Pekerjaan, Tugas dan Gaji Supervisor Berdasarkan Kategorinya

Gaji Supervisor – Menjadi seorang supervisor mungkin menjadi jabatan yang didambakan oleh banyak orang. Salah satu alasan yang mungkin banyak dikemukakan adalah gaji supervisor yang banyak yang menganggapnya lebih besar dibandingkan jabatan di bawahnya.

Selain itu, supervisor juga dianggap menjadi salah satu posisi terpandang dan penting pada sebuah perusahaan.

Besaran gaji seorang supervisor sebenarnya juga cukup lumayan besar. Akan tetapi, memang kembali lagi kepada apa jenis pekerjaan dan di mana lokasi pekerjaan supervisor ini, yaitu apabila semakin besar perusahaan tempatnya bekerja, biasanya gajinya juga akan semakin besar. 

Contohnya sekarang supervisor di minimarket dan perusahaan negara, biasanya memiliki besaran yang berbeda juga. Jadi janganlah menyimpulkan bahwa gaji supervisor sama antara satu pekerjaan dengan lainnya. 

Tugas seorang supervisor adalah mengawasi dan memantau sejumlah karyawan yang menjadi tanggung jawabnya. Dia harus memastikan bahwa para pegawai melakukan pekerjaannya sesuai dengan aturan dan SOP.

Karena tanggung jawabnya dalam, mengawasi sejumlah orang, maka gajinya juga pasti akan lebih besar dibandingkan dengan para bawahannya tersebut.

Tugas Supervisor

Pekerjaan, Tugas dan Gaji Supervisor Berdasarkan Kategorinya

Sebelum mengetahui berapa besar gaji supervisor, penting juga untuk paham apa saja tugas secara umum seorang supervisor ini. Informasi tersebut perlu Anda pahami terutama bagi yang ingin melamar pekerjaan di posisi tersebut. Adapun tugasnya adalah sebagai berikut: 

Tugas Umum Supervisor

Seorang supervisor mempunyai tugas umum yaitu bertanggung jawab terhadap apa yang seharusnya dijalankan. Entah itu posisinya adalah supervisor sales, supervisor produksi, supervisor call center, dan lain-lain. Berikut ini tugas umum posisi tersebut:

  • Menjelaskan Deskripsi Kerja Kepada Tim Yang Dipimpinnya

Saat seorang manajer memberikan arahan kerja, selanjutnya supervisor harus menjelaskannya kembali kepada tim yang menjadi bawahannya. Ada beberapa hal yang harus dipastikan oleh supervisor ini memastikan seluruh tim memahami apa yang menjadi tugasnya.

Selanjutnya, dia juga harus membagi pekerjaan kepada para timnya dan memastikan tidak ada yang tidak mendapatkan pekerjaan.

Dalam poin tersebut, seorang supervisor akan melakukan hal-hal berikut. Pertama, adalah membuat perencanaan jangka pendek dan bisa diaplikasikan untuk tim dalam mengerjakannya. Selanjutnya, adalah menyusun strategi serta trik agar disampaikan kepada tim supaya pekerjaan dapat diselesaikan lebih efektif.

  • Memotivasi Seluruh Tim Supaya Semangat Bekerja

Seringkali, menjelaskan saja tidaklah cukup agar tim bekerja dengan maksimal. Seorang supervisor yang bagus juga harus bisa mendorong semua bawahannya agar mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam membangun perusahaan. 

Motivasi ini akan berdampak positif pada para bawahannya. Mereka akan memiliki sejumlah sikap positif seperti mood yang bagus, fokus terhadap target perusahaan, optimis untuk mencapai target tersebut, hasil pekerjaan yang berkualitas dan tidak mudah bosan saat bekerja. Dengan begitu, produktivitas karyawan bisa menjadi maksimal.

  • Memberikan Arahan Secara Berkala

Saat akan memulai pekerjaan, mungkin dimakan menghadapi hal baru yang di luar perkiraan. Masalah semacam ini bisa diatasi jika arahan diberikan oleh supervisor. Tujuan arahan ini supaya pekerjaan yang dilakukan selalu pada jalurnya.

Beberapa hal yang dilakukan untuk membuat arahan ini yaitu dengan mengatur jadwal koordinasi, melakukan briefing pekerjaan sebelum dimulai, mengamati hal yang biasanya membuat tim kesulitan untuk menyelesaikannya. Sebenarnya, ada banyak peran supervisor yang sangat penting.

Beberapa tugas tersebut mulai dari melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kinerja, membantu tim dalam menyelesaikan segala persoalan di lapangan, menegakkan aturan di perusahaan, serta bertanggung jawab kepada atasan atau manajer.

Dengan begitu banyak tanggung jawab tersebut lalu bagaimanakah dengan gaji supervisor pada berbagai posisi sekarang?.

Berapa Gaji Supervisor Di Indonesia

Pekerjaan, Tugas dan Gaji Supervisor Berdasarkan Kategorinya

Di Indonesia sendiri, hampir bisa dipastikan semua pekerjaan yang ada akan memiliki supervisor. Ada beberapa jenis kategori penghasilan supervisor yang ada di Indonesia sekarang ini.

  • Gaji Supervisor Berdasarkan Daerahnya

Pada sebuah website portal pekerjaan, terringkas beberapa kisaran gaji supervisor berdasarkan dari daerahnya. Berikut ini adalah tabel penghasilan supervisor berdasarkan wilayah kerja. 

No Nama Daerah Gaji supervisor (Rp)
1 Jakarta 5.918.989
2 Bekasi 5.515.961
3 Bogor 5.340.797
4 Bandung 4.923.654
5 Surabaya 4.867.007
  • Gaji Supervisor Berdasarkan Tempat Kerjanya

Dari sudut pandang tempat pekerjaannya, gaji supervisor juga bervariasi tergantung dari perusahaan. Berikut ini tabel gaji supervisor dilihat dari di mana tempat kerjanya.

No Nama Jabatan Gaji (Rp)
1 Supervisor pasar swalayan  5-7 juta
2 Supervisor supermarket 5-10 juta
3 Supervisor industri perhotelan  3-7 juta
4 Supervisor perusahaan pemerintah  8-15 juta
5 Supervisor PT Indofood Sukses  9 – ke atas
  • Gaji Supervisor Dilihat Dari Jenis Industrinya

Dari jenis industrinya, gaji seseorang memang berbeda-beda juga. Semakin berat jenis industri tersebut gajinya juga akan semakin besar. Berikut ini adalah beberapa gaji supervisor yang dilihat dari jenis industrinya.

No Jenis Industri Gaji (Rp)
1 Perusahaan asuransi 5-6 juta
2 Industri ecommerce 12-15 juta
3 Industri manufaktur 6-10 juta
4 Industri FMCG  11-15 juta
5 Industri gudang dan logistik 7-17 juta
6 Perusahaan gas dan minyak 8-11 juta

Nominal angka di atas, sifatnya hanya berupa gambaran saja. Pada prakteknya, di antara 1 perusahaan dengan perusahaan lainnya meskipun pada bidang yang sama, bisa jadi akan memberikan kisaran gaji yang berbeda.

Pada umumnya, hal tersebut tergantung pada lama bekerja supervisor tersebut dan juga bagaimana prestasi atau kemampuannya. 

Skill  Penting Seorang Supervisor

Pekerjaan, Tugas dan Gaji Supervisor Berdasarkan Kategorinya

Untuk Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai supervisor, harus memiliki sejumlah skill yang penting. Beberapa kemampuan tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Skill Interpersonal

Seorang supervisor harus dapat memberikan pengaruh yang positif untuk para bawahannya. Mau tidak mau, dia harus memiliki skill interpersonal. Artinya, seorang supervisor harus mampu membina hubungan baik dengan banyak orang. Pekerjaannya akan lebih mudah kedepannya apabila dihormati dan disegani oleh bawahan.

  • Kemampuan Dalam Memimpin

Skill yang harus dimiliki yaitu kepemimpinan berupa kemampuan dalam memberikan instruksi dan arahan. Akan tetapi, tidak hanya asal tunjuk orang dan menyuruh saja. Lebih dari itu, bawahannya akan bisa benar-benar terserah dan bersemangat dalam bekerja.

  • Sabar Dan Tidak Mudah Terpancing Emosi

Kemampuan lainnya sebagai seorang supervisor yang penting untuk dimiliki yaitu kemampuan dalam mengendalikan emosi.

Setiap bawahannya apa itu pasti pernah melakukan kesalahan dan jangan sampai itu menyulut emosi sehingga melakukan perbuatan atau perkataan yang tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang atasan. 

  • Punya Kemampuan Lainnya

Selain kemampuan tersebut, Seorang supervisor juga harus memiliki skill tambahan lain. Kemampuannya dalam problem solving dalam memecahkan masalah bersama tim harus dimiliki. Disamping itu, dia harus mempunyai kemampuan komunikasi, manajemen konflik, toleransi, juga kemampuan melakukan administrasi dengan rapi.

Jadi, demikianlah informasi tentang berapa kisaran gaji supervisor berdasarkan sejumlah kategori. Dengan tugasnya yang cukup berat, tidak mengherankan jika gaji yang diberikan oleh perusahaan semestinya sesuai. Jika Anda memang layak dan memenuhi kualifikasi untuk melamar posisi ini, tentunya jangan melewatkan kesempatan tersebut.

Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021