Gaji Youtuber 1.000 Subscriber

2 min read

Gaji Youtuber 1.000 Subscriber

Gaji Youtuber 1.000 subscriber – Berapa sih gaji youtuber 1.000 subscriber? Seorang youtuber yang biasa kita kenal dengan membuat konten berupa video yang di tayangkan pada halaman YouTube miliknya biasanya mendapatkan bayaran dari pengunggahan konten video tersebut, yang bayarannya tentu berbeda antara youtuber pemula dengan youtuber yang sudah memiliki nama besar.

Menjadi seorang youtuber saat ini menjadi profesi yang diincar oleh banyak orang, baik anak kecil, remaja, ataupun orang dewasa, karena bisa menghasilkan pundi-pundi yang lebih besar jika kita konsisten membuat video untuk menarik penonton, setiap minggunya atau bahkan setiap harinya akan lebih bagus jika untuk memperbesar kemungkinan bisa menarik penonton.

Youtuber itu sendiri masing-masing biasanya memiliki ketertarikan dengan topik / bidang yang ia unggah / tekuni, namun ada pula kasus di mana seorang youtuber banting setir dari topik satu ke topik lainnya karena tidak memiliki follower tepat pada bidang sebelumnya.

Gaji Youtuber 1.000 Subscriber

Sejauh ini topik / konten yang biasa dibuat oleh para content creator berupa hal yang berkaitan dengan kecantikan, pendidikan, keuangan, psikologi, misteri, konspirasi, memasak, menjahit, men-design, menyanyi, mendongeng, travelling, ceramah, gaming, motivasi, komedi, film, prank, tanya jawab, tips and trick, binatang, berita, perkembangan teknologi, olahraga, kendaraan, review, hobby, atau sekedar pembagian kegiatan keseharian seorang youtuber dan masih banyak lainnya lagi.

Gaji Youtuber 1.000 subscriber itu berapa sih? Mari kita lihat terlebih dahulu untuk cara perhitungannya sebelum masuk ke pendapatan yang bisa diraih oleh youtuber ini. Untuk dapat memiliki penghasilan dari youtube ini, seseorang youtuber harus memonetisasi kanal youtube miliknya dengan cara mendaftarkan kanalnya melalui AdSense.

AdSense sendiri adalah sebuah program kerjasama periklanan antara media internet dengan google. AdSense adalah program gratis yang dapat digunakan oleh siapa saja untuk mempeoleh uang.

Untuk dapat memiliki atau mendaftar dalam program Adsense, seseorang youtuber harus memiliki minimal 1.000 subscriber / pelanggan dan memiliki sekitar 4.000 jam tayang pada 12 bulan / 1 tahun terakhir.

Gaji Youtuber 1.000 Subscriber

Karena adanya perhitungan Cost Per Mile (CPM) atau biaya per 1.000. Di Amerika Serikat (AS), seorang youtuber dengan 1.000 subscriber bisa mendapatkan 2 USD atau Rp. 29.462 per 1.000 view, namun di Indonesia untuk gaji youtuber 1.000 subscriber saat ini hanya sekitar 0,5 USD atau Rp. 7.365.

Sebagai perbandingan, untuk subscriber 1.000 dengan total tayangan 60.000 (enam puluh ribu) jam tayang, pendapatan yang bisa didapat saat ini sekitar 222.000 s.d. 3,5 juta rupiah.

Sedangkan untuk total akumulasi 1.000.000 jam tayang di US, seorang youtuber bisa mendapatkan sekitar 550 USD atau setara 7.000.000 per bulannya (dengan 1 USD = 13.000).

Sedangkan untuk youtuber yang berasal dari kalangan artis terkenal seperti Ria Ricis, Atta Halilintar, Deddy Corbuzier, dan masih banyak artis lainnya lagi, maka mereka akan lebih mudah lagi untuk mendapatkan pundi-pundi uang dari youtube.

Berikut penjabaran menurut Social Blade, untuk Atta Halilintar yang memiliki 20 juta subscribers, akan meraup pendapatan 16,2 ribu USD hingga 259,6 ribu USD per bulan dari kanal Youtube miliknya.

Dan jika dikonversikan ke dalam mata uang rupiah, maka pendapatan Atta bisa mencapai sekiar Rp 228 jutaan hingga Rp 3,6 miliar per bulan. Hmn sangat menarik sekali ya dalam sebulan pendapatan yang bisa didapat mencapai miliaran rupiah.

Selain itu, pundi-pundi yang bisa dihasilkan dari youtube adalah dengan cara melalui iklan yang ditampilkan di dalam konten tersebut. Iklan ini dapat anda sesuaikan dengan nuansa konten yang anda unggah ataupun tidak.

Misalnya konten anda memasak namun mengiklankan suatu perusahaan otomotif/merk mobil terbaru, maka akan kurang mengikat konsumen untuk dapat meng-klik iklan tersebut.

Gaji Youtuber 1.000 Subscriber

Lain hal nya jika youtube anda berisi atau yang berkaitan dengan kendaraan, otomotif, mesin, dan semacamnya, dan anda menayangkan iklan kendaraan keren dengan jenis baru keluaran tahun ini, maka itu akan lebih bisa menghasilkan uang dari penonton yang tertarik untuk meng-klik iklan kendaraan yang anda tampilkan tersebut.

Jika memang anda tertarik untuk memiliki kanal youtube sendiri dan berminat untuk dapat memiliki penghasilan yang besar dari youtube ini, maka anda wajib sekali untuk mencari tahu tips dan trik bagaimana caranya untuk dapat mencapai target penonton yang besar seperti itu.

Bagaimana strategi yang cocok dan pengembangannya serta konten apa yang sesuai dan konsisten yang bisa anda geluti, tentu ini didukung juga dengan alat teknis yang baik dan editing yang bagus untuk mempertahankan penonton stay di kanal youtube milik anda, mengikuti dan berinteraksi dengan anda, bukan yang sekali lihat lalu selesai. Tugas terbesarnya bagaimana cara mempertahankan pelanggan untuk ‘beli lagi’.

  Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?