sehingga dapat memikat hati para wisatawan.

Area wisata ini masih begitu terasa alami, sehingga tak sedikit satwa liar di area hutan, pohon-pohon tropis, dan tetesan air di bebatuan yang ditumbuhi lumut.

  1. Jantur Inar

Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi ini berada di Kutai Barat dengan akses yang sangat mudah, yaitu dengan kendaraan roda empat. Panorama yang disuguhkan adalah air terjun dengan ketinggian 30 meter dan lumut yang menempel di bebatuan menjadi terlihat sangat eksotis.

Pengelola Jantur Inar menyediakan 200 anak tangga bagi para wisatawan yang hendak bermain di dasar air terjun. Yang menjadi daya tarik tersendiri ialah wisatawan yang bila bermain air di bawah air terjun, maka akan terkena bayang pelangi.

  1. Pantai Melawai

Pantai yang sangat direkomendasikan untuk menikmati matahari terbenam ini berada di Balikpapan, tepatnya di pusat kota. Keindahan yang disuguhkan karena saat matahari kembali ke paraduan tak dihalangi oleh bukit, pemandangan yang masih sangat jelas, dan masih ditingkahi perahu nelayan setempat. Di seberang pulau, para wisatawan bisa menikmati indahnya panorama pulau babi, Selat Makassar, dan keramaian kota karena rupanya menjadi pusat oleh-oleh makanan juga minuman.

  1. Pulau Beras Basah

Mempunyai keindahan alam yang memiliki ciri khas tersendiri membuat destinasi wisata ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dalam negeri maupun mancanegara. Para wisatawan diperbolehkan menyelam untuk melihat secara langsung akan indahnya biota laut, seperti terumbu karang, ikan, dan ekosistem laut lainnya.

LAMPUNG

Tak heran bahwa wisata menyelam menjadi daya tarik utama dari pulau yang memiliki air laut jernih ini. Walaupun harus terlebih dahulu menempuh perjalanan yang sedikit sulit, hal tersebut tidak menyurutkan semangat para wisatawan yang hendak menikmati keindahan Pulau Beras Basah ini.

  1. Pantai Temajuk

Pantai Temajuk merupakan objek wisata unggulan di Kabupaten Sambas. Terletak di Desa Temajuk, Kecamaan Paloh, Kabupaten Sambas. Berjarak kurang lebih 120 km dari Kota Sambas. Kawasan di sekitar pesisir Pantai Temajuk rupanya berbatasan langsung dengan Laut Natuna dan Malaysia Timur.

Pantai Temajuk memiliki ciri khas tersendiri, yaitu keitka air surut, pantai ini menyisakan hamparan pasir yang sangat luas dengan lebar kurang lebih 100-150 m. Namun, ketika memasuki bulan Oktober- Februari, angin bertiup cukup kencang dengan tinggi gelombang bisa mencapai 2 m, bahkan lebih. Hal ini tentu menyenangkan bagi para wisatawan yang gemar dan mahir berselancar.

Wisatawan bisa menyusuri ujung utara Pantai Temajuk untuk mendapatkan pemandangan yang berbeda. Di ujung utara pantai, terdapat gugusan batu berukuran yang beragam yang membentuk formasi yang indah.