Info Pekerjaan Dan Gaji Satpam Bank Di Indonesia

Gaji Satpam – Sekarang ini, profesi security atau satpam tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Alasannya, karena gaji satpam yang diterima sekarang bisa cukup besar dan tak akan melewati berbagai macam pekerjaan mainstream lainnya. Tentu saja, gaji yang besar tersebut memang diiringi dengan tanggung jawab yang cukup besar pula.

Seorang satpam, harus memiliki tanggung jawab untuk menjaga keamanan wilayah yang menjadi tempat penugasannya.

Oleh karena itu, seorang satpam juga harus majelis setiap saat dan senantiasa waspada terhadap segala ancaman maupun gerak-gerik yang mencurigakan. Oleh karena itu, salah satu hal yang harus dimiliki seorang satpam adalah keadaan fisik yang prima. 

Salah satu lokasi yang pasti tersedia security atau satpam adalah bank. Meskipun pengamanan pada sebuah bank akan dibantu juga oleh kepolisian, akan tetapi tugas seorang satpam tetaplah berat dengan risiko kejahatan yang cukup tinggi.

Seorang security harus mampu menjaga keamanan lingkungan atau juga bisa membantu nasabah yang ingin ke bank dalam memberikan petunjuk.

Gaji Satpam Di Beberapa bank lokal di indonesia

Info Pekerjaan Dan Gaji Satpam Bank Di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa bank lokal yang banyak menjadi tujuan bagi mereka para pencari pekerjaan dengan profesi satpam. Beberapa bank tersebut antara lain BRI, Mandiri, BCA, serta BNI. Kami akan memberikan informasinya sebagai berikut ;

  • Informasi Gaji Security Bank BRI

BRI atau Bank rakyat Indonesia merupakan salah satu Bank BUMN besar. Untuk merekrut tenaga satpam, HRD akan mencari yang punya kualifikasi serta sikap yang baik pula. Alasannya, selain bertugas untuk mengamankan lingkungan bank, mereka juga bertugas memberikan petunjuk dan melayani nasabah.

Contohnya, membantu dalam mengarahkan para nasabah khususnya para pelaku UMKM yang sedang ingin mengajukan pinjaman dana memakai salah satu produk unggulannya yaitu KUR BRI.

Jalan pekerjaan ya, satpam BRI memperoleh gaji bulanan sekitar rp3.100.000. angka tersebut sesuai dengan rata-rata gaji security yang ada di angka rp3.110.151.

  • Informasi Gaji Security Bank Mandiri

Bank Mandiri merupakan salah satu bank yang menjalani program restrukturisasi perbankan dari pemerintah. Urutannya sendiri berada di peringkat kedua setelah BRI yang termasuk dalam barisan 10 Bank terbaik di Indonesia. 

Hal ini juga tidak lepas dari kinerja para tenaga pengamanan atau security yang memiliki sejumlah prinsip antara lain senyum, sapa, salam, dan tindakan terbaik untuk para nasabahnya. Akan tetapi, gaji security pada bank Mandiri masih berada di angka Rp2.000.000 per bulannya.

Apabila dibandingkan dengan rata-rata gaji security di Indonesia memang tergolong lebih kecil. Namun, angka ini dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 

  • Informasi Gaji Security Bank BCA

Bank BCA, tentu sudah tidak asing lagi bagi anda dan memang jadi salah satu bank swasta terbesar yang ada di negara Indonesia. Kualitasnya dalam melayani nasabah memang memiliki standar yang tinggi dan tidak diragukan lagi.

Bahkan, dalam suatu berita pernah disebutkan bahwa security BCA sempat menjadi trending topic lantaran keramahannya dalam melayani nasabah.

Informasi tentang gaji satpam bank BCA sendiri memang ternyata masih ada di bawah rata-rata gaji satpam. Kisaran angkanya adalah Rp2.800.000 perbulan. Gaji tersebut bahkan lebih kecil dibandingkan gaji peserta magang BCA yang berada di angka Rp4.650.000 per bulan. 

  • Informasi Gaji Security Bank BNI

Bank BNI berdiri pada tanggal 5 Juli 1946 dan menjadi salah satu bank komersial tertua di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia saja, ternyata Bank BNI memiliki 5 cabang yang berada di mancanegara. 

Pelayanan security dari Bank BNI juga sangat profesional dan dapatkan banyak apresiasi. Staff security BNI juga sempat menjadi trending topic dan memperoleh apresiasi dari para netizen karena pelayanannya terhadap salah satu nasabahnya yang tuli.

Hal ini mungkin didukung oleh gaji satpam bank BNI yang cukup ideal, yaitu sekitar Rp3.600.000 per bulan. Jumlah gaji tersebut dinilai termasuk tinggi di antara beberapa bank yang lain. Diibaratkan sebagai pioner Bank di Indonesia, BNI memang memberikan pelayanan yang profesional dan bisa menjadi contoh bagi bank lainnya.

Rangkuman Gaji Satpam Bank di Indonesia

Info Pekerjaan Dan Gaji Satpam Bank Di Indonesia

No Nama Posisi Gaji Satpam (Rp)
1 Satpam Bank BRI 3.100.000
2 Satpam Bank Mandiri 2.000.000
3 Satpam Bank BCA 2.800.000
4 Satpam Bank BNI 3.600.000

Tunjangan Yang Diperoleh Satpam

Selain memperoleh gaji pokok, tenaga security juga pada umumnya memperoleh tunjangan. Sejumlah tunjangan tersebut ada yang berbentuk uang cash dan ada juga yang tidak. Tentu saja, apabila security memperoleh tunjangan uang cash, akan sangat membantu untuk meningkatkan penghasilan perbulannya. 

Pada umumnya, beberapa tunjangan yang diperoleh oleh tenaga security antara lain tunjangan seragam, tunjangan pembinaan, tunjangan hari raya, tunjangan jabatan, dan lain sebagainya. Jadi, cukup banyak bukan tunjangan yang bisa diperoleh seorang satpam ?.

Tanggung Jawab Seorang Satpam Dalam Lembaga Keuangan

Satpam atau security mempunyai tugas pokok dalam menjaga ketertiban dan keamanan tempat kerja yang ditugaskannya. Aspek yang ditekankan antara lain pengamanan fisik, personil, informasi, dan juga pengamanan teknis yang lain. Beberapa peran serta tanggung jawab bisa terlihat di bawah ini :

  • Membantu pihak kepolisian dalam menyelenggarakan ketertiban dan keamanan untuk masyarakat
  • Memberikan rasa keamanan dan kenyamanan dalam pelayanan kepada karyawan, tamu, pengunjung, dan masyarakat yang berada pada lingkungan tempat kerja satpam. 
  • Dengan keberadaan satpam, tugasnya adalah melindungi harta benda yang punya tingkat visibilitas tinggi dalam mencegah aksi kejahatan serta aktivitas lainnya yang terindikasi tidak wajar.
  • Mewaspadai perilaku orang maupun benda yang dianggap mencurigakan.
  • Membantu penjagaan mobil mengangkut barang-barang berbahaya, mobil yang membawa uang tunai dalam jumlah besar, dan sebagainya.

Fakta Menarik Tentang Satpam Pada Lembaga Keuangan Bank

Info Pekerjaan Dan Gaji Satpam Bank Di Indonesia

Seorang security yang bekerja pada lembaga keuangan harus bisa mengontrol emosinya yang dikenal dengan emotional labour surface acting. Meskipun mungkin awalnya bersifat pencitraan karena tuntutan profesinya, namun lama-kelamaan akan juga terbawa dan terbiasa dalam perilaku kehidupan sehari-hari. 

Seorang satpam memang punya peran penting menjaga keamanan dan sekaligus memberikan pelayanan terbaik bagi nasabah yang datang ke bank.

Ia juga harus tetap waspada terhadap adanya kemungkinan gangguan keamanan. Prosedur yang harus ditaati seorang satpam memang yang cukup banyak mulai dari senyuman, menyapa, serta keramahannya harus jadi hal yang dikedepankan.

Dengan persaingan usaha yang kini semakin ketat khususnya di bidang perbankan, untuk bisa menjaring pelanggan baru atau mempertahankan nasabah lama, seorang satpam juga harus mampu menjalankan tugas dengan prima. 

Seorang satpam yang baik juga harus menjaga nama perusahaan atau bank tempatnya bekerja serta menjaga rahasianya.

Seorang satpam bisa mengetahui apa titik-titik yang bisa menjadi peluang seorang yang bisa berbuat jahat, misalnya kapan waktu-waktu yang rawan. Keberanian juga harus dimiliki jika harus berhadapan dengan situasi genting.

Demikian pembahasan tentang gaji satpam untuk sejumlah bank terkemuka seperti BRI, Mandiri, BCA dan BNI. Dengan informasi yang sudah dijelaskan tersebut bisa memberikan pandangan Anda yang lebih luas dan mempertimbangkan jika ingin melamar pekerjaan sebagai tenaga security. 

Gaji Pramugari Kereta Api Indonesia Beserta Tunjangannya