Kartu MicroSD atau Kartu UFS? Inilah Perbedaan Dari Kartu MicroSD Dan Kartu UFS

Kartu MicroSD

Kartu MicroSD — Kartu MicroSD memang begitu populer karena kelebihannya dalam menyimpan banyak data. Perangkat komunikasi untuk saat ini seperti tablet dan smartphone pastinya begitu memerlukan tempat penyimpanan yang lebih, hal tersebut dikarenakan pada kapasitas memori internal internal yang sudah terlalu penuh maupun kurang begitu besar. 

Kartu MicroSD ini pastinya dapat dijadikan solusi untuk melakukan penyimpanan untuk banyak data. Tetapi dengan semakin bertambahnya dengan kecepatan pada chipset, RAM dan juga memori internal yang harus terus mengalami peningkatan, maka pada kartu eksternal juga dituntut untuk lebih meningkatkan performanya. 

Kartu UFS

Kartu UFS merupakan sebuah kartu eksternal tambahan yang memakai teknologi Universal Flash Storage. Awalnya untuk teknologi UFS ini hanya dipakai untuk memori internal saja untuk smartphone. 

Kartu ini memiliki keunggulan dalam kecepatan mentransfer yang sangat begitu cepat. Untuk perangkat yang menggunakan UFS, maka para pengguna bisa langsung untuk merasakan perbedaannya dengan begitu signifikan ketika menyalin sebuah file ke dalam memori internal. Kecepatan yang di miliknya akan jauh lebih tinggi dan juga berbeda sekali dengan sebuah memori internal yang masih memakai MicroSD. 

Dengan adanya kartu UFS ini maka nantinya kecepatan untuk transfer pada memori internal dan memori eksternal bisa menyamai sehingga untuk performa perangkatnya lebih maksimal. Karena untuk saat ini format video dengan resolusi Full HD banyak sekali ditemukan di internet, maka perusahaan teknologi mau tidak mau harus memikirkan sebuah cara supaya kartu eksternal dapat membaca lebih cepat. 

Kartu UFS ini dapat membaca sebuah file video yang memiliki ukuran 5 GB dalam waktu 10 detik, hal ini berbeda dengan MicroSD yang lebih membutuhkan waktu yang lama yaitu 50 detik. 

Perbedaan Dari Segi Kecepatan Antara Kartu MicroSD Dan Kartu UFS

Untuk kecepatan read-write antara Kartu MicroSD jika dibandingkan dengan kartu UFS memiliki perbedaan yang begitu jauh. Jika MicroSD mempunyai kecepatan dalam membaca berkisar antara 95 MBps dan juga kecepatan tulisnya antara 90MBps.

Jika dahulu kecepatan segitu sudah mampu untuk membuat kartu tersebut begitu populer tetapi untuk saat ini akan membuat bottleneck yang akan berpengaruh pada performa perangkatnya secara keseluruhan. 

Kartu UFS memiliki kecepatan dalam baca-tulis yang sudah mencapai 170 MBps dan juga 530 MBps. Memiliki perbedaan kecepatan yang sudah hampir tiga kali lipat tersebut pastinya akan lebih meningkatkan dalam performa smartphone secara keseluruhan. Dan manfaatnya akan kamu rasakan pada saat melakukan perekaman sebuah video maupun memotret dalam resolusi yang tinggi. 

Pada kartu MicroSD tercepat sekalipun untuk saat ini pastinya sudah tidak bisa lagi untuk mengatasi kecepatan transfer data yang begitu tinggi tersebut. Kartu UFS ini bisa dijadikan solusi yang baik untuk bisa mengatasi mode perekaman sebuah video dalam resolusi yang sangat tinggi. 

Samsung merupakan perusahaan pertama yang meluncurkan kartu UFS ini dan perusahaan JEDEC yang memberikan standarisasi terhadap kartu UFS telah memberikan kepastian mengenai kompatibilitas untuk berbagai perangkat. Sehingga nantinya kamu tidak perlu dikhawatirkan mengenai kartu eksternal yang memiliki bentuk berbeda-beda. 

Perbedaan Dalam Mengkonsumsi Baterai 

Selain dalam kecepatan mentransfer sebuah data kartu UFS ini juga sudah di pastikan lebih unggul dalam penggunaan baterai yang jauh lebih hemat. 

Jika pada kartu MicroSD akan memerlukan daya berkisar antara 2,9 watt sedangkan pada kartu UFS hanya memerlukan daya sebesar 1,5 watt saja. Jika digunakan dalam smartphone maka akan lebih terasa boros karena ketika dalam masa pemakaian untuk menyimpan sebuah foto, video, musik dalam ukuran yang besar. 

Maka kartu UFS hanya perlu daya sekitar 50% lebih hemat jika kita bandingkan dengan MicroSD yang memang jauh lebih boros dan akan lebih lambat pula. 

Fitur Dan Keunggulan Yang Dimiliki

Pada kartu UFS sudah memakai sebuah teknologi yang baru seperti protokol I/O asinkron, yang memiliki sinyal diferensial yang begitu canggih dan mampu memberikan kinerja yang lebih tinggi, namun begitu mempunyai hemat daya. 

Teknologi pada UFS memang jauh lebih memiliki kecepatan yang tinggi karena dapat memproses berbagai macam tugas secara bersama secara paralel I/O asinkron. Hal tersebut sudah pasti berbeda dengan MicroSD yang masih memakai I/O sinkron. 

Tidak hanya unggul dalam segi kecepatan kartu UFS jauh lebih unggul perihal konsumsi dayanya. Jika pada kartu MicroSD akan memerlukan 3,3 volt untuk tahap awalnya dan 1,8 volt pada saat melakukan operasi. 

Pada kartu UFS hanya akan memerlukan daya 0,2 volt sampai 0,4 volt pada saat kita gunakan. Jika dilihat dari berbagai perbedaan tersebut kemungkinan pada masa mendatang untuk perangkat-perangkat yang baru pastinya akan meninggalkan pengguna kartu MicroSD dan beralih ke kartu UFS. 

Kekurangan Dari Kartu UFS

Walaupun memiliki berbagai kelebihan jika kita bandingkan dengan kartu MicroSD untuk Kartu UFS sendiri pastinya juga memiliki beberapa kekurangan yang diantaranya adalah memiliki harga yang lebih mahal. Maka dari itu kartu ini hanya bisa digunakan pada smartphone untuk kelas menengah ke atas dan sekelas flagship. 

Kelemahan Kartu MicroSD 

1.Permasalahan Dalam Kinerja Handphone

Ada banyak sekali jenis MicroSD yang dapat dipilih dan setiap pilihan akan memiliki performa yang berbeda pula dan yang memiliki kualitas rendah malah akan semakin menurunkan kinerja pada handphone. 

2. Kartu MicroSD Tidak Terbaca

MicroSD memiliki siklus baca-tulis yang begitu terbatas. Pada saat kamu melakukan akses dan memformat sebuah data maka kemampuan dalam kartu memori tersebut akan mengalami pengurangan sehingga nantinya dapat berakibat pada data yang hilang pada saat SD Card tidak bisa dibaca. 

3. Akan Kesulitan Dalam Menemukan Sebuah File

Semakin banyak kamu menggunakan sebuah aplikasi maka akan semakin sulit pula kamu menemukan sebuah file. Hal itu disebabkan karena kamu memiliki dua memori untuk penyimpanan yaitu memori internal dan eksternal. 

4. Pada Saat MicroSD Error Maka Akan Berakibat Hilangnya Password Yang Tersimpan

Pada sebuah MicroSD yang mengalami masalah terutama jika berbagai aplikasi tersimpan di dalamnya, jika nantinya mengalami masalah maka kita akan kehilangan password yang sudah tersimpan sehingga akan berakibat kita harus masuk ulang ke dalam aplikasi. 

5. Akan Kesulitan Pada Saat Berganti Handphone

Ada beberapa kasus jika kamu berganti handphone maka memori yang sudah kamu gunakan tersebut tidak dapat digunakan pada handphone baru milikmu tersebut karena sudah mengalami penyetelan sebagai penyimpanan lokal untuk handphone lama milikmu. 

6. Bisa Mengurangi Performa Dalam Game

Sebuah game pastinya juga akan menghabiskan kapasitas memori milikmu, maka banyak orang yang memilih untuk memindahkan ke MicroSD pada hal nantinya malah akan banyak gangguan, crashing dan juga grafis yang hilang. 

7. Banyak Muncul MicroSD Palsu Yang Malah Merusak Handphone

MicroSD ini mudah sekali dipalsukan di pasaran sehingga lebih memiliki kualitas yang rendah. Hal ini akan berpengaruh pada kinerja handphone dan membuatnya lebih cepat untuk rusak. 

Spesifikasi dari Samsung Galaxy Tab S6 Lite