Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?

3 min read

Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?

Gaji masinis– Sesuai dengan pengumuman dari direktur utama PT KAI, gaji masinis mencapai dua digit sehingga ada banyak orang yang tertarik menjadi seorang masinis. Meski begitu, profesi sebagai masinis mempunyai tanggung jawab yang cukup besar. Di bawah ini informasi mengenai gaji tersebut.

Gaji Masinis Kereta Api

Dapat dikatakan bahwa seorang yang memiliki profesi sebagai masinis kereta api memiliki tanggung jawab yang besar. Pasalnya, pekerjaan yang dijalani tersebut menyangkut dengan keselamatan banyak orang. Itulah mengapa agar bisa menjadi seorang masinis diharuskan menjalani pendidikan serta beberapa pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu.

Profesi masinis sendiri bertugas dalam mengemudikan kereta api. Oleh karena itu, PT KAI terus berupaya dalam memberikan gaji masinis 2021 dengan tunjangan yang layak. Gaji masinsi ini sendiri ditentukan dengan jam terbangnya masing-masing. Umumnya, dalam satu bulan sendiri seorang masinis memiliki jam kerja yang banyak.

Masa KerjaGaji MinimalGaji Terbesar
Gaji 1 bulanRp 10.000.000-Rp 12.000.000Rp 20.000.000

Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?

Gaji masinis bisa sampai Rp 20.000.000 dengan minimalnya sebesar Rp 10.000.000 sampai Rp 12.000.000. Hal tersebut diungkapkan langsung oleh direktur utama PT KAI. Untuk gaji per bulan beberapa pegawai masinis lainnya simak di bawah ini:

No.JabatanGaji
Asisten ManajerRp 8.800.000
2.Call Center AgenRp 4.000.000
3.Kontak Center AgenRp 4.000.000
4.Customer ServiceRp 4.000.000
5.Front LinerRp 2.500.000
6.Finance ManagerRp 4.000.000
7.ManagerRp 4.000.000
8.Marketing StaffRp 4.000.000
9.KondekturRp 6.500.000
10.Executif Vice PresidentRp 42.500.000
  Gaji TNI AD Terbaru Tahun 2021 

Itulah beberapa gaji yang bisa Anda ketahui dari beberapa pegawai kereta api selain masinis. Lantas, di balik gaji tersebut apa saja tugas seorang masinis?

Beberapa Tugas Masinis

Seorang masinis memiliki tanggung jawab dalam mempercepat, memperlambat, hingga menghentikan kereta api dengan cara mengikuti dan mematuhi sinyal kereta api, semboyan, serta bertanggung jawab menjamin keselamatan kereta api yang dikemudikan.

Syarat untuk Menjadi Masinis

Untuk menjadi seorang masinis sendiri tentu perlu memenuhi beberapa syarat yang sudah ditentukan. Masinis ini dapat dilakukan oleh seorang pria maupun wanita. Di bawah ini beberapa syaratnya:

  • Pendidikan minimal SMA IPA atau SMK Mesin, Otomotif, dan Listrik
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk wanita dan 165 cm untuk pria
  • Memiliki berat badan yang ideal dengan tingginya
  • Memiliki rentang usia antara 18 sampai 25 tahun
  • Memiliki nilai kelulusan rata-rata atau minimal 7,0
  • Memiliki penampilan yang menarik
  • Berkelakuan baik
  • Tidak terlihat narkoba maupun psikotropika
  • Tidak bertindik dan tidak bertato
  • Tidak ada riwayat hukuman penjara berdasarkan putusan pengadilan yang sudah berkekuatan hukum tetap
  • Tidak pernah diberhentikan oleh institusi atau anak perusahaan tertentu akibat hukuman disiplin
  • Lulus dalam seleksi calon pekerja baru atas rekrutmen PT Kereta Api Indonesia
  • Bersedia ditempatkan pada seluruh wilayah kerja PT Kereta Api, yang mana penempatan tersebut akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan
  • Pemilihan lokasi seleksi tidak dapat menentukan penempatan calon pekerja
  • Bersedia untuk mengundurkan diri dari hubungan kerja dengan perusahaan atau institusi lainnya apabila sudah dinyatakan lulus seleksi

Itulah beberapa persyaratan umum saat ingin mendaftar sebagai masinis kereta api. PT KAI sendiri mengharuskan Anda untuk bersedia ditempatkan dimana saja. Hal tersebut umumnya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari PT KAI itu sendiri. Anda juga tidak diperbolehkan lagi untuk bekerja di perusahaan lainnya jika telah resmi diterima sebagai pegawai dari PT KAI.

  Gaji Pramugari Kereta Api Indonesia Beserta Tunjangannya

Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?

Hal ini berarti Anda harus langsung mengundurkan diri dari pekerjaan yang sebelumnya. Selanjutnya, jangan lupa untuk segera mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan.

Seperti ijazah diploma atau SMA asli atau fotokopi atau yang dilegalisir, foto berwarna terbaru, KTP, dan fotokopi transkrip nilai UAN terlegalisir atau transkrip nilai UAN asli.Beberapa dokumen yang perlu dipersiapkan tersebut dapat dipenuhi terlebih dahulu agar tidak akan kesulitan dalam proses pendaftaran nantinya.

Tahapan untuk Menjadi Seorang Masinis

Apakah Anda bercita-cita untuk menjadi seorang masinis? Jika iya, maka perlu melalui beberapa program yang sudah ditentukan terlebih dahulu. Yakni mulai dari melewati pendidikan selama kurang lebih enam bulan sampai satu tahun sampai menjadi seorang asisten masinis selama enam bulan sampai satu tahun.

Di bawah ini merupakan tahapan lengkap yang perlu Anda lalui sebagai proses perekrutan masinis pada PT KAI:

  • Administrasi

Tahap yang satu ini dilakukan dengan melengkapi administrasi. Pada tahap ini seorang masinis perlu menyiapkan beberapa dokumen penting layaknya KTP transkrip nilai, hingga ijazah secara online. Nantinya, beberapa dokumen tersebut akan ditinjau terlebih dahulu.

Apabila dari data yang sudah diserahkan sudah dinyatakan lulus, maka Anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya yakni seleksi kesehatan bagian awal.

  • Seleksi kesehatan awal

Di tahap seleksi ini, Anda sebagai seorang calon masinis akan diminta untuk datang ke Unit Kesehatan PT KAI. Nantinya Anda akan melakukan pemeriksaan berat badan, tinggi badan, gigi, tensi, mata, dan telinga.

  • Tes psikologi

Anda akan diminta untuk menyelesaikan soal-soal yang diperoleh tentang kesehatan secara psikologi. Soal yang diberikan tersebut biasanya tidak berbeda pada seleksi tempat lain. Yakni terdiri dari tes logika aritmatika, analog verbal, tes koran, dan masih banyak lagi.

  • Wawancara

Apabila sudah dinyatakan lulus tes psikologi, maka Anda akan dipanggil untuk melalui tahap wawancara. Pada tahap ini setiap calon masinis akan diminta membawa beberapa dokumen asli yang diperlukan. Contohnya seperti ijazah, transkrip nilai, CV, hingga KTP.

  • Seleksi kesehatan akhir

Tahap ini merupakan tahap yang dilakukan dengan menjalani seleksi kesehatan secara menyeluruh. Yakni seperti pemeriksaan mata, darah, rontgen, cek urine, elektrokardiografi, dan masih banyak lagi.

  Gaji Tokopedia Paling Update Tahun 2021

Hanya saja, sebelum calon masinis melakukan seleksi kesehatan akhir ini diharuskan untuk berpuasa terlebih dahulu. Apabila dinyatakan berhasil dalam melalui tahap tersebut maka hanya perlu menunggu apakah dinyatakan lulus atau sebaliknya.

Pendaftaran Masinis pada PT KAI secara Online 

Berapa Gaji Masinis Kereta Api di Indonesia?

Untuk mendaftarkan diri menjadi seorang masinis saat ini bisa dilakukan secara online. Berbeda dengan dahulu yang mengharuskan seseorang datang ke lokasi secara langsung. Cara mendaftar secara online sendiri dapat dilakukan dengan cara mengunjungi situs resmi PT Kereta Api Indonesia serta mengikuti beberapa langkah berikut:

  • Pilih menu Registrasi/Pendaftaran
  • Selanjutnya, isi formulir pendaftaran yang sudah disediakan
  • Kemudian buka surel dan lanjutkan dengan melakukan verifikasi
  • Apabila verifikasi sudah berhasil, maka Anda bisa Log In pada halaman utama situs resmi PT KAI

Agar Anda bisa mendaftar dengan proses yang lebih mudah, maka ada baiknya untuk terlebih dahulu menyiapkan beberapa foto dokumen yang diperlukan. Kemudian pastikan juga bahwa ukuran foto tersebut tidak lebih dari 2 MB. Jika sudah maka pilih menu Lowongan dan Apply pekerjaan sebagai masinis kereta api.

Itulah beberapa informasi yang bisa Anda ketahui mengenai gaji masinis, syarat, dan cara mendaftar sebagai seorang masinis. Dengan berbagai informasi tersebut tentu akan memudahkan saat ingin mendaftarkan diri di PT KAI.

Avatar