Google Meet untuk Video Conference, Ini Tips Trik Pakainya

Google Meet untuk Video ConferenceBagi Anda pengguna Google Meet untuk video conference, Google Meet memang menjadi salah satu aplikasi video conference terpopuler saat ini. Hampir semua kalangan sudah menggunakannya tidak hanya kalangan pebisnis saja melainkan juga kalangan mahasiswa yang membutuhkan akses video conference untuk keperluan belajar.

Jika Anda termasuk salah satu pengguna Google Meet, untuk lebih memudahkan aktivitas Anda bersama aplikasi video conference ini pada kesempatan kali ini kami akan bagikan beberapa tips trik pakai Google Meet untuk Anda. So, let’s check these out!

Tips Trik Pakai Google Meet untuk Video Conference

Cara menggunakan Google Meet di masing – masing perangkat

Salah satu keunggulan dari Google Meet untuk video conference adalah aplikasi video conference ini bisa digunakan di berbagai macam platform karena memang tersedia di berbagai macam platform baik itu smartphone android, windows, mac dan iPhone.

Berikut penjelasannya di masing – masing perangkat :

  • Desktop dan laptop : Google Meet di desktop dan laptop dapat diakses dengan menggunakan browser berekstensi Chrome. Google Meet akan memberikan pengguna PC dan Mac cara yang paling mudah untuk mengakses semua layanan yang diberikan. Keuntungan menggunakan Google Meet di desktop dan laptop adalah ketika browser Chrome ditutup, maka panggilan hangouts masih tetap bisa dilanjutkan.
  • Smartphone dan tablet : Google Meet hadir sebagai sebuah aplikasi terbaru bagi pengguna android dan iOS untuk melakukan video conference. Pastikan Anda mengunduh aplikasi di Play Store untuk android dan di Apple Store untuk versi iOS.

For your information, bagi Anda pengguna Google Meet di Mac atau laptop yang tidak memiliki ekstensi browser Chrome dan menggunakan browser lain, Anda bisa mengakses Google Meet melalui situs resminya meet.google.com.

Kumpulan Smart Speaker Dengan Asisten Virtual

Cara menambah peserta video di Google Meets

Tak banyak orang yang tahu bahwa Google Meets memungkinkan bagi setiap pengguna untuk bisa melakukan video conference dalam jumlah yang banyak. Melalui Google Meets Anda bisa melakukan sesi video conference sampai dengan jumlah 25 peserta.

Kemudian kapasitas atau batas jumlah peserta Google Meet ini bisa ditingkatkan ketika Anda berlangganan akun bisnis Google atau G Suite. Dengan berlangganan akun bisnis Google, dengan begitu Anda akan memiliki kapasitas penggunaan Google Meet yang besar sampai kapasitas 250 peserta dan Anda bisa live streaming dalam satu panggilan sampai 100.000 peserta.

Seperti apa langkah – langkah yang bisa dilakukan untuk menambahkan peserta, berikut tata caranya :

  • Pertama – tama Anda buka Google Meet. Nantinya secara langsung Anda akan disajikan pilihan untuk membuat rapat atau untuk bergabung dalam rapat. Untuk membuat rapat Anda bisa langsung klik ‘Join or start a meeting’
  • Kemudian pada layar selanjutnya, Anda dapat mulai mengetik nama panggilan video dan klik ‘Next’
  • Secara otomatis nantinya Anda akan diminta untuk menambahkan peserta lain agar bisa bergabung dalam video. Anda pun dapat mengundang peserta lain dengan cara klik link yang sudah dibuat.

Cara mengubah kualitas video Google Meet untuk video conference

Anda harus tetap ingat bahwa menggunakan video conference dengan aplikasi apapun akan menyedot bandwith atau kuota internet Anda. Jadi jika Anda memiliki koneksi internet lambat atau ingin menghemat kuota maka yang bisa Anda lakukan adalah menurunkan kualitas video.

Tata cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan kualitas video sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda harus memastikan sudah berada dalam panggilan video conference di Google Meet.
  • Setelah Anda sudah berada dalam video conference di Google Meet, klik icon titik tiga untuk membuka pengaturan yang bisa Anda temukan pada bagian halaman ‘Settings’
  • Selanjutnya pilih opsi video
  • Pada bagian pengaturan video, Anda bisa memilih kualitas yang diinginkan dari kualitas standar 360p sampai tinggi 720p
Daftar Laptop Gaming Terbaik Harga 10 Jutaan

Cara menampilkan presentasi di Google Meets

Google Hangouts memungkinkan kepada setiap pengguna untuk menampilkan presentasi atau membagikan layar agar dilihat peserta video conference lainnya. Tutorialnya sebagai berikut :

  • Pertama – tama pastikan bahwa sebelum Anda memuat presentasi Anda sudah siapkan presentasi atau bahan material yang ingin ditampilkan kepada para peserta meeting.
  • Mulai Google Meet setelah itu
  • Ketika Anda beserta rekan kerja sudah berada dalam panggilan video, untuk mulai berbagi layar atau share screen, yang bisa Anda lakukan adalah mengarahkan kursor pada menu ‘Present’
  • Pada menu tersebut akan ada dua pilihan dimana jika Anda hanya ingin menampilkan aplikasi tertentu pilihan yang harus Anda pilih adalah ‘A Window’
  • Akan tetapi jika Anda ingin menampilkan semua tampilan layar, pilih ‘Your entire screen’

Cara merekam video di Google Meet

Anda dapat merekam panggilan video conference yang dilakukan secara langsung dari Google Meet dan kemudian disimpan di Google Drive. Tata cara merekam video di Google Meet sebagai berikut :

  • Pastikan Anda sudah bergabung dengan meeting yang sedang berlangsung
  • Selanjutnya arahkan kursor pada bagian kanan bawah menuju ke icon titik tiga yang merupakan icon more options
  • Pilih ‘record meeting’ untuk memulai rekaman video
  • Untuk menghentikan rekaman, Anda bisa buka menu more dan kemudian pilih stop recording. Hasil rekaman otomatis akan segera tersimpan di Google Drive akun Anda.

Itulah beberapa hal yang ada kaitannya dengan tips trik Google Meet untuk video conference yang perlu Anda tahu dan pahami, khususnya jika Anda merupakan pengguna Google Meet. Jadikan informasi di atas membawa banyak manfaat untuk Anda.