Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021

3 min read

Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021

Gaji Staff Bandara – Kamu sedang mencari pekerjaan? Pernah mendengar tentang staff bandara? Pekerjaan itu merupakan salah satu profesi dambaan banyak orang.

Tingginya minat itu kemudian membuat banyak perusahaan maskapai terus menerus berusaha meningkatkan kualitas pelayanan. Tidak heran bila kemudian staff bandara gajinya bisa sampai di atas 10 juta Rupiah.

Nominal itu boleh terbilang cukup besar. Jadi, buat kamu yang penasaran dengan jumlah gaji staff bandara dan bagaimana cara menjadi staff bandara, artikel ini cocok buatmu.

Rincian Gaji Staff Bandara 2021

Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021

Siap-siap tercengang! Berikut gaji staff bandara terbaru tahun 2021:

JabatanGaji / Bulan
Kepala DepartemenRp. 54.000.000,-
ManajerRp. 32.000.000,-
Flight Operation Officer (FOO)Rp. 20.000.000,-
Staff PenerbanganRp 19.000.000,-
Aviation SecurityRp. 15.000.000,-
Bisnis AnalisisRp. 12.000.000,-
Marketing PenerbanganRp. 10.000.000,-
TeknisiRp. 7.000.000,-
Staf AdministrasiRp. 9.000.000,-
Staf Layanan KebersihanRp. 5.000.000,-

Nominal tersebut adalah kisaran atau rata-rata gaji staff bandara. Lalu pastinya berapa? Ya tergantung maskapai penerbangan, kemampuan, dan pengalaman kamu.

Gaji seorang staff bandara pun bisa dibagi dalam 2 kelompok. Yaitu:

  • Staff Bandara Junior

Gaji bagi staff yang termasuk dalam entry level junior adalah sekitar Rp. 3.000.000 – 5.000.000 per bulan. Meski demikian, staff bandara masih bisa memperoleh bonus dan tunjangan yang membuat gajinya di atas Rp. 5.000.000.

Untuk pramugari bonusnya dihitung setiap melakukan penerbangan. Misalnya gaji pramugari di sebuah maskapai adalah 3,5 juta Rupiah per bulan dan bonus 500 ribu Rupiah tiap penerbangan. Maka gajinya per bulan adalah Rp. 15.500.000,-.

  • Staff Bandara Senior 

Staff bandara senior biasanya menerima Rp. 4.000.000 – 7.000.000 per bulan. Namun sekali lagi, angka ini hanya estimasi. Bagi pramugari yang sudah senior tentu gajinya juga akan bertambah. Gaji pramugari senior sendiri bisa mencapai Rp. 8.000.000 – 15.000.000 per bulan.

Faktor yang Mempengaruhi Gaji Staff Bandara

Melihat besarnya gaji staff bandara pasti kamu akan tergiur. Tapi kenapa bisa seperti itu? Ada banyak faktor yang membuat gaji seorang staff bandara tinggi. Berikut adalah beberapa faktornya:

  • Jenis penerbangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa maskapai juga berpengaruh pada besarnya gaji yang kamu terima. Sebagai contoh Garuda Indonesia dan Lion Air. Perbedaan keduanya adalah Garuda merupakan milik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Lion Air bukan. Tentu saja di sini staff Garuda menerima gaji yang lebih tinggi.

Selain itu, jenis penerbangan domestik dan internasional juga memengaruhi besaran gaji. Gaji maskapai internasional jauh lebih tinggi dibanding yang domestik.

  • Pengalaman dan lama kerja

Hampir sama dengan perusahaan dimana-mana, semakin berpengalaman dan lama seorang karyawan bekerja maka gajinya semakin tinggi. Dalam konteks ini, seorang staff bandara yang sudah lama bekerja akan mendapat tunjangan tambahan. Otomatis nominal gajinya pun akan bertambah.

  • Jabatan

Bila kamu amati di tabel sebelumnya, maka gaji tertinggi dipegang oleh kepala departemen, yaitu Rp. 54.000.000,- per bulan. Hal ini menunjukkan semakin tinggi jabatan maka gajinya semakin banyak.

Alasan di Balik Besarnya Gaji Staff Bandara

Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021

Kenapa bandara “sebegitunya” dalam membayar staff mereka? Hal ini tentu karena bandara juga sangat memperhatikan keamanan pengguna layanan, sehingga profesionalisme staff sangat dibutuhkan.

Bandara bukan tempat yang sembarangan. Menurut UU No. 1 Tahun 2009 tentang Angkutan Udara bandara adalah tempat pelayanan publik. Oleh karenanya, pelayanan di bandara dibuat seoptimal mungkin.

Karena tugas itulah staff bandara menerima gaji yang tidak kecil. Selain gaji pokok, berbagai macam jenis tunjangan dan insentif seperti uang makan, kesejahteraan keluarga, hari tua, dan insentif produksi mereka rasakan.

Karena gaji dan tunjangannya yang besar itulah rekrutmen staff bandara sangat ketat. Akan banyak syarat yang harus kamu lengkapi atau miliki agar bisa menjadi staff bandara.

Bagaimana Caranya Menjadi Staff Bandara?

Banyak pengetahuan serta keterampilan yang harus kamu miliki bila ingin menjadi staff bandara. Eits, tenang saja, bukan tidak mungkin kamu terpilih menjadi bagian di situ. Sebagai contoh, kamu harus memiliki kemampuan berbicara yang baik. Hal ini dikarenakan nantinya ketika bekerja kamu akan banyak berkomunikasi dengan orang lain. 

Kemampuan dan pengetahuan semuanya bisa kamu dapatkan dengan cara melanjutkan studi di bidang yang tepat atau bergabung di sekolah penerbangan.  Dengan bergabung di sekolah penerbangan kamu bisa lebih mudah untuk menjadi staff bandara. Kok bisa gitu? Yap, karena kamu akan digembleng agar siap menghadapi ketatnya seleksi profesi ini.

Salah satu sekolah penerbangan yang bisa kamu pilih adalah Pendidikan Staff Penerbangan dan Pramugari (PSPP) Penerbangan. Di sini kamu bisa mempersiapkan diri menjadi staff penerbangan. PSPP Penerbangan adalah lembaga pendidikan penerbangan dengan akreditasi A di bidang tersebut. Sekolah ini juga sudah berdiri selama 10 tahun.

Oiya, PSPP juga sedang membuka pendaftaran bagi calon sisiwa tahun 2021. So, tunggu apa lagi? Segera persiapkan diri kamu untuk bergabung di sekolah ini.

Berikut ini syarat yang untuk bergabung menjadi staff bandara.

1. Pramugari (Garuda Indonesia)

  • Warga negara indonesia (WNI)
  • Wanita
  • Bersedia menjadi siswa Flight Attendant Training (FAT) dengan biaya pendidikan swadaya
  • Berpenampilan menarik dan berkepribadian baik
  • Single
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Usia minimum 18 tahun dan maksimum 27 tahun saat pendaftaran
  • Tinggi badan minimum 158 cm dan maksimum 172 cm, dengan berat badan ideal dan postur tubuh proporsional
  • Pendidikan minimum SMA/SMK/Sederajat, diutamakan lulusan D3 ke atas
  • Tidak menggunakan kacamata (lensa kontak diperkenankan dengan ketentuan maksimal minus -3.00, silindris C -1.00)
  • Mampu berbahasa Inggris dengan baik (lisan maupun tulisan), diutamakan memiliki kemampuan bahasa asing lainnya.

2. Staff Penerbangan

  • Wanita atau pria dengan usia minimal 18 tahun
  • Pendidikan minimal SMA/K sederajat
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak buta warna dan hepatitis
  • Tinggi badan minimum 158 cm untuk wanita dan minimal 165 cm untuk pria
  • Belum pernah menikah
  • Berkelakuan baik dan berkepribadian menarik
  • Tidak pernah terlibat dengan segala Tindakan yang melanggar hukum
  • Memiliki berat badan proporsional
  • Dapat berkomunikasi dengan baik
  • Menguasai bahasa asing khususnya Bahasa Inggris

Kesimpulan

Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021

Itu tadi informasi seputar gaji staff bandara dan perekrutannya. Bisa dilihat bahwa nominal gaji mereka cukup besar, namun dibaliknya tersimpan tanggung jawab yang besar pula.

Bila kamu tertarik dengan profesi ini maka berusaha dengan maksimal dan jangan bosan untuk belajar serta mencoba. Karena kemampuanmu turut menentukan besarnya gajimu.

Melihat perkembangan dunia penerbangan di Indonesia, peluang untukmu menjadi bagian di situ makin terbuka lebar. Akan banyak generasi muda yang dibutuhkan untuk menjadi staff bandara profesional.

So, persiapkan diri kamu! Segera cari persyaratan lengkap dan waktu pendaftaran staff bandara dibuka. Sembari menunggu, kamu bisa mempersiapkan diri.

  Berapakah Gaji Kopassus/Komando Pasukan Khusus di Indonesia?