Cara Menggunakan iOS Versi Beta di iPhone

Setiap tahunnya pada bulan Juni, Apple mengumumkan iOS versi beta terbaru untuk perangkat iPhone. Namun untuk penggunaan secara publik baru akan dirilis kurang lebih setelah 3 bulan setelahnya.

Tentu ini membuat pengguna iphone terbayang-bayang dengan kehadiran versi ios terbaru tersebut. Terlebih ketika perilisan iOS dengan banyak perubahaan, hal ini membuat banyak pengguna penasaran akan hal itu.

Nah untuk mengobati rasa penasaran itu, kamu bisa menggunakan iOS versi Beta. Versi beta merupakan versi operating system sebelum rilis atau versi percobaan. Seperti yang kita ketahui bahwa sebelum versi ios itu benar-benar dirilis secara umum, sebelumnya telah dirilis versi beta atau percobaan.

Gunanya untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan lebih dini yang bisa saja terjadi sebelum digunakan secara umum.

Versi Beta dari iOS ini tersedia untuk dua opsi penggunaanya, yakni Developer Beta atau versi pengembang aplikasi dan Public Beta atau Beta publik. Keduanya memiliki perbedaan dari sisi peruntukannya.

Bagi Beta Developer memang diperuntukan untuk para pengembang aplikasi yang notabene memiliki aplikasi yang terbit di App Store dengan itu ada kemungkinan mereka-mereka yang sudah memiliki dasar pengetahuan dengan system ios sehingga mereka bisa mengantisipasi apabila aplikasi mereka terjadi kesalahan atau error setelah ios versi terbaru diterbitkan secara umum.

Sedangkan utnuk versi Beta Public inilah yang bisa kamu gunakan secara mudah dan bebas. Versi Beta public ini bisa lebih mudah digunakan, sebab kamu tidak perlu memiliki aplikasi yang telah terbit di app store.

Menggunakan versi iOS Beta membuat kamu satu langkah lebih dulu mencoba versi ios ketimbang pengguna umum diluar sana. Namun sebelum melangkah jauh, kamu juga perlu mengetahui risiko yang bisa saja terjadi ketika kamu menggunakan versi beta.

Daftar Laptop Khusus Producer Musik Terbaik

iOS Versi beta

Risiko Menggunakan iOS Versi Beta

Pada dasarnya segala macam yang berunsur testing atau percobaan, itu tidak luput dari kesalahan. Bahkan ada risiko yang bisa saja dialami. Termasuk dalam hal ketika kamu menggunakan ios versi percobaan tersebut.

Risiko yang bisa saja terjadi ketika kamu menggunakan ios versi beta, misalnya terjadinya kesalahan-kesalahan fitur atau fungsi tertentu pada operasional iphone kamu, terjadinya bug/error pada aplikasi tertentu, stuck atau frezee pada jendela tertentu, dan beberapa kemungkinan lainnya.

Sehingga dengan risiko yang disebutkan itu, bisa menjadi pertimbangkan ketika kamu ingin mencoba ios beta version. Namun jika kamu sudah memiliki tekad yang kuat dengan segala langkah antisipasi yang bisa kamu mengerti. Maka tidak salah-pula untuk kamu mencoba beta versi tersebut.

Nah berikut dibawah ini dijelaskan 2 cara berbeda untuk mendapatkan versi ios beta pada pengguna developer atau public:

Cara Install iOS Beta Publik

Versi Publik Beta iOS adalah versi yang paling memungkinkan untuk kamu coba. Terlebih jika kamu sebelumnya belum pernah sama sekali mencoba versi beta dari iOS atau bahkan belum pernah melakukan tweak sama sekali di iphone kamu.

Tidak perlu menggunakan perangkat tambahan atau menggukan perangkat pc, dari iPhone kamu lakukan registrasi terlebih dahulu pada halaman Apple Beta berikut ini:

https://beta.apple.com/sp/betaprogram/

Ketuk tombol “Sign Up” ditengah layar iphone kamu, kemudian lakukan registrasi menggunakan ID Apple kamu. Kamu juga mungkin diminta untuk login terlebih dahulu menggunakan ID Apple kamu.

Pada halaman utama kamu akan diminta untuk membaca dan menyetujui detail kesediaan kebijakan beta software program. Apabila setuju, ketuk tombol “Accept” di bagian bawah halaman tersebut.

3 Cara Install File Aplikasi IPA di iPhone

Selanjutnya arahkan ke tautan dibawah ini langsung dari iphone kamu dengan melalui aplikasi safari browser:

beta.apple.com/profile

Kemudian download dan install file konfigurasi dari halaman tersebut. Setelah berhasil kamu akan menerima notifikasi ketika file konfigurasi profil akun kamu telah selesai di download.

Apabila proses download telah selesai, arahkan ke menu “Settings” kemudian ketuk “Profile” Apple kamu dan berikan izin instalasi. Setelah semuanya selesai. Tahap selanjutnya kamu hanya perlu menginstall pembaharuan iOS kamu ke verta beta caranya dengan mengarah ke halaman “Settings” -> “General” Software Update”.

Dari jendela inilah kamu akan melihat pembaharuan untuk versi beta. Selanjutnya, ketika tersedia versi beta terakhir, kamu akan melihat tombol software update untuk pembaharuan lebih lanjut.

Cara Install iOS Beta Developer

Versi pengembang iOS Beta hanya diperuntukan memang untuk pengembang. Sehingga ada perbedaan yang kamu dapatkan ketika membandingkan ios versi beta developer dengan versi beta public. Versi developer diperuntukan untuk pengembang aplikasi agar dapat menguji aplikasi mereka pada ios versi sebelum rilis tersebut.

Tidak menutup kemungkinan pula versi developer bisa jauh lebih dulu terbit dari versi beta public. Namun tidak mudah untuk mendapatkan versi beta developer. Sebab untuk dapat bergabung dalam versi developer beta apple ini, kamu perlu bergabung dalam porgram Apple Developer Program yang tentu untuk dapat bergabung, kamu perlu membayar sekitar $99 pertahun.

Apabila kamu bersedia untuk membayar program tersebut atau pada dasarnya kamu sudah tergabung dalam pengembang. Maka dari itu, kamu cukup arahkan ketautan berikut langsung dari safari browser iphone kamu:

Developer.apple.com

Kemudian login menggunakan ID Apple pengembang kamu. Kemudian pada Bagian Downloads, gulir kebawan lalu, pilih iOS Beta versi terbaru yang tersedia, kemudian ketuk tombol “Install Profile”, lalu ketuk “Accept”.

Cara Menggunakan Pulsa Untuk Pembayaran Aplikasi Game di iPhone

Selanjutnya arahkan ke jendela “Settings” -> “General” -> “Profile”. Lalu ketuk iOS Beta dari jendela sini. Lalu ketuk “Install”.

Kamu akan dihadapkan pada halaman persetujuan atau perjanjian pengguna program developer. Selanjutnya restart iphone kamu.

Setelah iphone kamu hidup kembali, arahkan ke menu “Settings” -> “General” -> “Software Update”. Nah kamu akan melihat ios versi beta developer terbaru dari sini. Lakukan instalasi ios seperti biasa.