Informasi Gaji Dokter Bedah dan Tenaga Kesehatan Di Indonesia 

Gaji dokter bedah – Bekerja di bidang medis misalnya sebagai dokter atau perawat, banyak menjadi impian orang. Mungkin di antara kita pada waktu masih kecil, Saat ditanya apa cita-citanya? Sebagian besar mungkin akan menjawab adalah sebagai dokter. Alasannya, karena pertimbangan gaji yang cukup besar dan menjanjikan. 

Tidak mengherankan apabila banyak para pelajar bercita-cita menjadi dokter atau perawat setelah menyelesaikan pendidikan Sekolah Menengah Atas. Akan tetapi, agar bisa menjadi seorang dokter atau perawat, Anda harus dapat menyelesaikan sekolah kedokteran atau keperawatan dahulu. 

Profesi dokter sendiri memiliki beberapa jenis mulai dari dokter umum, dokter spesialis, dokter bedah dan sebagainya. Masih masih harus menempuh pendidikan yang berbeda-beda sesuai dengan bidangnya.

Biaya yang harus dikeluarkan untuk menempuh pendidikan dokter ini memang sangat besar, hal ini sebanding dengan nanti penghasilannya. Seperti diketahui, seorang dokter memiliki gaji yang bisa sangat fantastis apalagi jika dia juga membuka praktek.

Salah satu spesialisasi kedokteran yang cukup memiliki gaji besar yaitu dokter bedah. Di samping gaji yang besar, tanggung jawabnya juga sangat berat karena tidak seperti dokter umum. Seorang dokter bedah akan berurusan dengan organ dalam tubuh seseorang yang bisa saja menyangkut langsung dengan kehidupan dan kematiannya.

Pengertian Dan Informasi Gaji Dokter Bedah

Informasi Gaji Dokter Bedah dan Tenaga Kesehatan Di Indonesia 

Pengertian dokter bedah merupakan daftar spesialis yang bertugas mengobati cedera atau kondisi gawat darurat yang dialami pasien melalui metode pembedahan serta obat-obatan. Di dalam prakteknya seringkali dokter bedah menerima rujukan dari dokter umum mengenai kondisi pasien yang butuh tindakan bedah ini. 

Seorang dokter bedah selanjutnya akan melakukan pemeriksaan atau diagnosa yang sesuai dengan keahlian atau disiplin ilmu yang dia miliki. Tujuannya adalah untuk menentukan apakah memang perlu dilakukan prosedur pembedahan kepada pasiennya. 

Tugas Seorang Dokter Bedah

Mengenai tugas seorang dokter bedah, sudah kami sampaikan tentang tugas utamanya di atas. Selain itu, terdapat juga tugas lainnya bagi profesi ini antara lain sebagai berikut:

  • Bedah emergency yang dilakukan untuk penderita kasus tertentu
  • Pengambilan sampel jaringan atau biopsi misalnya pada tumor atau benjolan
  • Perawatan luka baik itu infeksi, luka bakar maupun pasca operasi
  • Pembedahan pada hernia, usus buntu, mastektomi, kolektomi, kandung empedu, bahkan melakukan tindakan amputasi.
  • Melakukan tindakan baik itu bedah invasif (operasi terbuka) atau invasif minimal (sayatan kecil maupun tanpa sayatan).
  • Memberikan konseling, edukasi, dan informasi pada pasien dan keluarganya tentang kondisi medis yang dialami.
  • Melakukan diagnosa penyakit berdasarkan pemeriksaan fisik dan penunjang misalnya endoskopi, laparoskopi, ronsen, USG, MRI, CT scan, bahkan melakukan pemeriksaan laboratorium.

Gaji Dokter Bedah, Dokter Lain Serta Tenaga Kesehatan

Informasi Gaji Dokter Bedah dan Tenaga Kesehatan Di Indonesia 

Setelah mengetahui apa saja pengertian dan tugas dari seorang dokter bedah mungkin Anda juga penasaran seberapa besar gaji dokter bedah dan tenaga kesehatan lainnya?. Informasi tentang gaji profesi ini dapat dilihat di bawah.

No Jenis Pekerjaan Gaji per tahun (Rp)
1 Dokter ahli bedah 2,8 miliar
2 Dokter podiatri 2 miliar
3 Dokter Gigi 2,4 miliar
4 Dokter anak 2,6 miliar
5 Dokter internis 2,7 miliar
6 Dokter keluarga dan umum 3 miliar
7 Psikiater 3,1 miliar
8 Ahli obstetri dan ginekologi 3,3 miliar
9 Dokter ahli oral dan maklofasial 3,4 miliar
10 Dokter ahli anestesi 3,7 miliar

Gaji Dokter Di Mancanegara

 

Gaji Guru Honorer di Indonesia

Menjalani profesi sebagai seorang dokter memang tidak dipungkiri menjadi sebuah keinginan banyak orang. Tidak hanya dianggap merupakan pekerjaan yang bergengsi, gajinya juga digadang-gadang memang sangat besar. Mungkin Anda sendiri juga di masa lalu bercita-cita sebagai seorang dokter?.

Untuk gaji dokter bedah dan lainnya di luar negeri, kisaran gaji nya juga cukup besar. Di situs berbagi pekerjaan seperti LinkedIn, yang termasuk ke dalam salah satu pekerjaan yang punya bayaran tertinggi. Selain itu, dokter yang juga berada pada posisi ke 8 dari 15 profesi yang diunggulkan.

Data ini merupakan hasil penelitian yang terbaru dan menggambarkan bahwa dokter merupakan tenaga profesional dengan gaji sangat tinggi. 

Tidak hanya di Indonesia, di luar negeri gaji dokter termasuk yang paling besar. Berapa sebenarnya gaji dokter?. Menurut sebuah penelitian bahwa sebagian besar dokter akan mempunyai penghasilan lebih dari USD 300.000 atau sekitar Rp 4,5 miliar. Temuan tersebut berdasarkan dari laporan penggunaan LinkedIn di Amerika serikat berjumlah 2 juta laporan. 

Walaupun pada faktanya mungkin gaji dokter bedah yang terungkap di luar negeri tersebut tidak sama dengan di Indonesia, namun setidaknya akan memberikan gambaran bahwa pekerjaan ini memang prospeknya bagus. Lalu, apakah dokter spesialis termasuk dokter bedah punya gaji yang paling tinggi?. Berikut ini adalah datanya.

No Jenis Pekerjaan Gaji per tahun (Rp)
1 Dokter ahli bedah ortopedi 6,8 miliar
2 Dokter ahli jantung 5,8 miliar
3 Dokter ahli radiologi 5,6 miliar
4 Dokter bedah plastik 5,3 miliar
5 Dokter internis 2,7 miliar
6 Dokter bedah darurat 4,7 miliar
7 Dokter Mata 3,7 miliar

Gaji Dokter Dipengaruhi Banyak Faktor

Informasi Gaji Dokter Bedah dan Tenaga Kesehatan Di Indonesia 

Sebenarnya, memang agak sulit untuk menemukan data real yang benar-benar akurat tentang berapa gaji dokter di Indonesia. Alasannya, dokter juga seringkali diibaratkan sebagai konsultan. Artinya, dia akan dibayar sesuai dengan berat pekerjaannya selama 1 bulan.

Contohnya, dokter bedah saraf termasuk salah satu yang paling mahal. Apabila hanya dapat melakukan suatu operasi kecil selama 1 bulan saja, maka akan kalah dengan dokter bedah yang praktek sekaligus pada dua sampai tiga tempat dalam 1 hari. 

Hal yang pasti, penghasilan seorang dokter bedah pada umumnya akan lebih besar dan memperoleh banyak tindakan dibandingkan dengan dokter non bedah. Dokter bedah juga dapat diartikan sebagai dokter yang ‘memegang pisau bedah’ pada prakteknya. 

Selanjutnya, menurut penggolongan tersebut kemudian disebutkan mengapa dokter THT, dokter Mata hingga dokter kandungan termasuk ke dalam kategori dokter bedah dari segi gajinya. Seorang dokter spesialis di kota besar seperti DKI Jakarta, memiliki rentang gaji antara 2 juta sampai 2 miliar perbulannya. 

Mengenai seberapa besar gaji dokter ini memang cukup sulit memperoleh informasinya secara pasti. Alasannya, seorang dokter memang profesi yang juga dipengaruhi oleh faktor senioritas. Semakin senior seorang dokter, biasanya gaji yang diperolehnya juga semakin besar.

Mengingat investasi waktu, tenaga, serta uang yang harus dikeluarkan sangat besar untuk mencapai cita-cita menjadi dokter, tentunya layak Jika seorang dokter ahli bedah memperoleh gaji yang sangat besar. Tanggung jawabnya juga tidak main-main, karena menyangkut kehidupan dan kematian seseorang.

Kesimpulannya, gaji dokter bedah memang yang bisa ditentukan oleh banyak faktor. Dengan biaya sekolah yang tinggi maka tidak heran kalau penghasilan dokter rata-rata memang cukup besar baik itu untuk di luar negeri maupun Indonesia. Kami harap informasi akan bermanfaat untuk Anda.