Gaji Pilot di Indonesia Mencapai Puluhan Juta Perbulan

Gaji Pilot – Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaji pilot memiliki nominal yang tidak sedikit, setidaknya para pilot akan mendapat 30 juta perbulan. Maka dari itu, tidak heran profesi ini menjadi dambaan bagi seluruh orang di dunia. Selain pekerjaannya yang keren, kantong Anda juga tidak akan pernah kering.

Namun untuk mencapai profesi pilot tentu tidak mudah, Anda harus menempuh pendidikan khusus yang biayanya pun tidak murah. Saat sudah menempuh pendidikan, Anda harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu, sebelum akhirnya bisa menjadi pilot di lapangan.

Resiko pekerjaan pilot tentu sangat besar, mereka akan menentukan keselamatan para penumpang pesawat yang jumlahnya tidak sedikit. Tidak heran jika gaji dan tunjangan mereka sangat besar, karena proses untuk menjadi pilot pun tidak mudah.

Gaji Pilot di Indonesia.

No. Jabatan

Gaji

1.

Second Officer (SO) Rp. 15.000.000 – Rp. 20.000.000

2.

First officer (FO)/ Co Pilot Rp. 30.000.000 – Rp. 40.000.000

3.

Captain/Komandan Rp. 45.000.000

Ada beberapa faktor yang menentukan gaji pilot, diantaranya yaitu; total jam terbang, perusahaan tempat ia bekerja, pangkat, dan masa kerja. Sama seperti pekerjaan lain, semakin senior maka gajinya pun semakin besar. Apalagi jika seorang pilot sudah menjabat sebagai Kapten, maka gaji dan tanggung jawabnya melebihi staff maskapai lain.

Jenjang Karir Pilot

Gaji Pilot di Indonesia Mencapai Puluhan Juta Perbulan

Menentukan gaji seorang pilot, tentu akan dilihat dari jenjang karirnya. Berikut ini adalah tiga jenjang karir yang akan dialami oleh seorang pilot profesional.

Second Officer (SO)

Second Officer adalah jenjang karir paling pertama, semua lulusan sekolah pilot akan menempati jenjang ini ketika baru mulai bekerja. Umumnya mereka hanya diperbolehkan untuk menerbangkan pesawat kecil, dan tentunya akan didampingi oleh pilot yang lebih senior. Jika seorang second officer mengambil lisensi ATPL & ME serta menunjukan jumlah jam terbang, tentu saja mereka akan naik jabatan menjadi Co Pilot.

Rata-Rata Gaji Arsitek Indonesia dan Dunia

First officer (FO)/Co Pilot

Lulusan sekolah pilot yang baru naik jabatan, biasanya akan menjabat sebagai Co Pilot terlebih dahulu sebelum menjadi Captain. Tugas mereka yaitu menerbangkan pesawat dengan supervisi dari Captain, atau sederhananya mereka adalah asisten pilot. Tempat duduknya tepat berada di samping komandan, Anda pasti sudah sering melihat posisi dua orang pengendara pesawat ini.

Captain/Komandan

Captain adalah jabatan tertinggi dalam profesi pilot, dimana mereka bisa menerbangkan pesawat sendiri. Captain juga bertugas untuk mengawasi Co Pilot, dan tentunya menjadi penanggung jawab dari segala hal yang terjadi di dalam pesawat.

Jika sudah memiliki jam terbang hingga ribuan jam, seorang Captain bisa memiliki gaji hingga 70 jutaan loh! Untuk mencapai posisi tertinggi ini, seorang pilot harus menjalani proses yang panjang dan memakan waktu belasan hingga puluhan tahun.

Perbedaan Tugas Pilot dan Co-pilot

Gaji Pilot di Indonesia Mencapai Puluhan Juta Perbulan

Masih banyak orang yang belum bisa membedakan pilot dan co pilot, kebanyakan dari mereka berpikir bahwa tugas keduanya sama saja. Hal tersebut memang wajar karena tempat duduk mereka tepat berdampingan, serta menggunakan seragam yang hampir persis.

Namun ternyata keduanya berbeda, bahkan gajinya pun memiliki perbedaan yang cukup jauh. Meskipun tugas yang mereka kerjakan hampir sama, yaitu mengendalikan pesawat agar bisa terbang dengan aman hingga sampai di tempat tujuan.

Kehadiran Co Pilot sendiri, yaitu untuk membantu serta mengambil alih tugas Pilot jika saja terjadi kendala. Namun dari segi tanggung jawab, tentu saja Pilot memiliki tanggung jawab yang lebih besar. Berikut adalah penjelasan yang lebih mendetail mengenai keduanya, simak selengkapnya:

1. Pilot

Banyak anak-anak yang bercita-cita ingin menjadi seorang pilot, alasannya tentu karena pekerjaannya yang keren. Mungkin Anda juga termasuk salah seorang yang bercita-cita menjadi pilot? Perlu diingat bahwa proses menjadi pilot sangat panjang, tanggung jawabnya pun sangat besar karena menyangkut nyawa banyak orang.

Kamu Sedang Mencari Kerja? Berikut Rincian Gaji UMR Jakarta 2021 dan Sekitarnya

Hal ini perlu Anda ketahui sejak awal, untuk mempersiapkan fisik dan mental menjadi seorang calon pilot. Jangan hanya tergiur oleh seragam yang keren dan gaji yang besar saja ya! Berikut adalah rincian tugas dan tanggung jawab seorang pilot:

  • Bertanggung jawab atas proses penerbangan, kru, penumpang, co pilot dan pesawat itu sendiri.
  • Memastikan pemeriksaan kondisi pesawat sudah benar sebelum dan setelah penerbangan.
  • Bertugas untuk memeriksa kondisi cuaca, jalur penerbangan, rencana penerbangan, serta mengendalikan pesawat dengan aman sampai ke tujuan.
  • Memberikan laporan dengan jelas dan cepat ketika ada masalah, atau ketika terjadi perubahan selama penerbangan.
  • Menulis catatan komunikasi dengan petugas air traffic control, juga menerapkan rencana penerbangan lain jika diperlukan.
  • Pilot tidak bekerja sendirian, mereka membagi tugasnya dengan co pilot selama penerbangan.
  • Jika ada kondisi darurat, maka pilot bisa menyerahkan tugasnya kepada co pilot.
  • Gaji pilot jelas lebih tinggi dari co pilot, selisihnya pun bisa mencapai 20-30 juta.
  • Pilot jelas lebih berpengalaman dari co pilot.
  • Pilot sendiri memiliki tanda empat garis di seragamnya, sedangkan co-pilot hanya ada tiga garis.

2. Co-Pilot

Jangan pernah sepelekan profesi co pilot, karena keberadaan mereka sama pentingnya dengan captain pilot itu sendiri. Menerbangkan pesawat bukanlah hal yang sederhana, tentu saja tidak bisa dikerjakan sendiri.

Gaji Pilot di Indonesia Mencapai Puluhan Juta Perbulan

Maka dari itu, co pilot hadir sebagai asisten pilot dan juga sebagai jenjang karir sebelum mereka bisa menjadi captain. Lalu apa saja tugas dan fungsi co pilot? Berikut penjelasannya:

  • Tugas co-pilot pertama tentunya berbagi pekerjaan saat menerbangkan pesawat dengan pilot.
  • Umumnya posisi duduk mereka berada di sebelah kanan.
  • Co-pilot wajib menjalankan segala perintah dari pilot secara cepat dan tepat.
  • Bertanggung jawab dalam komunikasi radio dan navigasi komputer, untuk mengatur rute yang tepat.
  • Saat penerbangan jarak jauh, co pilot dan pilot seringkali berganti tugas. Dimana  co pilot menjalankan tugas pilot dan sebaliknya. Jika dalam kendaraan roda dua, mereka seolah-olah gantian menyetir.
  • Co-pilot harus mampu mengambil alih penerbangan jika pilot sudah tidak sanggup, maka dari itu skill penerbangannya harus sudah terlatih.
  • Meskipun tugasnya cukup berat, co pilot memiliki gaji yang lebih kecil dari pilot.
  • Seragam co pilot dan pilot memang terlihat sama, bedanya hanya ada pada garis karena co pilot hanya memiliki tiga garis.
Gaji Ronaldo, Pesepakbola yang Namanya Mendunia

Kesimpulan

Gaji pilot memang memiliki nominal yang besar, entah itu pilot yang masih pemula hingga captain. Gaji mereka sudah lebih tinggi dari gaji pekerjaan pada umumnya, namun resiko dan tanggung jawabnya pun sama besarnya. Untuk menjadi seorang pilot, diperlukan pendidikan dan jam terbang yang panjang.

Setidaknya perlu belasan tahun untuk menjadi seorang captain, atau seorang pilot sesungguhnya. Jam terbang dan skill pun harus lebih terlatih jika ingin cepat naik jabatan. Pekerjaan pilot tidaklah sederhana, mereka bertanggung jawab atas nyawa banyak orang.