Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin Awet

Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin AwetMacbook merupakan brand laptop yang dikeluarkan oleh Apple. Laptop ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya bebas dari virus, spek yang tinggi, serta bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan kerja.

Harga yang dimiliki oleh Macbook tentu lebih mahal, namun harga tersebut sesuai dengan kualitas yang didapatkan. Karena itulah, setelah berhasil membeli laptop tersebut, tugas Anda adalah merawatnya sebaik mungkin. Cara untuk merawat laptop ini tidak jauh berbeda dengan laptop pada umumnya.

Dengan merawatnya sebaik mungkin, Anda tidak perlu khawatir laptop menjadi gampang rusak. Anda juga bisa menggunakan laptop ini dalam jangka waktu yang lebih panjang, berikut adalah tips merawat laptop Macbook yang perlu Anda ketahui.

Menjaga Performa

Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin Awet

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menjaga performa, yakni dengan menggunakan software atau perangkat lunak yang berkualitas. Karena itu, menjaganya sebaik mungkin adalah langkah yang tepat agar laptop tetap bisa digunakan secara maksimal.

Cara untuk menjaga performa laptop Macbook dengan membersihkannya dari sampah registry dan sampah lainnya. Dengan cara ini, kecepatan laptop akan terjaga dengan baik, sebab sistemnya tidak berat ketika mengelola berbagai sistem operasi yang sedang berjalan.

Jika tidak ingin kehilangan data, jangan lupa untuk sering melakuka backup data dan restore ulang. Dengan cara ini laptop akan tetap prima dan data yang Anda miliki tidak akan hilang. Apabila terdapat pemberitahuan pembaruan aplikasi, jangan ragu untuk segera memperbaruinya.

Jangan Sampai Overheat

Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin Awet

Tips merawat laptop Macbook lainnya adalah menjaga agar ia tidak mengalami overheat. Ketika laptop mengalami overheat, maka komponen hardwarenya memiliki kemungkinan untuk rusak. Overheat tidak hanya terjadi karena sistem yang bekerja, namun juga karena keadaan cuaca.

Speaker Bluetooth Terjangkau dan Tercanggіh

Misalnya Anda menggunakan laptop Macbook di luar ruangan yang panas, maka laptop juga lebih cepat panas. Apabila hendak membawa laptop di luar ruangan, maka Anda harus menggunakannya di tempat yang teduh, baik di bawah naungan pohon atau atap agar tidak terkena sinar matahari langsung.

Apabila Anda menggunakan laptop Macbook dalam jangka waktu yang panjang, Anda sebaiknya segera mematikannya dan tidak digunakan kembali untuk sementara waktu, kurang lebih 2-3 jam. Cara ini akan membuat sistem dan mesin kembali dingin setelah sebelumnya bekerja keras, Anda juga bisa menggunakan cooling pad untuk membuat laptop lebih dingin.

Pakai Pelindung untuk Laptop

Inilah Tips Merawat Laptop Macbook, Dijamin Awet

Berikutnya adalah memakai pelindung untuk laptop, ini khusus untuk melindung hardware laptop agar tidak mudah lecet atau tergores. Untuk bagian luar, Anda bisa menggunakan stiker atau case yang memiliki bahan plastik, sehingga bisa melindung laptop tanpa merusaknya.

Tips merawat laptop Macbook ini memang cukup mudah, namun tidak semua orang menggunakannya karena dianggap remeh. Tidak hanya bezel laptop saja yang perlu Anda lindungi, keyboard juga bisa menjadi media yang tepat untuk pemberian aksesori.

Aksesori ini akan membuat tampilan laptop menjadi lebih menarik sekaligus membuat keyboard terlindung dari kotoran dan debu. Selain itu, kabel charger juga harus dirawat dengan baik, sebab akan membuat kabel rusak jika digulung sembarangan. Tentu Anda tidak ingin mengganti charger hanya karena rusak atau patah.

Perhatikan Cara Membawanya

Ketika membawa laptop, Anda juga harus sadar agar laptop tidak bergesekan dengan benda yang mampu merusaknya. Kalau perlu, beli tas khusus untuk laptop yang bisa Anda gunakan, tentunya agar laptop tidak perlu berdesakan dengan barang yang lain. Laptop yang bergesekan dengan barang lain akan merusak bagian luar lapisan bezel.

Panduan dan Cara Install Ulang Windows 7 Lengkap

Tips merawat laptop Macbook ini akan makin lengkap jika Anda menggunakan tempat tambahan khusus untuk pelengkap aksesoris Macbook, misalnya headset dan charger. Berikan tempat khusus di dalam tas yang dapat membuat barang barang tersebut dapat masuk tanpa perlu bergesekan dengan laptop.

Menjaga Baterai Agar Tidak Mudah Rusak

Baterai merupakan hal yang penting untuk membuat laptop dapat berjalan dengan baik. Apabila baterai yang dimiliki mudah habis, tentunya Anda jadi enggan membawa laptop kemana-mana, ia hanya bisa digunakan di tempat yang dekat dengan colokan listrik.

Meski memiliki kualitas yang tinggi, namun daya baterai yang dimiliki oleh laptop Macbook tetap bisa turun. Tips dan trik menjaga performa baterai laptop memang tidak sulit untuk dilakukan, Anda bisa menjadikannya sebagai kebiasaan sehari-hari.

Untuk mengatasi baterai yang menurun performanya, berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membuatnya lebih awet dan tahan lama, diantaranya adalah:

  • Jangan Habiskan Baterai

Tips merawat laptop Macbook terkait dengan baterainya adalah jangan sampai baterai Macbook digunakan sampai habis. Apabila Anda menggunakan laptop terus menerus sampai baterainya habis, maka baterai akan menjadi cepat rusak. jika baterai menunjukkan angka 20-30 persen, maka saatnya Anda mengecasnya agar penuh kembali.

Apabila terdapat peringatan bahwa baterai sedang lemah, jangan menunggu nanti-nanti, charger saat itu juga. Ini akan menjadi penanda bahwa baterai laptop sudah memiliki daya yang rendah. Kalau Anda tidak bisa melakukan charging saat baterai ponsel habis, ada baiknya Anda mematikan laptop dan mengecasnya dulu sebelum digunakan kembali.

  • Jangan Overcharge

Berikutnya adalah tidak melakukan overcharging pada laptop, Anda tentu pernah mendengar teknologi charging yang akan langsung memutus sambungan listrik setelah baterai penuh, namun sebaiknya Anda tetap tidak melakukan overcharging.

Cara Download Video Youtube

Ketika ada tanda bahwa baterai sudah penuh, maka langsug cabut charger, sehingga laptop tidak lagi mendapatkan arus listrik. Tips merawat laptop Macbook ini memang sederhana, namun tidak semua orang mengetahuinya. Meskipun arus listrik memang sudah terputus, ada baiknya Anda tetap mencabut charger karena tidak ada manfaat menancapkannya terus menerus.

  • Kalibrasikan Baterai Macbook

Kalau Anda merasa baterai Macbook cepat habis, cobalah untuk melakukakn kalibrasi dengan baterai laptop. Untuk melakukan kalibrasi, Anda bisa melakukan dengan menggunakan fitur yang tersedia di dalam laptop. Anda bisa mencarinya lewat menu pencarian yang terdapat di kolom menu.

Jika Anda melakukan reset, maka baterai Macbook akan melakukan reset, kemudian berjalan normal kembali seperti biasanya. Melakukan kalibrasi juga bisa dilakukan secara rutin, sehingga baterai bisa makin awet dan tidak mudah rusak.

Masih banyak lagi cara merawat Macbook yang bisa Anda lakukan, hal yang perlu diingat adalah semakin lama pemakaian laptop, maka semakin turun pula performa yang ia miliki. Sebagai pengguna, Anda hanya bisa menjaganya agar tetap melakukan kerja secara maksimal dengan merawatnya sebaik mungkin. Makin baik Anda merawat laptop, makin lama pula pemakaian yang bisa Anda lakukan.

Demikianlah tips merawat laptop Macbook yang perlu Anda ketahui, dengan langkah-langkah tips tersebut semoga Anda bisa merawat laptop dengan baik. Apalagi untuk mereka yang menggunakan laptop ini untuk menunjang kehidupan dan pekerjaan harian. Tips merawat Macbook tersebut bisa Anda jadikan sebagai kebiasaan setiap harinya, sehingga tidak sulit untuk dilakukan.