Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Anda mungkin sudah sering menemui gambar-gambar yang juga dibubuhi kata-kata menarik didalamnya baik yang dipajang di toko, disekolah atau di jalanan. Bisa jadi gambar dan kata-kata yang anda lihat itu adalah poster.

Sudah tidak asing kan dengan poster? Nah untuk anda yang ingin mempelajari lebih lanjut tentang poster, berikut adalah artikel yang menjelaskan pengertian poster, syarat-syarat poster, jenisnya dan masih banyak lagi. Check this out!

Pengertian Poster

Poster merupakan salah satu jenis desain grafis yang memuat gambar serta kata-kata yang dituangkan dalam satu kertas berukuran besar. Desain grafis itu akan memuat informasi tertentu dan ditempelkan di tempat-tempat umum yang banyak dilihat orang agar mampu menjangkau lebih banyak pembaca.

Poster dibuat memang untuk mencari perhatian orang lain dan meminta orang lain untuk menerima informasi yang dituangkan baik itu berupa promosi produk, pemberitahuan acara dan masih banyak lainnya. Berikut ini menjelaskan pengertian poster menurut ahli:

Menurut Wikipedia

Poster adalah karya seni grafis yang dibuat dengan perpaduan antara huruf dan angka diatas kertas yang ukurannya relatif besar.

Menurut Anton M. Moeliono

Poster merupakan karya seni atau jenis desain grafis yang komposisinya adalah gambar dan huruf dan dituangkan diatas kertas ukuran besar.

Menurut Sabri

Poster merupakan gambaran yang bertujuan untuk memberitahukan, memperingatkan, ataupun menggugah selera orang lain yang biasanya diisi dengan gambar-gambar.

Jadi bisa disimpulkan bahwa poster merupakan media desain grafis yang memuat gambar-gambar serta kalimat kalimat yang bertujuan untuk memberitahukan suatu informasi kepada orang lain dan dicetak dalam kertas yang berukuran cukup besar agar orang lain tertarik melihatnya.

Tujuan Poster

Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Poster tidak dibuat untuk kesenangan saja loh, tetapi memiliki maksud serta tujuan tertentu sesuai dengan keinginan pembuatnya.

Secara umum, sesuai dengan pengertian poster yang telah dibahas sebelumnya, tujuan dibuatnya poster adalah untuk media publikasi dengan maksud agar masyarakat yang menjadi target bisa membacanya dan menyerap informasi serta mengikuti apa yang diinginkan poster tersebut.

Sedangkan secara khusus, tujuan dari suatu poster bergantung pada jenis posternya. Misalnya jika poster komersial maka tujuannya untuk menarik pembeli, poster pendidikan untuk mengedukasi, poster pemberitahuan untuk menginformasikan sesuatu dan sebagainya.

Ciri-Ciri Poster

Meskipun tidak bisa disamaratakan, poster biasanya memiliki beberapa ciri berikut:

  • Karya seni yang memuat gambar dan kata-kata yang dituangkan pada kertas ukuran cukup besar dengan tujuan agar orang-orang mudah membacanya
  • Poster biasanya dibuat dengan warna-warna yang mencolok, agar lebih menarik perhatian pembacanya
  • Kata-kata yang dimuat dalam poster biasanya merupakan kalimat singkat, padat dan jelas agar mudah dimengerti dan diingat oleh pembaca
  • Poster biasanya dibuat dengan gambar yang menarik (selama masih berhubungan dengan tujuan dibuatnya poster) agar pembaca penasaran dengan informasi didalamnya
  • Poster kebanyakan dipasang di tempat-tempat yang strategis dan dilewati banyak orang agar lebih banyak menjangkau pembaca, misalnya di pasar, alun-alun, jalan raya dan masih banyak tempat lainnya.

Syarat-Syarat Poster

Untuk dikatakan sebagai poster, suatu karya seni harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Bahasa dan kata-kata yang dituangkan di dalamnya harus mudah dipahami oleh mayoritas orang
  • Kata-kata yang dituangkan di atasnya harus singkat, padat dan jelas akan lebih mudah diingat
  • Memadukan gambar yang menarik dengan kata-kata yang berhubungan
  • Dibuat dengan semenarik mungkin agar orang lain banyak yang penasaran dan membacanya
  • Poster harus dipajang di tempat-tempat ramai atau tempat yang menjadi lalu lalang target poster
  • Bahan untuk mencetak atau membuat poster sebaiknya kualitas terbaik dan anti air agar tidak mudah rusak.

Jenis-Jenis Poster

Poster dibagi menjadi 2 jenis yaitu poster berdasarkan isinya dan poster berdasarkan tujuan dibuatnya, nantinya kedua jenis poser ini akan dibagi lagi. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dibawah ini:

Poster Berdasarkan Isinya

Berdasarkan isinya, poster memiliki beberapa jenis lagi, diantaranya sebagai berikut:

  • Poster Layanan Masyarakat

Poster layanan masyarakat adalah poster yang memuat informasi mengenai layanan masyarakat, poster ini biasanya dibuat oleh pemerintah, lembaga sosial dan lembaga terkait layanan masyarakat lainnya.

Contoh dari poster layanan masyarakat adalah poster tentang memakai masker dengan benar (dikeluarkan oleh dinas kesehatan), poster tentang membuang sampah pada tempatnya (dibuat oleh balai lingkungan hidup), poster tentang menjauhi narkoba (dikeluarkan oleh lembaga anti narkoba), dan masih banyak lainnya.

  • Poster Niaga

Niaga menurut bahasa berarti kegiatan jual dan beli dan sebagainya demi mendapatkan untuk dari barang atau jasa yang dijual. Jadi dapat disimpulkan bahwa poster niaga adalah poster yang memuat informasi penjualan atau promosi produk atau jasa yang dijual oleh perusahaan.

Poster ini biasanya dipasang di tempat ramai sesuai dengan target pasar. Misalnya promo paket keluarga untuk produk soto ayam akan cenderung dipasang di dekat perumahan atau kantor-kantor, poster toko baju kekinian akan banyak dipasang di dekat sekolah atau kampus, promo rokok akan dipasang di dekat perkantoran atau kawasan kafe.

  • Poster Kegiatan

Poster kegiatan merupakan poster yang memuat informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat dengan harapan agar orang-orang bisa mengetahui kegiatan atau acara tersebut, tertarik dan mendaftar atau mendatangi acara tersebut. Poster-poster kegiatan biasanya akan dipasang ditempat yang sesuai dengan target kegiatan.

Misalnya poster tentang kegiatan konser band akan banyak ditemukan di kampus, sekolah dan pusat perbelanjaan karena targetnya adalah anak muda, poster acara pengajian akan banyak ditemui di masjid, mushola dan lembaga agama lainnya karena target yang dituju adalah muslim dan muslimah yang hendak melakukan pengajian.

Contoh lain adalah poster mengenai kegiatan penyuluhan kesehatan akan banyak dipajang di rumah sakit, klinik, puskesmas dan balai desa karena target pengunjungnya yang relevan.

  • Poster Karya Seni

Poster karya seni sifatnya lebih ekspresif. Poster ini cenderung abstrak dengan kalimat-kalimat ambigu yang mewakili penulisnya. Bisa untuk mengekspresikan diri, menyinggung pemerintah atau bentuk protes pembuat poster akan suatu kejadian.

kebijakannya, biasanya tidak memiliki arti yang pasti sehingga pembacanya bebas mengartikan poster ini sesuai dengan interpretasinya sendiri.

  • Poster Pendidikan

Seperti namanya, poster pendidikan tentunya berisi informasi yang memuat hal-hal mengenai pendidikan untuk masyarakat. Poster ini pastinya akan banyak ditemukan di tempat-tempat lembaga pendidikan seperti sekolah, tempat les, dan perpustakaan.

Contohnya adalah poster yang mungkin tidak asing bagi anda, biasanya poster ini dipasang di gerbang sekolah dengan tulisan ‘aku malu datang terlambat’. Poster ini akan mengedukasi siswa agar tidak lagi datang terlambat ke sekolah. Poster lain adalah poster ‘buku adalah jendela dunia’ yang banyak anda temukan di perpustakaan.

Poster ini bertujuan agar para siswa lebih semangat belajar dan membaca buku agar lebih mengenal dunia. Contoh lain adalah poster dengan kalimat ‘Say No to Bullying’ yang mengajarkan siswa bahwa tindakan menindas dan membully teman adalah hal yang tidak terpuji.

Poster Berdasarkan Tujuannya

Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Berdasarkan tujuannya, poster memiliki beberapa jenis seperti dibawah ini:

  • Poster Propaganda

Propaganda secara bahasa berarti suatu jenis komunikasi yang tujuannya adalah mempengaruhi pandangan orang lain. Nah, poster propaganda adalah poster yang dibuat untuk memberikan motivasi atau memberikan semangat hidup baru untuk pembacanya.

Poster ini akan mempengaruhi pemikiran orang lain atas sesuatu dan menjadikannya semangat baru untuk melakukan sesuatu. Poster ini sebenarnya sudah ada sejak zaman perjuangan melawan penjajah, berisi kata-kata semangat untuk melawan penjajah dan berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Jika dilihat di situasi sekarang, contoh poster propaganda bisa anda lihat adalah poster mengenai gerakan ‘Dirumah Saja’ dan poster ‘Patuhi Gerakan 3M’ sebagai aktivitas meredam merebaknya virus Covid-19.

  • Poster Kampanye

Poster yang satu ini pastinya sudah tidak asing bagi anda. poster kampanye merupakan poster yang bertujuan untuk mengenalkan calon pejabat atau calon pengurus pemerintah atau organisasi tertentu. Poster ini biasanya akan banyak bermunculan ketika masa pilkada, pemilu dan pemilihan lainnya dengan tujuan mencari simpati masyarakat.

Poster ini biasanya dibuat sebanyak mungkin agar masyarakat lebih mudah ingat terhadap pasangan calon tersebut. Poster kampanye biasanya dipasang di sepanjang  jalan, di dekat lampu merah dan di tempat-tempat ramai seperti alun-alun dan pasar.

Tidak hanya pemilu dan pilkada loh, poster kampanye juga bisa anda temui di sekolah. Bagaimana bisa? Poster kampanye di sekolah biasanya akan membuat poster pencalonan organisasi sekolah seperti OSIS, MPK atau organisasi Pramuka.

  • Poster Afirmasi

Dari pengertiannya, poster afirmasi sedikit mirip dengan poster propaganda, yaitu poster yang bertujuan untuk memberikan motivasi bagi pembacanya. Kalimatnya berisi afirmasi-afirmasi positif yang akan menggugah hati pembacanya.

Perbedaan poster afirmasi dengan poster propaganda adalah, poster afirmasi biasanya berisi kalimat motivasi atau quotes yang lebih panjang dan mudah dimengerti. Gambar-gambar dalam poster afirmasi juga biasanya tidak terlalu besar dan mencolok karena poster afirmasi memang lebih menonjolkan kalimat-kalimat afirmasi nya.

Contoh dari poster afirmasi adalah poster dengan kalimat ‘Masa Depanmu adalah Apa yang Kamu Kerjakan Hari Ini, Bukan Nanti-Nanti’. Contoh lainnya adalah poster yang memuat kalimat seperti berikut ‘Our Greatest Weakness Lies in Giving Up, The Most Certain Way to Succeed is to Try Just One More Time’.

  • Poster “Dicari”

Poster “Dicari” atau poster pencarian adalah poster yang dibuat untuk mencari sesuatu yang hilang, bisa berupa barang, hewan peliharaan bahkan anggota keluarga yang hilang.

Poster ini biasa di tempel di tempat-tempat terdekat dari hilangnya barang dengan harapan barang atau anggota keluarga tersebut lebih cepat ditemukan. Poster “Dicari” biasanya berisi foto dan ciri-ciri dari barang, hewan atau anggota keluarga yang hilang.

  • Poster Film

Seperti namanya, poster film tentunya berisi kalimat-kalimat serta gambar promosi dari sebuah film. Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar penonton lebih tertarik menonton film tersebut saat mulai tayang.

  • Poster ‘Cheesecake’

Anda pasti berpikir poster yang satu ini adalah poster tentang kue keju atau cheesecake? Jawabannya adalah bukan. Poster Cheesecake adalah poster promosi yang tujuannya memberitahukan karya baru kepada masyarakat agar lebih banyak orang melihat karya tersebut dan menontonnya.

Poster yang satu ini biasanya memuat gambar selebritis yang membuat karya dan karya baru apa yang mereka rilis. Contoh dari poster Cheesecake adalah poster album terbaru grup Super Junior, poster konser world tour Ariana Grande atau poster live performance band NOAH.

  • Poster Komersial

Poster Komersial jika berdasarkan isinya juga disebut dengan poster niaga. Poster ini merupakan poster yang tujuannya adalah mempromosikan produk atau jasa dari suatu perusahaan.

  • Poster Kelas

Seperti namanya, poster kelas biasanya dipajang di dalam kelas dan bertujuan untuk memotivasi siswa dalam lingkup yang lebih kecil yaitu lingkup kelas. Contoh dari poster ini adalah poster dengan kalimat ‘Jadikan Kelas 10A Kelas Terbaik’ atau ‘Jagalah Kebersihan Kelas 7F’.

Alat dan Bahan Poster

Jelaskan Pengertian Poster: Syarat-Syarat dan Jenisnya

Alat dan bahan membuat poster tergantung dari keluaran poster tersebut. Jika posternya dibuat secara manual dengan menggambar, maka alat dan bahannya adalah:

  • Kertas ukuran besar (biasanya kertas A3)
  • Pensil dan penghapus
  • Spidol
  • Penggaris
  • Pewarna (Krayon, Cat Air atau pewarna lainnya)

Nah, jika poster dibuat dengan cara dicetak, maka alat dan bahannya adalah sebagai berikut:

  • PC, Komputer atau Laptop
  • Software yang bisa membuat desain grafis. Anda bisa menggunakan aplikasi Coreldraw, Photoshop atau Inkscape
  • Kertas Cetak
  • Printer

Prinsip Desain Poster

Berikut beberapa prinsip dalam desain poster:

Prinsip Keseimbangan (Balance)

Keseimbangan merupakan prinsip yang harus diterapkan agar poster tidak memiliki kesan berat sebelah antara unsur yang ada didalamnya. Beberapa keseimbangan yang harus diterapkan dalam poster adalah:

  • Keseimbangan bentuk dan ukuran unsur dalam poster
  • Kesimbangan warna dalam poster
  • Keseimbangan tekstur dalam poster
  • Keseimbangan komposisi unsur-unsur poster

Prinsip Alur (Movement)

Maksud dari alur disini adalah alur baca pembaca terhadap informasi dalam poster. Ketika membuat poster, anda harus mempertimbangkan tata letak unsur-unsur dalam poster dan pastikan semuanya dapat dibaca secara berurutan.

Prinsip Penekanan (Emphasis)

Penekanan dalam poster adalah hal wajib agar pembaca lebih tertarik untuk membaca poster. Penekanan dalam poster biasanya ada pada judul poster atau sub judul di dalamnya agar tampak lebih menonjol dan menarik perhatian. Untuk membuat prinsip penekanan dalam poster anda bisa melakukan:

  • Perbandingan ukuran komposisi poster
  • Latar belakang atau background yang dibuat kontras dengan tulisan dan gambar
  • Perbedaan warna yang mencolok antara sub judul dan tulisan lainnya
  • Memanfaatkan bidang kosong (namun jangan berlebihan agar tidak terkesan rumit)
  • Perbedaan jenis, ukuran dan warna huruf

Prinsip Kesatuan (Unity)

Poster mengandung beberapa unsur yang jika digabungkan harus membentuk satu kesatuan yang indah. Beberapa unsur dalam poster harus digabung atau justru dipisah sedemikian rupa agar informasinya tetap bisa diterima oleh pembaca. Prinsip kesatuan dalam poster bisa dicapai dengan:

  • Mendekatkan elemen desain yang seragam
  • Dibuat bertumpuk
  • Memanfaatkan garis untuk memisahkan informasi
  • Perbedaan warna latar belakang atau perbedaan font tulisan

Prinsip Kesan (Specific Appeal)

Poster pada dasarnya dibuat untuk memberikan informasi tentang sesuatu sesuai dengan tema. Hal ini tentu membutuhkan kesan umum dari informasi yang akan dibuat tersebut. Misalnya:

  • Poster untuk produk parfum wanita seharusnya lebih feminim, lembut dan menggunakan warna warna yang kalem, sedangkan poster untuk produk parfum pria sebaiknya dibuat dengan kesan maskulin, keren dan dengan warna warna yang cukup gelap.
  • Poster untuk aktivitas yang tidak boleh dilakukan seperti poster anti narkoba, poster anti rokok dan poster anti bullying harusnya dibuat lebih seram dan dengan warna warna yang pekat agar terkesan menyeramkan, sedangkan poster untuk aktivitas yang seharusnya dilakukan seperti poster membaca buku dan poster cinta lingkungan harusnya dibuat dengan warna warna yang kalem dan menenangkan.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai poster mulai dari menjelaskan pengertian poster, syarat-syarat serta masih banyak penjelasan lainnya. Semoga artikel diatas dapat anda jadikan referensi dan menambah wawasan anda tentang poster. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Pengertian Hak Asasi Manusia dan Macamnya