Gaji Karyawan Alfamart

3 min read

Gaji Karyawan Alfamart

Gaji Karyawan Alfamart – Siapa yang tidak mengenal alfamart? Minimarket serba ada ini sudah sangat menjamur di berbagai kota di Indonesia. Bahkan keberadaannya bisa jadi hanya berjarak setiap 1 KM dari setiap tokonya.

Selain merubah pola belanja masyarakat, keberadaan alfamart juga menyediakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. Apalagi banyak yang mengatakan bahwa gaji karyawan alfamart lumayan banyak. Sebenarnya berapa sih gaji karyawan alfamart?

Gaji Karyawan Alfamart

Menjadi karyawan alfamart tentu suatu pekerjaan yang cukup menarik. Gaji karyawan alfamart diberikan sesuai dengan jabatan yang dipegangnya. Berikut beberapa gaji karyawan alfamart yang rata-rata diterapkan di berbagai kota di Indonesia:

  1.   Manager gajinya sekitar Rp 9.200.000 perbulan
  2.   Distribution Manager, Logistic Junior Manager dan Training Manager gajinya sekitar Rp 6.000.000 perbulan
  3.   Management Trainee gajinya sekitar Rp 4.200.000 perbulan
  4.   Coordinator gajinya sekitar Rp 4.100.000 perbulan
  5.   Art and Creative Staff, Branch Coordinator, IT Programmer and Analyst, IT Risk and Assurance Staff, IT Senior, Planning and Development, Recruitment Coordinator, Teacher Trainer dan Warehouse Coordinator gajinya sekitar Rp 4.000.000 perbulan
  6.   Area Coordinator gajinya sekitar Rp 3.800.000 perbulan
  7.   Buyer, Head dan Information Technology gajinya sekitar Rp 3.200.000 perbulan
  8.   Area Manager, Pemasaran, Administrasi Kasir, Operasional Staff, Payroll Admin, Branch Inventory Control Manager, Supply Chain Staff dan IT Support gajinya sekitar Rp 2.500.000 perbulan
  9.   Asisten Kepala Toko dan Kepala Toko gajinya sekitar Rp 2.100.000 perbulan
  10. Store Assistant gajinya sekitar Rp 2.000.000 perbulan
  11. Helper dan Kasir gajinya sekitar Rp 1.900.000 perbulan
  12. Picker gajinya sekitar Rp 1.800.000 perbulan
  13. Crew gajinya sekitar Rp 1.700.000 perbulan
  14. Sales gajinya sekitar Rp 1.600.000 perbulan
  15. Accounting Staff, Finance Accounting, Maintenance, Maintenance Staff, Merchandiser, Purchasing Staff, Safety Staff, Security, Store Head Assistant, Warehouse Staff gajinya sekitar Rp 1.500.000 perbulan
  16. Staff Finance gajinya sekitar Rp 1.400.000 perbulan
  17. Office Boy gajinya sekitar Rp 1.300.000 perbulan
  18. Koperasi Karyawan gajinya sekitar Rp 800.000 per bulan

Nah itulah tadi beberapa gaji karyawan alfamart berdasarkan jabatannya. Jadi, jangan menyamaratakan gaji karyawan alfamart ya, karena mereka digaji sesuai dengan jabatan dan tanggung jawab yang dilakukan.

Profil Alfamart

Gaji Karyawan Alfamart

Alfamart pada awalnya adalah program kerjasama dari PT Alfa Retailindo dan PT Lancar Distrindo yang menghasilkan toko swalayan penyedia berbagai barang kebutuhan yang berdiri di daerah Karawaci, Tangerang pada tahun 1999.

Toko swalayan ini awalnya bernama Alfa Minimart. Pada tahun 2003, nama Alfa Minimart diganti menjadi Alfamart agar lebih mudah diingat setelah perubahan pada beberapa pemilik saham.

Sampai saat ini, alfamart menjadi salah satu minimarket terbesar di Indonesia. Keberadaannya sangat menjamur bahkan di kota-kota kecil sekalipun. Dilansir dari website resminya, alfamart memiliki lebih dari 10.000 gerai di seluruh Indonesia.

Slogan paling terkenal dari alfamart adalah ‘belanja puas harga pas’ dan pada tahun 2015 berganti menjadi ‘belanja hemat ya di alfamart’.

Produk Alfamart

Saat ini, alfamart tidak hanya menyediakan produk berupa barang kebutuhan sehari-hari. Alfamart telah melebarkan sayap menjadi penyedia jasa dan layanan lain yang memudahkan masyarakat. Beberapa produk dari alfamart adalah sebagai berikut:

1. Produk Bermutu

Sesuai dengan tujuan utamanya untuk menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, produk utama alfamart tentunya barang-barang kebutuhan yang bermutu dan dipastikan kualitasnya. Alfamart memiliki karyawan yang merupakan quality control sehingga produk tidak bermutu, kadaluarsa dan cacat tidak akan bisa masuk ke alfamart.

Hingga artikel ini ditulis, sekitar 10.000 produk bermutu dijual di gerai alfamart. Selain produk bermutu dari merek terkenal, alfamart juga menjual berbagai produk bermutu buatan UMKM di daerah tersebut sebagai dukungan pada ekonomi kreatif.

2. Pulsa, E-wallet dan Token Listrik

Tidak melulu tentang produk rupa, alfamart juga menyediakan pembelian produk elektronik seperti pulsa, token listrik dan berbagai e-wallet seperti Dana, Shopeepay, Ovo dan Gojek. Layanan ini bisa anda lakukan langsung di kasir Alfamart.

3. Tarik Tunai dan Setor Tunai

Beberapa alfamart memang memiliki Mesin ATM yang bisa anda manfaatkan untuk kegiatan tarik tunai maupun setor tunai. Namun jika pada alfamart yang anda datangi tidak memiliki mesin atm, anda tidak perlu khawatir.

Gaji Karyawan Alfamart

Anda bisa loh melakukan tarik tunai dan transfer antar bank di kasir alfamart. Disana, anda bisa melakukan transaksi keuangan bank tertentu seperti BCA, Bni dan sebagainya.

4. Pembayaran

Anda juga bisa melakukan berbagai pembayaran di alfamart loh mulai dari tagihan rumah seperti air, listrik dan telepon, cicilan BPJS, cicilan asuransi tertentu hingga pembayaran tagihan belanja online shop seperti pembelian online di Shopee, Tokopedia, Lazada dan Bukalapak.

5. Layanan Pesan Antar

Pada beberapa kota, alfamart juga menyediakan layanan pesan antar untuk pembelian tertentu. Biasanya, pesanan yang bisa diantar adalah pesanan dengan jumlah lebih dari Rp 200.000. anda bisa berbelanja dari rumah tanpa perlu repot datang ke alfamart.

Cara Bekerja di Alfamart

Semakin maraknya minimarket alfamart di kota-kota di Indonesia, membuat kebutuhan atas karyawan Alfamart juga meningkat untuk itu terdapat banyak lowongan kerja menjadi karyawan alfamart. Lowongan kerja yang paling banyak adalah menjadi kasir dan pramuniaga di alfamart.

Seperti yang telah anda ketahui, kasir dan pramuniaga di alfamart bekerja dalam shift baik itu shift pagi-siang atau siang-malam.

Kasir adalah crew store yang bertugas untuk melayani transaksi pembayaran pembeli, menawarkan produk yang sedang promosi, mengecek uang masuk dan menjaga tidak adanya selisih uang saat ganti shift.

Gaji Karyawan Alfamart

Sedangkan pramuniaga adalah crew store yang tugasnya adalah menata barang di rak, melakukan pengecekan barang yang kadaluarsa dan cacat, menjaga kebersihan toko, mengecek dan membongkar barang yang masuk dari supplier dan melayani pertanyaan pembeli.

Berikut beberapa syarat yang umumnya diterapkan oleh Alfamart saat merekrut pramuniaga dan kasir:

1. Syarat Fisik

  • Wanita/Pria
  • Tidak Bertato dan bertindik
  • Berbadan sehat
  • Maksimal 24 tahun dan minimal 18 tahun saat mendaftar
  • Boleh berkacamata
  • Tinggi dan berat badan bebas
  • Tidak memiliki catatan kriminal
  • Lulusan minimal SMA sederajat
  • Dapat mengoperasikan komputer diutamakan.

2. Syarat Berkas

  • Fotokopi Ijazah terakhir
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi SKCK
  • Daftar Riwayat Hidup (Berpengalaman di toko diutamakan)
  • Kartu Kuning (Kartu Kerja)
  • Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas
  • Pas foto berwarna 4×6 dan 3×4 sebanyak 3 lembar (close up) dan 4×6 3 lembar untuk fullbody.

Kesimpulan

Nah itulah tadi artikel lengkap tentang gaji karyawan alfamart berdasarkan jabatannya dan penjelasannya. Keberadaan alfamart yang sudah banyak dikenal sebagai penyedia barang memang semakin maju di Indonesia, tak heran jika menjadi karyawan alfamart adalah pekerjaan yang cukup menarik. Semoga informasi diatas dapat membantu anda.

  Gaji Guru SD