9 Hal Yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal

9 Hal Yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal – Kita semua seharusnya tahu bahwa ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang sangat penting dan mempunyai peran vital.

Untuk menjaga kesehatan dalam tubuh kita. Namun jika kondisi ginjal terganggu, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan. Oleh karena itu, menjaga ginjal adalah hal yang paling baik agar kondisi tubuh tetap stabil dan itu merupakan suatu keharusan. Bagaimana kita bisa menjaga ginjal agar tetap sehat, salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola hidup yang baik dan menghindari hal-hal yang mampu merusak ginjal, berikut adalah ulasan yang dapat avandaalvin.com sajikan.

9 Hal yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal

9 Hal yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal

Hal-Hal yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal

Beberapa hal yang dapat menggangu fungsi ginjal dan dampak buruk yang terjadi terhadap kinerja Ginjal, yaitu:

  1. Alkohol

Alkohol adalah minuman keras yang dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh terutama sirkulasi darah yang memompa jantung dan fungsi hati. Bukan hanya itu dampak buruk Alkohol juga dapat merusak ginjal.

  1. Rokok

Rokok juga salah salah penyebab buruk rusaknya ginjal. Perokok Aktif ataupun Pasif dapat mengganggu sirkulasi darah yang menghambat beberapa organ, Jika hal tersebut sudah terjadi maka fungsi ginjal juga akan bermasalah.

  1. Manahan Buang Air Kecil

Hal yang dapat menggangu fungsi ginjal selanjutnya adalah menahan buang air kecil. Kebiasaan menahan buang air kecil juga dapat mengganggu fungsi ginjal. Menahan buang air kecil dalam kurun waktu yang cukup lama bisa membuat kantong kemih tertekan dan dampak buruk tersebut akan langsung mengganggu kinerja ginjal.

  1. Kurangnya Minum Air

Kinerja ginjal membutuhkan asupan air yang banyak, dan dalam hal ini meminum air adalah keharusan yang paling penting. Selain dapat membantu membuang racun dalam tubuh, meminum air yang banyak juga sangat membantu kestabilitas tubuh. Kurangnya meminum air akan memberikan dampak yang buruk dengan penumpukan racun dalam darah dan jelas sekali hal ini akan sangat mengganggu kinerja pada ginjal.

  1. Kurang aktifitas

Kurang aktifitas juga dapat menyebabkan gangguan pada ginjal. Seseorang yang kurang dalam beraktifitas akan lebih beresiko mengalami gagal ginjal daripada orang-orang yang berolahragal. Selain sangat bagus untuk kesehatan, olahraga juga cukup untuk mengurangi terjadinya gagal ginjal hingga 30%.

  1. kurang istirahat(tidur)

Dalam hal ini seseorang yang kurang istirahat atau kurang tidur jelas akan sangat mengganggu peredaran darah dalam tubuh dan kinerja organ. Dampak gangguan kesehatan akan lebih terlihat jelas bagi seseorang yang kurang tidur.  Untuk dari itu pastikan anda mendapatkan waktu untuk istirahat(tidur) yang cukup agar bisa menjaga kondisi tubuh lebih baik.

  1. Kekurangan Vitamin atau Kelebihan Vitamin

Vitamin memang sangat dibutuhkan oleh tubuh, orang yang kekurangan vitamin tentu akan beresiko mengalami masalah ginjal. Bisa disebutkan seseorang yang kekurangan vitamin B6, makan akan lebih berpotensi terhadap batu ginjal. Namun kelebihan vitamin juga tidak diperbolehkan, karena hal tersebut akan memberikan dampak kerja extra kepada ginjal. Untuk itu anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi pola makan yang sehat.

  1. Kekurangan Mineral

Hal yang dapat menggangu fungsi ginjal berikutnya adalah kekurangan mineral. Hal ini hampir sama dengan kekurangan minum air. Jika tubuh telah kekurangan maganesium maka tubuh sudah tidak mampu untuk menyerab kalsium dengan baik. Jika Kalsium sudah tidak mampu menyerab dengan dengan baik maka hal ini yang akan menyebabkan terjadinya gagal ginjal. Untuk mengatasi hal seperti ini anda bisa mengkonsumsi sayur-sayuran dan memperbanyak minum air.

  1. Mengkonsumsi obat

Waktu kita sakit memang diterapkan untuk meminum obat dan pihak medis sudah batasan obat-obat yang akan dikonsumsi oleh pasien, Namun jika tidak diikuti aturan maka hal itu juga jelas akan mengganggu fungsi ginjal. Seperti kebiasaan mengkonsumsi obat penenang atau penghilang rasa sakit juga dapat berpengaruh buruk pada ginjal, selain itu kita juga harus mengetahui efek samping dari obat-obat tersebut. Anda disarankan sebaiknya langsung berkonsultan dengan dokter untuk masalah obat yang akan dikonsumsi agar membantu menjaga kesehatan pada ginjal dan tidak mengganggu kinerjanya.

Baca  4 Penyebab Kanker Rahim Yang Jarang Diketahui

Demikian pembahasan mengenai hal-hal yang dapat menggangu fungsi ginjal. Oleh Sebab itu jagalah ginjal anda agar lebih sehat, Mencegah lebih baik daripada mengobati.

9 Hal Yang Dapat Menggangu Fungsi Ginjal | Muhammad Avanda Alvin | 5.0