Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam – Anda pasti sudah tidak asing dengan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah sesuatu yang berada di alam yang bisa dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam haruslah dilestarikan demi keberlangsungan hidup manusia.

Mengapa? Karena tidak semua sumber daya alam bisa diperbarui. Nah untuk lebih jelasnya, berikut jenis-jenis sumber daya alam dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Check this out!

Pengertian Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam atau biasa disebut dengan SDA merupakan semua hal yang ada di alam, yang bisa dimanfaatkan oleh manusia guna memenuhi kebutuhan hidupnya. Sumber daya alam  pasti bermanfaat bagi manusia, namun sayangnya tidak semua negara memiliki sumber daya alam yang sama.

ejalan dengan hal itu, perkembangan teknologi, kemajuan peradaban serta populasi manusia yang semakin besar membuat sumber daya alam semakin di eksplorasi penggunaannya untuk memenuhi seluruh kebutuhan. Hal ini membuat keberadaannya semakin berkurang dan rusak.

Sumber Daya Alam di Indonesia

Tahukah anda bahwa Indonesia adalah negara dengan tingkat biodiversitas paling tinggi kedua setelah negara Brazil? Hal ini tentu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang sangat besar.

 

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Berdasarkan protokol Nagoya, sumber daya alam di Indonesia ini bisa menjadi tulang punggung perekonomian yang berkelanjutan. Tentu saja dengan beberapa peraturan yang menyertainya, baik peraturan pemanfaatan maupun peraturan pembagian hasil ekonomi.

Keanekaragaman sumber daya alam di Indonesia dinilai banyak ahli terbentuk karena beberapa faktor, diantaranya adalah:

  • Berdasarkan sisi astronomisnya, Indonesia berada di wilayah tropis yang mempunyai tingkat curah hujan tinggi. Hal ini tentu membuat berbagai jenis tumbuhan bisa tumbuh dengan cepat dan berkembang jenisnya.
  • Berdasarkan sisi geologinya, Indonesia berada di titik pergerakan lempeng tektonik. Hal ini membuat Indonesia memiliki banyak gunung dan pegunungan yang memastikan tanahnya merupakan tanah subur dan kaya akan sumber daya mineral.
  • Indonesia memiliki wilayah perairan terutama laut yang luas sehingga bisa menjadi tempat tinggal banyak biota laut. Selin itu, perairan di Indonesia menyediakan sumber daya mineral dan oksigen yang besar.

Tidak hanya sumber daya alam hayati, Indonesia juga memiliki banyak sumber daya alam non hayati berupa berbagai bahan tambang. Misalnya timah, gas alam, nikel, emas, perak dan bauksit. Hal ini membuat Indonesia kerap kali digunakan sebagai tempat pertambangan.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam

Berdasarkan Sifat Kelestariannya

Jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan sifat kelestariannya adalah:

  1. Sumber daya alam yang dapat diperbaharui

Renewable resources atau sumber daya alam yang dapat diperbaharui memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sumber daya alamnya tidak akan pernah habis karena bisa diproduksi kembali
  • Kuantitas (jumlah) dan kualitas dari sumber daya alamnya bergantung pada pengelolaan atas sumber daya alam tersebut
  • Sifat persediaannya menurun, lestari atau meningkat

Contoh dari renewable resources adalah sumber daya air, tumbuhan, tanah, hewan, sinar matahari, angin, panas bumi dan masih banyak lagi.

  1. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui atau unrenewable resources memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sumber daya alamnya akan habis di masa tertentu karena tidak bisa diproduksi kembali
  • Sifat persediaanya terus menurun meskipun akan turun perlahan jika didaur ulang, namun pada ujungnya akan habis seluruhnya

minyak bumi

Contoh dari unrenewable resources kebanyakan adalah barang-barang tambang seperti logam mulia, minyak bumi, batu bara dan masih banyak lagi.

  1. Sumber daya alam yang tidak akan habis

Sumber daya alam yang tidak akan pernah habis atau flow resources memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Sumber daya alam ini terus tersedia secara berkelanjutan meskipun tidak melalui proses produksi apapun
  • Sifat persediaannya tidak terbatas dan tidak terpengaruh dari tindakan manusia

Contoh dari flow resources adalah energi matahari, arah mata angin, energi pasang surut, bentang alam dan masih banyak lagi.

Berdasarkan Jenis Umumnya

  1. Sumber Daya Alam Hayati

Sumber daya hayati atau biasa juga disebut sumber daya alam biotik merupakan sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Contohnya adalah hewan, tumbuhan, mikroorganisme dan sebagainya.

  1. Sumber Daya Alam Non Hayati

Sumber daya non hayati atau biasa juga disebut sumber daya alam abiotik merupakan sumber daya alam yang berupa benda mati. Contohnya adalah batuan, tanah, sinar matahari, air, barang – barang tambang dan sebagainya.

Berdasarkan Penggunaan Sumber Dayanya

  1. Sumber Daya Alam Bahan Baku

Sumber daya alam bahan baku adalah sumber daya alam yang menghasilkan bahan baku sehingga bisa dimanfaatkan untuk membuat benda lain yang lebih bernilai ekonomi. Contohnya adalah pohon sebagai bahan pembuat kertas, tambang emas sebagai bahan perhiasan, daging hewan sebagai bahan makanan.

  1. Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam energi merupakan sumber daya alam yang menghasilkan energi dan energi yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia. Contohnya adalah bahan bakar minyak sebagai penggerak kendaraan, air sebagai pembangit listrik, dan masih banyak lagi.

Prinsip Pemanfaatan Sumber Daya Alam

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa pemanfaatan sumber daya alam haruslah secukupnya saja agar tidak terjadi kelangkaan. Pemanfaatannya juga harus selaras, serasi dan seimbang dengan fungsi lingkungan hidup agar ekosistem tetap terjaga dengan baik.

Jenis-Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya

Itulah mengapa adanya prinsip pemanfaatan sumber daya alam menjadi penting. Prinsip ini diharapkan dapat mengurangi kerugian atau kerusakan bagi sumber daya alam. Adapun beberapa prinsip pemanfaatan sumber daya alam yang bisa diterapkan adalah sebagai berikut:

Selektif

Pemanfaatan sumber daya alam haruslah selektif dan dilakukan dengan membuat rancangan pemanfaatan yang matang terlebih dahulu dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Kelestarian

Sumber daya alam harus terus dilestarikan karena penggunaannya adalah penggunaan jangka panjang. Jangan sampai anak cucu kita hanya mendapatkan sampah dan kerusakan bumi saja.

Penghematan

Mirip dengan prinsip selektif, prinsip penghematan juga harus diterapkan agar sumber daya tidak mudah rusak dan habis terutama untuk sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Sumber daya alam harus digunakan seminimal mungkin dan manusia harus terus menemukan inovasi alternatif lain untuk pemenuhan kebutuhan kehidupan.

Memperbaharui

Prinsip memperbaharui digunakan untuk memperbaiki sesuatu yang mungkin sudah hampir habis atau rusak. Misalnya saja langkah konservasi hewan dan tumbuhan agar hewan dan tumbuhan langka tidak mati punah begitu saja, reboisasi hutan agar hutan dapat kembali hijau dan menampung air, reklamasi lahan agar lahan gundul dan tandus dapat lebih bermanfaat dan masih banyak lagi.

Demikian penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis sumber daya alam dan manfaatnya bagi kehidupan manusia. Selalu ingat bahwa melestarikan sumber daya alam adalah kewajiban setiap makhluk di bumi. Semoga bermanfaat dan salam lestari!

Pengertian Puisi dan Prosa Secara Lengkap