Ide Pokok Adalah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Ide pokok adalah salah satu materi dalam pelajaran bahasa Indonesia yang selalu ada sejak sekolah dasar hingga sekolah menengah bahkan di perguruan tinggi. Sebenarnya, apa sih istimewanya ide pokok sehingga siswa selalu dituntut untuk mempelajarinya?

Pada artikel kali ini, akan dibahas segala sesuatu tentang ide pokok agar anda lebih mudah memahami apa itu ide pokok. Langsung saja, check this out!

Ide Pokok Adalah: Pengertian Ide Pokok

Ide pokok adalah suatu topik utama yang menjadi pokok yang akan dikembangkan dalam paragraf. Karena akan dikembangkan menjadi paragraf, kalimat dalam ide pokok selalu berupa kalimat umum. Jadi, dalam satu paragraf hanya akan ada satu ide pokok. Secara umum, paragraf dibentuk dari 2 unsur yaitu ide pokok dan ide penjelas.

Jika ide pokok sudah dijelaskan diatas, maka ide penjelas adalah gagasan yang akan menjelaskan ide pokok sehingga berkembang menjadi kalimat. Ide pokok dan ide penjelas tidak akan berada pada satu kalimat.

Untuk menentukan ide pokok suatu paragraf, anda harus mengetahui dulu dimanakah letak dari ide pokoknya. Letak ide pokok selalu berada pada kalimat utama paragraf. Ingat ya, kalimat utama bukan berarti kalimat pertama.

Kalimat utama sendiri bisa berada di awal paragraf (deduktif), di akhir paragraf (induktif) dan campuran. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca pada bagian jenis-jenis ide pokok.

Fungsi Ide Pokok

Ide Pokok Adalah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Fungsi utama dari ide pokok adalah untuk memberikan penjelasan suatu bacaan sehingga pembacanya bisa lebih mudah memahami paragraf yang sedang dibaca. Dengan mengetahui ide pokok, pembaca juga akan lebih mudah menjelaskan kembali inti suatu paragraf karena dengan menentukan ide pokok, anda akan mengetahui ide utama dari suatu paragraf.

Ciri-Ciri Ide Pokok

Meskipun tidak pasti, ide pokok tetap memiliki beberapa ciri yang bisa anda gunakan sebagai acuan untuk menentukan ide pokok. Beberapa diantaranya adalah:

  •   Ditempatkan pada kalimat utama (kalimat utama tidak berarti kalimat pertama)
  •   Memiliki kalimat pendukung atau penjelasan baik setelahnya ataupun sebelumnya
  •   Ada yang mendukung, maksudnya adalah terdapat dukungan penjelasan dan alasan yang menguatkan bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat utama yang mengandung ide pokok
  •   Inti dari sebuah paragraf atau pusat pembahasan suatu paragraf atau apa yang sebenarnya ingin disampaikan penulis kepada pembacanya

Jenis-Jenis Ide Pokok

Sebenarnya, jenis-jenis ide pokok itu tidak ada. Yang ada adalah jenis paragraf yang nantinya akan menentukan dimanakah ide pokok tersebut berada. Mempelajari tentang jenis paragraf akan membuat anda lebih mudah menentukan ide pokok suatu paragraf.

Paragraf sendiri dibedakan menjadi paragraf deduktif, paragraf induktif, paragraf campuran, paragraf narasi, paragraf eksposisi, paragraf persuasi, paragraf argumentasi dan paragraf deskripsi. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

1. Paragraf Deduktif

Paragraf deduktif merupakan paragraf yang terdiri atas kalimat-kalimat yang ide pokoknya ada di awal paragraf. Paragraf deduktif akan dimulai dengan kalimat topik yang menjelaskan keseluruhan paragraf kemudian diikuti dengan kalimat pendukung.

2. Paragraf Induktif

Paragraf induktif merupakan paragraf yang kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Paragraf akan dimulai dengan kalimat-kalimat penjelas kemudian mengerucut ke kalimat utama. Hal ini berarti dalam kalimat induktif, ide pokok berada di kalimat akhir atau akhir paragraf.

3. Paragraf Campuran

Paragraf campuran merupakan gabungan dari paragraf deduktif dan induktif. Ide pokok dalam paragraf campuran akan diletakkan diawal paragraf namun di akhir paragraf akan ditegaskan kembali. Paragraf ini adalah paragraf paling mudah untuk ditentukan ide pokoknya.

4. Paragraf Narasi

Paragraf narasi merupakan paragraf yang berbeda. Mengapa? Karena paragraf narasi tidak memiliki ide pokok. Paragraf narasi tidak memiliki ide pokok karena setiap kalimat dalam paragraf narasi merupakan kalimat penting dan berdiri sendiri.

Paragraf narasi tidak memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas. Semua kalimat dalam paragraf narasi berkedudukan sama.

5. Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi merupakan paragraf yang tujuannya adalah memaparkan, menyampaikan informasi, mengajarkan suatu topik dan menerangkan topik pada pembacanya agar pengetahuan pembaca mengenai suatu topik atau ide pokok akan lebih luas.

6. Paragraf Persuasi

Paragraf persuasi merupakan jenis paragraf yang bertujuan untuk membujuk pembaca untuk melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ditulis oleh penulis. Tidak hanya mengajak secara ngawur, penulis biasanya akan mengungkapkan fakta dan data agar pembaca semakin tertarik untuk melakukan sesuatu itu.

7. Paragraf Argumentasi

Paragraf argumentasi merupakan jenis paragraf yang mengungkapkan ide, gagasan atau pendapat pribadi penulis dengan banyak fakta dan bukti yang menjelaskan bahwa argumentasi penulis itu benar dan terbukti.

8. Paragraf Deskripsi

Terakhir ada paragraf deskripsi. Paragraf deskripsi adalah paragraf yang berisi tentang penggambaran suatu objek, tempat atau peristiwa secara rinci dan jelas sehingga pembaca akan merasa dirinya bisa melihat atau merasakan sendiri sensai objek, tempat atau peristiwa tersebut.

Istilah Lain Ide Pokok

Ide Pokok Adalah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Tidak melulu disebut dengan ide pokok, ide pokok juga sering disebut dengan istilah lain seperti dibawah ini:

  1.   Gagasan utama
  2.   Gagasan pokok
  3.   Pokok pikiran
  4.   Pokok masalah
  5.   Pikiran utama
  6.   Inti paragraf
  7.   Ini masalah
  8.   Masalah utama
  9.   Tema
  10. Topik
  11. Simpulan

Semua istilah diatas adalah sama, yaitu bermasus ide pokok. Jadi, ketika anda mendapatkan soal atau pembahasan mengenai gagasan utama atau lainnya, intinya adalah sama, anda akan diminta untuk menentukan ide pokok bacaan.

Cara Menentukan Ide Pokok

Terdapat berbagai cara mudah untuk menentukan ide pokok. Namun sebagai pegangan, anda bisa menentukan ide pokok menggunakan 5 langkah berikut ini:

  •   Bacalah seluruh paragraf dengan cermat. Jika anda sudah pandai membaca cepat, hal itu akan sangat membantu
  •   Cermati kalimat pertama hingga kalimat terakhir dan cobalah identifikasi manakah kalimat utama dan kalimat penjelas dalam paragraf tersebut
  •   Baca kalimat demi kalimat dan amati hingga anda menemukan ide pokoknya. Terutama, perhatikan kalimat awal, kalimat akhir atau keduanya
  •   Tandai ide pokok yang telah anda temukan di setiap paragraf
  •   Tandai info penting lainnya jika bisa menggunakan tanda yang berbeda.

Contoh Ide Pokok dalam Paragraf

Ide Pokok Adalah: Pengertian, Ciri dan Contohnya

Nah setelah membaca seluruh penjelasan mengenai ide pokok diatas, sekarang saatnya anda mengaplikasikan ilmu tersebut kedalam contoh soal. Berikut akan disajikan beberapa contoh paragraf yang akan dianalisis dimana letak ide pokoknya. Check this out!

1. Contoh Pertama

“Bekerja di perusahaan startup yang akhir-akhir ini digandrungi anak muda ternyata memiliki banyak kelebihan. Kelebihan pertama, anda akan mempunyai kesempatan untuk membangun perusahaan mulai dari rintisan awal atau mulai dari nol.

Kelebihan kedua adalah anda bisa bekerja multitasking dalam berbagai posisi yang sedang dibutuhkan perusahaan. Hal ini akan membuat anda belajar banyak hal dan skill anda akan semakin terasah.”

Paragraf diatas adalah paragraf deduktif yang mana kalimat utamanya berada di awal paragraf. Kalimat pertama dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat kedua hingga keempat merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Bekerja di perusahaan startup yang akhir-akhir ini digandrungi anak muda ternyata memiliki banyak kelebihan

Ide pokok : Kelebihan bekerja di perusahaan startup

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan mengapa bekerja di perusahaan startup memiliki kelebihan.

2. Contoh Kedua

“Narkoba yang disalahgunakan menyebabkan banyak dampak negatif bagi penggunanya. Salah satu akibat dari penyalahgunaan narkoba adalah terjadinya gangguan mental. Pengguna narkoba akan mengalami halusinasi yang membuatnya tampak seperti orang hilang akal.

Narkoba juga bisa memicu perbuatan tidak diinginkan yang merugikan baik bagi pengguna itu sendiri maupun bagi orang lain disekitar pengguna.”

Paragraf kedua diatas adalah paragraf deduktif yang mana kalimat utamanya berada di awal paragraf. Kalimat pertama dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat kedua hingga keempat merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Narkoba yang disalahgunakan menyebabkan banyak dampak negatif bagi penggunanya

Ide pokok : Dampak negatif penyalahgunaan narkoba

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan tentang dampak negatif dari penyalahgunaan narkoba.

3. Contoh Ketiga

“Kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelalaian kerja masih banyak terjadi di Indonesia. Dilihat dari data tahun 2016, telah ada 15 korban meninggal yang disebabkan oleh kecelakaan kerja. Korban kebanyakan merupakan pekerja industri meskipun ada beberapa warga sipil juga.

Kecelakaan-kecelakaan tersebut paling banyak disebabkan oleh korsleting listrik, rubuhnya bangunan dan kesalahan pengoperasian alat berat. Kecelakaan kerja ini menunjukkan masih buruknya pengendalian keamanan kerja di Indonesia.”

Paragraf ketiga diatas adalah paragraf deduktif yang mana kalimat utamanya berada di awal paragraf. Kalimat pertama dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat kedua hingga kelima merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelalaian kerja masih banyak terjadi di Indonesia.

Ide pokok : Kecelakaan kerja karena kelalaian kerja

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan tentang kecelakaan kerja yang disebabkan oleh kelalaian kerja.

4. Contoh Keempat

“Segala sesuatu yang dilakukan secara berlebihan itu tidak baik, termasuk tentang makanan. Terlalu banyak makan apalagi jika makanannya tidak sehat, bisa menyebabkan banyak penyakit. Penyakit yang bisa muncul ketika anda kelebihan makan adalah obesitas, stroke, serangan jantung, kolesterol dan masih banyak lagi.

Belum lagi tubuh anda yang akan menimbun lemak dan membuat anda gendut. Oleh sebab itu, anda harus makan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda, tidak lebih dan tidak kurang agar tubuh anda selalu sehat dalam jangka panjang”

Paragraf keempat diatas adalah paragraf induktif yang mana kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat pertama hingga keempat merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Oleh sebab itu, anda harus makan sesuai dengan kebutuhan tubuh anda, tidak lebih dan tidak kurang agar tubuh anda selalu sehat dalam jangka panjang.

Ide pokok : Makan sesuai kebutuhan tubuh untuk menjaga kesehatan

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan tentang masalah kesehatan jika makan berlebihan.

5. Contoh Kelima

“Masakan ini adalah masakan yang terbuat dari nangka muda. Diolah menggunakan bumbu-bumbu khas dan santan, masakan ini selalu menjadi favorit baik turis lokal maupun turis mancanegara.untuk melengkapi, masakan ini biasanya disajikan bersama nasi putih, krecek, sambal opor ayam atau telur.

Ada juga tempe dan tahu bacem yang membuatnya makin nikmat. Masakan tersebut adalah gudeg, masakan khas Jogja.”

Paragraf kelima diatas adalah paragraf deskriptif induktif yang mana kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat pertama hingga keempat merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Masakan tersebut adalah gudeg, masakan khas Jogja

Ide pokok : Kenikmatan Gudeg

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan tentang masakan khas Jogja yaitu Gudeg.

6. Contoh Keenam

“Persaingan kerja diera global saat ini semakin kompetitif dan menuntut calon pekerja untuk bisa banyak skill. Salah satu skill penting yang harus dimiliki calon pekerja adalah skill berbahasa Inggris. Seorang calon pekerja yang memiliki skill berbahasa inggris akan lebih dicari oleh perusahaan.

Kenapa? Karena skill bahasa inggris bisa membuka komunikasi menjadi lebih luas ke kancah internasional. Itulah alasan mengapa skill berbahasa inggris penting untuk menambah nilai para calon pekerja”

Paragraf keenam diatas adalah paragraf induktif yang mana kalimat utamanya berada di akhir paragraf. Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut adalah kalimat utama sedangkan kalimat pertama hingga kelima merupakan kalimat penjelas. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Itulah alasan mengapa skill berbahasa inggris penting untuk menambah nilai para calon pekerja

Ide pokok : Pentingnya skill bahasa Inggris bagi pencari kerja

Penjelasan: Keseluruhan paragraf adalah penjelasan tentang pentingnya skill bahasa inggris bagi pencari kerja.

7. Contoh Ketujuh

“Keberadaan pasar tradisional akhir-akhir ini mulai terancam karena kalah bersaing dengan pasar modern. Masyarakat milenial sekarang lebih menyukai berbelanja di supermarket besar dan toko online. Padahal jika dari segi harga, pasar tradisional masih jauh lebih murah dibandingkan supermarket dan toko online.

Alasan lain yang membuat milenial lebih suka berbelanja di supermarket dan toko online adalah tempatnya yang lebih bersih, terawat dan tertata dibandingkan pasar tradisional. Hal ini tentu disayangkan karena pedagang kecil nasibnya terancam dan menanggung kerugian yang besar.

Disini pemerintah harus mengambil tindakan berupa pembatasan izin supermarket. Selain itu, pemerintah juga harus mulai membenahi tata letak dan tempat pasar tradisional agar lebih nyaman digunakan berbelanja sehingga masyarakat akan dengan senang hati pergi ke pasar tradisional. Dengan begitu, keberadaan pasar modern tidak lagi menjadi ancaman bagi pasar tradisional”

Paragraf ketujuh diatas adalah contoh paragraf campuran yang mana kalimat utamanya berada di awal paragraf dan memiliki kalimat penegas di akhir paragraf. Kalimat penjelasnya berada di tengah tengah dan menjelaskan keseluruhan ide pokok. Lantas manakah ide pokok paragraf diatas?

Kalimat utama : Keberadaan pasar tradisional akhir-akhir ini mulai terancam karena kalah bersaing dengan pasar modern

Kalimat Penegas: Dengan begitu, keberadaan pasar modern tidak lagi menjadi ancaman bagi pasar tradisional

Ide pokok : Terancamnya keberadaan pasar tradisional

Penjelasan: Keseluruhan paragraf menjelaskan terancamnya keberadaan pasar tradisional karena adanya pasar modern seperti supermarket dan toko online.

Nah itulah tadi penjelasan lengkap mengenai ide pokok mulai dari pengertian, ciri-ciri, fungsi, cara menentukannya hingga contoh contohnya.

Semoga penjelasan diatas dapat anda jadikan gambaran untuk mempelajari ide pokok ya. Menemukan ide pokok mungkin sulit namun jika anda mempelajarinya dengan seksama anda bisa dengan mudah menemukannya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!

Mengenal Varian Cabang dan Ilmu Astronomi Beserta Manfaatnya