Ketahui Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari

3 min read

Ketahui Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari

Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari – Siapa yang tidak ingin bekerja di sebuah perusahaan maskapai penerbangan? Dapat dikatakan bahwa hal tersebut adalah impian banyak orang. Terlebih, perusahaan maskapai penerbangan tersebut menawarkan gaji serta fasilitas yang cukup tinggi. Tidak terkecuali seperti gaji tukang parkir pesawat perhari.

Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari?

Pada dasarnya, menjadi seorang juru parkir pesawat saat ini memang belum terlalu dikenal oleh banyak orang di Indonesia. Profesi ini sendiri disebut dengan nama marshaller pada dunia penerbangan. Bagi yang belum mengetahuinya tentu akan terdengar cukup asing dibandingkan profesi lainnya yang ada di dunia penerbangan.

Meski memiliki gaji yang terbilang cukup besar, menjadi seorang tukang parkir pesawat juga perlu menghadapi tuntutan kerja tertentu.

Oleh karena itu, diperlukan ekstra kehati-hatian serta perlu bekerja dengan cepat dan tepat. Gaji yang diperoleh tersebut juga sebanding dengan risiko yang bisa dihadapi. Terlebih apabila tukang parkir tersebut mengalami kesalahan.

Lantas berapakah besaran gaji tukang parkir pesawat per harinya? Menurut informasi yang tersedia, gaji tersebut dapat mencapai 600 juta per tahunnya. Tentu saja gaji tersebut nominalnya dapat lebih besar dari pada gaji PNS sekalipun.

Ketahui Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari

Baik itu PNS golongan 2A atau 3A. Hanya saja, besaran gaji yang diterima juga tergantung dengan pengalaman yang dimiliki oleh marshaller tersebut.

Bagi mereka yang masih tergolong sebagai tukang parkir pemula, tentu tidak mungkin mendapatkan gaji sebesar itu. Pasalnya, akan ada proses sampai besaran nominal gaji dapat bertambah. Hal tersebut dilakukan berdasarkan pengalaman serta cara bekerja tukang parkir itu sendiri. Di bawah ini rincian gaji yang bisa Anda ketahui:

Jabatan/Posisi

Kisaran Gaji Per Bulan

Kisaran Gaji Per Hari

Tukang parkir pesawat/marshallerRp. 5.000.000- Rp. 6.000.000Rp. 167.000- Rp. 200.000

Itulah rincian mengenai gaji seorang marshaller yang bisa Anda ketahui. Tentu saja, dibalik besarnya gaji tersebut terdapat beberapa syarat yang perlu dipenuhi saat ingin mendaftar menjadi seorang tukang parkir pesawat. Apa saja syarat tersebut? Ketahui pada penjelasan di bawah ini.

Syarat Menjadi Seorang Tukang Parkir Pesawat

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat menjadi seorang tukang parkir pesawat maka akan memperoleh pekerjaan yang menguntungkan. Memilih pekerjaan ini sendiri perlu dilakukan dengan baik. Pasalnya, tetap ada syarat-syarat yang perlu dipenuhi saat ingin mendaftar menjadi tukang parkir pesawat. Berikut diantaranya:

  • Pria maupun wanita

Bagi Anda pria maupun wanita yang ingin menjadi marshaller atau tukang parkir pesawat maka tidak perlu berkecil hati. Pasalnya, perusahaan maskapai penerbangan membuka peluang bagi pria maupun wanita yang ingin menjadi seorang juru parkir pesawat. 

Hal ini berarti baik pria maupun wanita memiliki kesempatan yang sama saat ingin mendaftarkan diri pada profesi tersebut. Saat ini sendiri sudah ada banyak tukang parkir pesawat yang memiliki jenis kelamin wanita. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencobanya.

  • Tinggi badan minimal

Bagi pria maupun wanita yang ingin mendaftar sebagai marshaller juga perlu memenuhi syarat tinggi badan minimal. Hal ini sangat penting untuk diketahui pasalnya setiap profesi tentu memiliki syarat tinggi badan minimal yang berbeda satu sama lain.

Ketahui Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari

Untuk profesi marshaller sendiri bagi pria adalah minimal 165 cm. Sementara bagi seorang wanita adalah minimalnya 157 cm. Oleh karena itu, apabila Anda memiliki tinggi badan yang kurang dari angka tersebut maka tentu akan semakin kecil peluang lolos saat mendaftarkan diri.

  • Pendidikan minimal

Selain terdapat syarat mengenai tinggi badan, terdapat pula syarat lain yang perlu dipenuhi seperti pendidikan minimal.

Pendidikan minimal yang harus ditempuh bagi seorang marshaller baik pria maupun wanita adalah SMA/SMK sederajat. Hal ini berarti, bagi Anda yang merasa lulusan SMA maka masih memiliki kesempatan untuk menjadi tukang parkir pesawat.

  • Usia minimal dan maksimal

Syarat lainnya adalah batasan usia minimal serta maksimal yang perlu dipenuhi. Syarat usia minimal pada umumnya adalah 18 tahun, sementara usia maksimal adalah 35 tahun. Tentu saja syarat batasan usia minimal dan maksimal ini sendiri tergantung dari kebijakan masing-masing penerbangan yang ada.

  • Berat badan ideal

Seorang juru parkir pesawat juga perlu memiliki berat badan yang cukup ideal. Berat badan ideal tersebut didapatkan melalui kalkulator body mass index. Lebih tepatnya yakni dengan metode perbandingan berat serta tinggi tubuh seseorang.

Selain itu, seseorang yang ingin menjadi marshaller juga perlu memiliki tubuh yang sehat baik jasmani maupun rohani. Mereka juga perlu memiliki penampilan yang menarik serta berkepribadian baik.

  • Syarat lainnya

Terdapat pula beberapa syarat lain yang perlu diperhatikan terutama saat ingin mendaftarkan diri menjadi tukang parkir pesawat. Hal ini tidak lain karena syarat tersebut tidak kalah pentingnya seperti syarat yang sudah disebutkan di atas.

Syarat lain tersebut diantaranya tidak buta warna, tidak hepatitis, belum menikah, dapat berkomunikasi dengan baik, serta memiliki kemampuan dalam menangani pelanggan dengan baik.

Apakah Anda merasa memiliki semua syarat yang sudah disebutkan di atas? Jika iya, maka tidak perlu ragu lagi untuk segera mendaftarkan diri menjadi seorang tukang parkir pesawat. Terlebih bagi Anda yang memiliki cita-cita ingin menjadi seorang marshaller. Tidak ada salahnya untuk mendaftarkan diri dari sekarang.

Beberapa Hal yang Perlu Dipahami oleh Marshaller

Ketahui Berapa Gaji Tukang Parkir Pesawat Per Hari

Selain memenuhi beberapa persyaratan tertentu, ada banyak hal lain yang tentu perlu dipahami oleh seorang marshaller. Hal tersebut agar nantinya dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri pada profesi tersebut. Berikut beberapa hal yang perlu dipahami tersebut:

  • Mengatur keadaan lintasan

Seorang marshaller akan dituntut dalam kemampuannya mengatur keadaan sebuah lintasan pesawat. Hal tersebut merupakan hal utama yang wajib untuk dipahami. Mengatur lintasan tersebut adalah seperti saat pesawat melakukan take off, landing, maupun parkir.

Beberapa hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik sehingga proses parkir pesawat dapat lancar serta lebih mudah dilakukan. Jika tidak, maka tentu akan ada gangguan atau masalah lain yang bisa ditimbulkan.

  • Memberikan isyarat

Seorang marshaller juga perlu memahami bagaimana cara dalam memberikan sebuah isyarat. Poin ini tidak boleh dilupakan karena juga menjadi hal yang sangat utama saat seseorang menjadi tukang parkir pesawat.

Memberikan isyarat dengan tepat dan benar juga termasuk sebagai tugas tukang parkir itu sendiri. Lebih tepatnya adalah dnegan memberikan isyarat visual antara personel yang ada di landasan pesawat.

  • Memakai peralatan saat bertugas

Selanjutnya, seorang tukang parkir pesawat juga pasti akan dilengkapi dengan beberapa atribut ataupun peralatan khusus yang wajib untuk dikenakan. Hal ini menjadi bagian serta perlindungan diri dan keamanan bagi seorang marshaller.

Beberapa peralatan saat bertugas yang perlu dikenakan tersebut seperti penutup telinga, rompi keselamatan, helm keselamatan, sarung tangan, serta yang paling utama adalah tongkat marshalling itu sendiri.

Dibalik besarnya nominal gaji tukang parkir pesawat perhari yang bisa diperoleh, tentu terdapat pula beberapa tuntutan penting yang perlu diperhatikan. Untuk itu, Anda perlu bersungguh-sungguh saat ingin mendaftar pada profesi tersebut agar nantinya pekerjaan sebagai seorang marshaller dapat dilakukan dengan maksimal.

  Gaji Kepala Desa