Gaji Bintara Polri

2 min read

Gaji Bintara Polri

Gaji Bintara Polri – Berapa sih gaji bintara polri?  Dulu sewaktu kecil sering banget kan kita ditanya apa sih cita-cita kamu? Dan sebagian besar anak akan menjawab jadi dokter, polisi, pilot, artis.

Ya mungkin dulu itu-itu aja kali ya yang kita ketahui, jadi mau tidak mau pasti jawabannya mayoritas itu. Tapi ketika besar berapa banyak sih orang yang cita-citanya tercapai sesuai apa yang diinginkannnya sewaktu kecil, atau mungkin sekarang malah berbalik haluan banting setir? Hehehe. Yuk kita bahas sedikit hal tentang polisi.

“Rastra Sewakottama” adalah lambang dari Polisi Republik Indonesia yang memiliki arti “Polri adalah Abdi Utama dari pada Nusa dan Bangsa.” yang diikrarkan sejak 1 Juli 1954 sebagai pedoman hidup Polri.

Yang dalam lambang nya terdapat Perisai, Pancaran Obor, Tangkai Padi dan Kapas, 3 Bintang, dan Warna Hitam yang masing-masing memiliki sebuah arti.

Gaji Bintara Polri

Perisai dapat bermakna pelindung rakyat dan negara. Pancaran obor dapat bermakna sebagai penegasan tugas Polri, disamping memberi suluh atau penerangan juga bermakna penyadaran hati nurani masyarakat agar selalu sadar akan perlunya kondisi kamtibmas yang mantap.

Tangkai padi dan kapas dapat berupa cita-cita bangsa menuju kehidupan adil dan makmur. 3 Bintang dapat bermakna Tri Brata adalah pedoman hidup Polri. Sedangkan untuk warna hitam dan kuning adalah warna legendaris Polri.

Warna hitam adalah lambang dari keabadian dan sikap tenang mantap yang dapat bermakna harapan agar Polri selalu tidak goyah dalam situasi dan kondisi apapun; tenang, memiliki stabilitas nasional yang tinggi dan prima agar selalu dapat berpikir jernih, bersih, dan tepat dalam mengambil keputusan.

Kali ini akan dijabarkan mengenai gaji Bintara Polri. Tapi sebelumnya mari kita lebih mengenal terlebih dahulu apa itu Bintara. Bintara adalah sebutan untuk golongan pangkat dalam ketentaraan dan kepolisian yang lebih rendah dari Letnan Dua dan lebih tinggi dari Ajun Brigadir Polisi.

Bintara terbagi menjadi 5, yakni Bintara PTU (Bintara Polisi Tugas Umum), Bintara TI (Bintara Teknologi Informasi), Bintara Perawat, Bintara Bidan, dan Bintara Pramugari (sumber : penerimaan polri). Untuk tahun 2021 ini rekrutmen dan seleksi calon Bintara Tahun Ajaran 2021 telah dimulai sejak 19 Maret 2019 sampai dengan 01 April 2021.

Gaji Bintara Polri

Adapun untuk jumlah peserta didik sebanyak 10.650 orang untuk PTU dan Bakomsus dengan masa pendidikan lamanya 5 (lima) bulan terhitung sejak 26 Juli 2021 sampai dengan 22 Desember 2021 dengan usia serendah-rendahnya 17 tahun 7 bulan (tujuh belas tahun tujuh bulan) dan setinggi-tingginya 21 tahun untuk SMA/sederajat.

Sedangkan untuk DIII maksimal 22 (dua puluh dua) tahun, dan untuk DIV/S1 maksimal 24 (dua puluh empat) tahun. 

Adapun persyaratannya untuk menjadi anggota kepolisian secara umum adalah

  • Pria / Wanita
  • Takwa Kepada Tuhan
  • Setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia
  • Minimal pendidikan SMA/sederajat
  • Berumur serendah-rendahnya 18 (delapan belas tahun pada saat nanti pelantikan)
  • Sehat jasmani dan rohani
  • Tidak pernah terlibat kasus kriminal atau kejahatan
  • Tidak melakukan perbuatan tercela

Adapun persyaratan secara khusus adalah :

  • Bukan anggota TNI/POLRI/PNS
  • Lulus SMA dengan nilai minimal atau perguruan tinggi dengan nilai minimal.

Untuk persyaratan Bintara Polisi Tugas Umum berijazah SMA bukan Sekolah Paket. Sedangkan untuk lulusan SMK bisa berasal dari semua jurusan kecuali tata busana dan tata kecantikan. Lulusan Sekolah Madrasah SMP/PDD setingkat SMA, dan untuk lulusan DIII, DIV, S1 dengan IPK minimal 2,75 terakreditasi.

Gaji Bintara Polri

Sedangkan untuk Bintara IT lulusan SMK berijazah dengan disiplin ilmu yang berkaitan dengan Teknologi Informatika. Untuk Bintara Perawat berijazah Keperawatan dan memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku dengan IPK minimal 2,75 terakreditasi.

Untuk Bintara Bidan berijazah Kebidanan dan memiliki STR (Surat Tanda Registrasi) yang masih berlaku dengan IPK minimal 2,75 terakreditasi.

Untuk Bintara Pramugari berijazah SMA/SMK/MA dan memiliki sertifikat pramugari dan dan atau berijazah DI/DIII/S1 dan memiliki sertifikat pramugari. Sedangkan untuk persyaratan lainnya bisa di lihat di website Polri di https://penerimaan.polri.go.id 

Berikut akan dijabarkan gaji untuk Bintara menurut PP No. 17 Tahun 2019

PP No. 17 Tahun 2019

Golongan II / BINTARA
Ajun Inspektur Satu(Aiptu)Rp. 2.454.000s.d.Rp. 4.032.600
Ajun Inspektur Dua(Aipda)Rp. 2.379.500s.d.Rp. 3.910.300
Brigadir Polisi Kepala(Bripka)Rp. 2.307.400s.d.Rp. 3.791.700
Brigadir Rp. 2.237.400s.d.Rp. 3.676.700
Brigadir Polisi Satu(Briptu)Rp. 2.169.500s.d.Rp. 3.565.200
Brigadir Polisi Dua(Bripda)Rp. 2.103.700s.d.Rp. 3.457.100

Demikian sedikit penjabaran mengenai gaji Bintara Polri. Semoga artikel ini dapat memotivasi bagi yang berniat mendaftar menjadi anggota kepolisian. Semoga bermanfaat. TerimaKasih.

  Berikut Gaji Staff Bandara Terbaru dan Terlengkap 2021