Gaji HRD

2 min read

Gaji HRD

Gaji HRD – Berapa sih gaji HRD (Human Resources Departement) itu? Divisi HR adalah sebuah departement dalam suatu organisasi perusahaan yang tugasnya berkenaan dengan kepengurusan ke-karyawan, baik itu karyawan yang akan masuk dalam satu perusahaan ataupun karyawan yang akan keluar dari suatu perusahaan.

Tim HRD pun biasanya terbagi menjadi beberapa jenjang / level, diantaranya yakni, magang / internship, staff, supervisor, manager, dan direktur, namun itu bukan ukuran yang baku, karena setiap perusahan tentu bisa saja berbeda nama level manajerialnya.

Sedangkan untuk pembagian tugas / disiplin ilmu, bisa terbagi menjadi HRD Recruitment, HRD Training, HRD Talent Acquisition, HRD Combensation Benefit, HRD Payroll, HRD Learning dan Development, HRD Research dan Development, HRD Personalia, HRD Generalist dan lainnya, yang mungkin namanya bisa saja berbeda-beda setiap perusahan.

Gaji HRD

Untuk HRD yang berkaitan dengan seleksi biasanya berfokus pada penyebaran info lowongan kerja, penjaringan kandidat, pencarian kandidat, pengumpulan kandidat, proses interview, proses aplikasi tes psikologi, proses assesmen, hingga onboarding atau pemberian kontrak kerja.

Untuk HRD yang berkaitan dengan development biasanya berfokus pada pengembangan kemampuan karyawan yang nantinya bisa digunakan untuk meningkatkan kemajuan perusahaan, men-training karyawan agar bisa memaksimalkan potensinya dengan efektif.

Untuk HRD yang berkaitan dengan penggajian biasanya berfokus pada perhitungan absensi, cuti, lembur, izin, sakit, perhitungan pajak yang harus diserahkan kepada pemerintah, ataupun hak yang berkaitan dengan pengurangan dan penambahan dari gaji karyawan yang semula.

Setiap perusahaan bisa saja memiliki satu atau beberapa orang tim staff tergantung dari kebutuhan perusahaan. Misalnya saja untuk perusahaan yang sudah memiliki nama besar dan memiliki banyak karyawan, biasanya memiliki tim HRD yang berfokus pada satu disiplin tugas, yang kemungkinan pula dalam satu disiplin itu memiliki beberapa orang staff lagi.

Sedangkan untuk perusahaan yang belum terlalu besar biasanya memiliki tim yang terbatas namun berbeda level, biasanya untuk fungsi kerjanya masuk ke dalam HR Generalist, yakni yang mengurus semua hal yang berkaitan dengan ke-karyawanan, selebihnya ada Supervisor dan atau Manager.

Gaji HRD

Berapa sih gaji hrd? Sedangkan untuk gaji hrd tentu bisa saja berbeda-beda tergantung dari jenjang posisi dan keuangan perusahaan.

HRD MagangVariasi, namun sesuai UU diwajibkan 75% dari UMR.
HRD Fresh graduate3.000.0006.000.000
HRD Staff4.500.0006.000.000
HRD Supervisor5.000.00010.000.000
HRD Manager10.000.00015.000.000
HRD DirekturUp to 20.000.000 lebih / Negotiable

Namun skala gaji hrd di atas bukanlah ukuran pasti, karena beda perusahaan, beda pula skema gajinya, tentu gaji di perusahaan yang sudah besar tidak akan sama dengan perusahaan baru, bahkan untuk beberapa perusahaan besar, adapula yang gaji HRD Staff bisa mencapai 7.000.000 atau lebih.

Lalu apa saja sih yang harus dipersiapkan jika ingin menjadi HRD? Untuk setiap perusahaan mempunyai standar yang berbeda-beda untuk menentukan kandidatnya, baik dari background ataupun pengalaman bekerja.

Contohnya adalah untuk menduduki posisi staff ada yang mengharuskan dari basic psikologi / management / hukum, namun tidak menutup kemungkinan jika yang selain jurusan tersebut bisa juga kok menduduki posisi HRD.

Untuk usia pun berbeda-beda, misalnya saja ada yang maksimal 25 tahun, maksimal 30 tahun, atau bahkan beberapa ada yang sampai 35 tahun untuk level staff, tapi tentu itu keputusan masing-masing perusahaan, karena ada atasan yang mungkin tidak bisa menerima staff yang usianya jauh diatasnya.

Untuk pekerjaan HR sendiri apa aja sih yang harus diperhatikan? Karena untuk HR adalah fungsi tugas yang berhubungan dengan antar manusia, otomatis harus memiliki ketertarikan dengan orang lain, mampu mendengar, bahkan mampu menjadi konsultan sekaligus untuk karyawannya baik untuk masalah pekerjaan ataupun masalah pribadi.

Karena pada dasarnya ketika seorang memiliki sebuah masalah maka akan sulit untuk bisa berkonsentrasi untuk hal lainnya, maka di sini fungsi HR harus bisa membantu menyelesaikan / membantu salah satu karyawan yang sedang memiliki masalah.

Sedangkan untuk pekerjaan yang berhubungan dengan teknikal, seperti harus bisa menggunakan alat tes psikologi, cara perhitungan alat tes, interpretasi alat tes (untuk beberapa alat tes ini membutuhkan jenjang S2 untuk bisa menginterpretasinya).

Gaji HRD

Lalu untuk kemampuan administratif, karena biasanya untuk menyimpan data / personalia seperti data karyawan, perhitungan gaji dll membutuhkan ketelitian dan ketepatan dalam administrasi, dan tentu tipe pekerjaan yang rutin dan kadang cukup membosankan, oleh karenanya jika ingin menjadi hrd harus memiliki ketertarikan pada hal yang bersifat administratif juga.

Selain itu ada juga kemampuan teknikal interview, cara menggunakan teknik yang tepat untuk bisa mendapatkan kandidat yang tepat, bisa melakukan deep interview (interview yang mendalam) terhadap kandidat.

Dan yang pasti harus siap untuk selalu belajar, karena belajar adalah mutlak dalam bidang apapun, termasuk bidang HRD, tentu ketika bekerja akan ada masalah yang dihampiri, dan sebagai HRD Agent, tentu dituntut untuk harus bisa menyelesaikan itu. Itu dia sedikit penjabaran tentang dunia HRD, dan gaji HRD. Terimakasih.

  Gaji Dokter PNS Paling Baru Tahun 2021