Gaji Messi Selama Berkarir di Barcelona

3 min read

Gaji Messi Selama Berkarir di Barcelona

Gaji Messi – Sudah menjadi rahasia umum, bahwa gaji Messi memiliki jumlah yang sangat fantastis. Bahkan beberapa orang mengira klub yang merekrut Messi akan cepat bangkrut, namun nyatanya tidak seperti itu. 

Pemain sepak bola dunia yang memiliki nama lengkap Lionel Andres Messi ini, merupakan bangsa Argentina yang lahir di Rosario. Anda bisa melihat betapa fantastisnya penghasilan Messi mulai dari perdetik hingga per tahun.

Gaji Messi

No.Durasi WaktuGaji (£)

Gaji (Rp)

1.Per detik£ 1,63Rp 31.000
2.Per Menit£ 98Rp 1,8 juta
3.Per Jam£ 5.881Rp 113 juta
4.Per Hari£ 141.142Rp 2,7 miliar
5.Per Minggu£ 988 ribuRp 19 miliar
6.Per Bulan£ 3,952 jutaRp 76 miliar
7.Per Tahun£ 47.424.000Rp 915 miliar

Barcelona Untung Besar Berkat Messi

Gaji Messi Selama Berkarir di Barcelona

Polemik mengenai gaji Messi yang fantastis selalu menjadi bahasan yang menarik, hal ini terjadi sejak kontrak Messi di Barcelona bocor ke publik. Pada saat itu, kabarnya Messi mendapat total 555 juta Euro per musim.

Kabar ini disuarakan pertama kali oleh media Spanyol, yaitu El Mundo. Kontrak yang bocor ke publik, merupakan kontrak empat tahun Messi saat ini, yang dimulai pada tahun 2017 hingga 2021. Hal ini tentu menjadi polemik, karena gaji dari kontrak Messi dianggap berlebihan.

Mulailah muncul komentar negatif, publik merasa kasihan kepada Barca dan banyak mengkritik Messi. Mereka menganggap bahwa Barca akan cepat rugi jika memberikan gaji kepada Messi sebesar itu.

Namun nyatanya tidak seperti itu, Barca justru mendapat keuntungan karena telah memiliki Messi sebagai pemain handal. Messi pun membantu Barca untuk mendulang banyak keuntungan, bahkan hampir dua kali lipat.

Beberapa tim ahli seperti Diagonal Investments, untuk menganalisis berapa penghasilan yang didapat Barca berkat Messi. Namun analisis tersebut belum begitu pasti, bahkan menjadi lebih sulit karena adanya pandemi virus covid-19.

Diketahui bahwa Messi membantu Barca mendapat 619 juta Euro. Pada periode yang sama, Messi pun mendapat gaji dan bonus sebesar 383 juta Euro. Ini artinya, bahwa Barca masih memiliki untung sekitar 235 juta Euro. Tidak ada kata rugi, karena sudah seharusnya Messi dibayar mahal.

Messi Menyumbang 30% dari Pendapatan Barca

Hasil analisis yang dilakukan sebelumnya mengatakan, bahwa Messi menyumbang 30% dari total pendapatan Barca pertahunnya. Angka tersebut tentunya sangat luar biasa untuk satu pemain saja.

Banyak sumber pendapatan Barca yang berasal dari Messi, misalnya untuk kontrak sponsorship saja ada dua jenis; dengan Messi dan tanpa Messi. Adapun pendapatan dari tiket VIP dan penjualan merchandise.

Barca juga selalu mendulang banyak keuntungan dari laga pramusim yang memainkan Messi. Umumnya, pertandingan pramusim harus membayar mahal hanya untuk meminta Barca menurunkan Messi di lapangan.

Namun tibalah kabar buruk menyerang Barca, dimana keuangan Barca sudah defisit parah. Selama empat tahun terakhir Barca memang tidak rugi membayar mahal Messi, namun hal itu tidak dapat berlanjut lagi. Jalan keluarnya, yaitu Messi harus dipotong gaji 40%.

Perjalanan Karir Lionel Messi di Dunia Sepak Bola

Gaji Messi Selama Berkarir di Barcelona

Lionel Messi merupakan pemain sepak bola berkebangsaan Argentina yang lahir di Rosario, pada tanggal 24 juni 1987. Ia adalah putra ketiga dari Jorge Horacio Messi, ayahnya menjadi salah satu faktor keberhasilan Messi dalam dunia sepak bola hingga kini.

Messi sudah terjun ke dunia sepak bola sejak usia 5 tahun, ia bermain di klub asuhan ayahnya sendiri yaitu Grandiola. Messi bermain untuk klub tersebut selama 3 tahun, kemudian pindah ke klub Newell’s Old Boys saat usianya menginjak 8 tahun.

Pada klub junior inilah ia menunjukan bakatnya dalam sepak bola. Menurut data dari Asosiasi Sepak Bola Rosario, Messi sudah mencetak 234 gol dari 176 pertandingan bersama Newell’s Old Boys.

Kelincahan dan bakatnya dalam mengolah bola ketika masih beradai di klub junior Newell’s Old Boys, membuat Messi dilirik oleh klub raksasa Spanyol yaitu Barcelona. Hal ini juga tidak lepas dari peran sang ayah, ia bertemu dengan Carles Rexach, Direktur klub sepak bola Barcelona (1996). 

Klub Barca kemudian merekrut Messi dan membiayai seluruh pelatihan dan pengobatan sang calon bintang. Akhirnya Messi bergabung dengan Barca, dan kemudian dibawa ke Catalonia pada 14 Desember 2000.

Tidak lama setelah mengikuti pelatihan sepak bola di akademi sepak bola Barcelona, Messi akhirnya resmi dikontrak oleh FC Barcelona junior pada tahun 2000. Hal tersebut karena performing gemilang Messi, sehingga tidak butuh waktu lama untuk masuk ke tim resmi.

Pada 16 November 2003, Messi dipercaya untuk membela tim senior yaitu pada laga persahabatan dengan FC Porto. Pada saat itu usia Messi baru menginjak 16 tahun. Sejak saat itu, ia selalu tampil untuk membela tim senior.

Messi kembali bertanding pada 16 Oktober 2004, ia diberi kesempatan oleh Frank Rijkaard untuk tampil di La Liga melawan RCD Espanyol. Pada laga tersebut, Messi menjadi pemain termuda ketiga yang bermain untuk Barca, sekaligus pemain klub termuda di La Liga.

Gaji Messi Selama Berkarir di Barcelona

Sang bintang berhasil mencetak gol pertamanya pada tanggal 1 Mei 2005, saat bertanding bersama Barcelona menghadapi Albacete. Berkat golnya tersebut, Messi dinobatkan sebagai pemain termuda Barca yang berhasil menyumbangkan gol.

Kemenangan itu terus berlanjut selama tahun 2005, karena pada tanggal 2 Juli 2005 Messi berhasil memboyong negaranya yaitu Argentina dalam Piala Dunia U-20. Berkat kemenangannya itu, ia dinobatkan sebagai pemain terbaik dalam turnamen tersebut.

Kemudian pada akhir tahun 2005 tepatnya 2 November, Messi berhasil mencetak gol pertamanya bersama Barcelona dalam turnamen Liga Champions melawan Panathinaikos. Karir Messi di Barcelona terus berlanjut hingga akhirnya ia menjadi bintang lapangan dunia.

Messi tidak hanya berhasil mengharumkan nama klubnya, ia juga sudah meraih beberapa rekor individu dan mendapat banyak penghargaan, seperti:

  1. Memperoleh penghargaan Ballon d’Or sebanyak 5 kali, sehingga berhasil meraih rekor pemenang terbanyak dalam sejarah.
  2. Menyandang gelar sebagai pencetak gol terbanyak untuk klub Barca yang tercatat sepanjang masa.
  3. Menjadi satu-satunya pemain di La Liga yang berhasil mencetak 40 gol setiap musim dalam delapan musim terakhir di semua turnamen.
  4. Berhasil mencetak 5 gol dalam satu pertandingan di Liga Champions, sekaligus menjadi pemain pertama yang dapat melakukannya.

Kesimpulan

Gaji Messi memang sangat fantastis bahkan menjadi Rp. 915 miliar per tahunnya. Meski nominal gaji tersebut sempat menjadi polemik, namun Messi berhasil membuktikan bahwa ia layak mendapat bayaran mahal. Messi sudah memulai karir di dunia sepak bola sejak usia 5 tahun, semua pencapaian yang ia dapat hingga kini tidak lepas dari peran sang ayah.

 

  Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021