Informasi Tentang Gaji Bidan Dan Penjelasan Pekerjaannya

Gaji Bidan – Informasi mengenai gaji bidan dan apa saja detail pekerjaannya, pastinya akan bermanfaat untuk Anda yang memang berniat  ingin menjalani pendidikan kebidanan.

Apa yang terlintas dalam pikiran saat mendengar profesi bidan ini?. Pekerjaan tersebut memang sangat berkaitan dengan sebuah proses membantu seorang wanita melakukan persalinan. 

Penjelasan Tentang Pekerjaan Bidan

Sebelum mengetahui lebih lanjut berapakah besaran gaji bidan ini, mungkin akan bermanfaat juga untuk mengetahui apa itu bidan dan bagaimana mereka melakukan pekerjaannya.

Artinya, ini sebagai gambaran untuk Anda yang mungkin ingin kuliah jurusan kebidanan. Berikut ini adalah penjelasan seputar informasi tentang pekerjaan bidan.

  • Menolong Dari Mulai Proses Persalinan Sampai Menyusui

Pekerjaan bidan tidak hanya membantu dalam proses persalinan saja. Lebih dari itu, bilang juga punya peran selama proses kehamilan seorang wanita. Setelah melahirkan juga bidan akan memperhatikan kesehatan sang ibu sampai proses menyusui.

  • Berperan Untuk Mengawasi Tumbuh Kembang Anak

Selain membantu proses persalinan atau mengawasi kesehatan ibu, ternyata bidan juga mengawasi kesehatan anak-anaknya. Bidan punya peran untuk memperhatikan anak supaya mendapatkan gizi dan kesehatan bagus.

Informasi Tentang Gaji Bidan Dan Penjelasan Pekerjaannya

Hal ini dilakukan dengan mengadakan kegiatan di posyandu misalnya penimbangan, imunisasi, dan pemberian makanan tambahan anak.

  • Memberikan Pelayanan Kesehatan Bagi Seluruh Wanita

Profesi bidan memang identik dalam pemberian pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Akan tetapi, bidan juga sebenarnya punya tugas memberikan pelayanan kesehatan bagi wanita remaja. Bahkan, kesehatan mereka yang sudah lanjut usia juga diperhatikan. 

  • Punya Latar Belakang Ilmu Kebidanan

Agar Anda bisa menjadi seorang bidan, tentu harus mempunyai latar belakang pendidikan di ilmu kebidanan. Bidan sendiri biasanya pendidikan D3 atau S1. Jika Anda telah lulus pendidikan, untuk menjalani serangkaian proses untuk bisa bekerja atau membuka praktek sendiri.

  • Dapat Membuka Praktek Mandiri

Selain bidan bisa bekerja pada berbagai instansi kesehatan misalnya rumah sakit maupun Puskesmas, bidan juga bisa membuka praktek mandiri. Layanan yang biasanya disediakan yaitu KB, imunisasi, bahan untuk pemeriksaan kesehatan anak. Peran bidan ini sangat penting sekali. 

  • Harus Punya Sertifikasi Dahulu

Tidak hanya menyelesaikan pendidikan dalam ilmu kebidanan, untuk bisa membuka praktek mandiri Anda juga harus melakukan sejumlah proses sertifikasi. Saat Anda lulus, maka baru mendapatkan izin untuk bisa membuka praktek mandiri kebidanan.

  • Harus Menempuh Pendidikan Profesi

Untuk bisa menjalankan profesi sebagai seorang bidan, tidak hanya cukup menempuh pendidikan hingga jenjang sarjana kebidanan saja. Setelah Anda lulus dari pendidikan tersebut, Anda juga harus menjalani pendidikan profesi yang lamanya sekitar 1 tahun.

  • Sering Melakukan Praktek

Di waktu kuliah, para mahasiswa jurusan kebidanan termasuk salah satu yang paling sering melakukan praktek. Kegiatannya mulai dari praktek laboratorium sampai di pusat pelayanan kesehatan. Dengan seringnya melakukan praktek bentuk kemampuan akan lebih bagus dan nantinya mahir saat lulus.

  • Bertanggung Jawab Terhadap Berbagai Sasaran Asuhan

Pada waktu kelulusan, seorang bidan juga akan disumpah agar melakukan profesi dengan ikhlas dan tujuan mulia. Dia juga harus bertanggung jawab terhadap seluruh sasaran asuhannya. Sasaran asuhan tersebut mulai dari wanita hamil, remaja putri, ibu melahirkan, ibu menyusui, ibu nifas, bayi dan balita.

Informasi Perkiraan Gaji Bidan PNS Atau Pemasukan Dalam Satu Bulannya

Informasi Tentang Gaji Bidan Dan Penjelasan Pekerjaannya

Berbicara mengenai seberapa besar perkiraan gaji bidan PNS dalam satu bulannya, tentu saja di setiap waktunya mengalami perubahan dan semakin besar dari dari tahun ketahun. Selain bidan yang membuka praktek sendiri, terdapat pula bidan PNS.

Informasi seberapa besar kisaran gaji bidan PNS ini tentu ingin diketahui oleh Anda yang ingin menjalani profesi bidan dan bercita-cita jadi PNS. 

Untuk mendapatkan informasi seberapa besar gaji bidan apabila menjadi seorang PNS, Anda juga harus paham tentang golongan serta jabatan bidan PNS ini. Setelah itu, barulah bisa mengetahui informasi beberapa besaran gaji yang diterimanya. Berikut kami akan menjelaskan informasinya: 

Bidan Terampil

Informasi tentang gaji PNS untuk kategori bidan terampil terbagi menjadi beberapa macam, yaitu berikut ini: 

  • Bidan Pelaksana
Info Pekerjaan Dan Gaji Satpam Bank Di Indonesia

Bidan pelaksana pemula golongan II/A. Gaji pokok yang diterima oleh golongan ini adalah sekitar Rp1.926.000 per bulannya. Bidan pelaksana sendiri terbagi menjadi tiga macam yaitu :

    • Pengatur muda tingkat 1 dengan golongan pangkat II/b memperoleh gaji pokok di kisaran Rp2.103.000 per bulannya.
    • Pengatur, golongan II/c memperoleh gaji pokok dengan jumlah Rp. 2.192.300 per bulannya.
    • Pengatur tingkat 1, golongan II/d memperoleh gaji pokok dengan jumlah Rp 2.285.000 per bulannya.

Bidan pelaksana lanjutan, terbagi menjadi dua, antara lain:

    • Penata muda golongan III/a memiliki gaji pokok sejumlah Rp2.456.700 per bulannya.
    • Penata muda tingkat 1 golongan III/b mempunyai gaji pokok sejumlah Rp2.560.600 per bulan.
  • Bidan Penyelia

Untuk bidan penyelia, terbagi menjadi dua antara lain sebagai berikut:

    • Penata golongan III/c memiliki gaji pokok di kisaran Rp2.668.900 setiap bulannya.
    • Penata tingkat 1 golongan III/d memiliki gaji pokok sejumlah Rp2.781.800 perbulannya.

Bidan Ahli

Informasi Tentang Gaji Bidan Dan Penjelasan Pekerjaannya

Gaji bidan PNS dalam kategori bidan ahli adalah berikut ini :

  • Bidan Pratama, terbagi menjadi dua golongan antara lain sebagai berikut;
    • Penata muda, golongan III/a, memiliki gaji pokok sekitar Rp2.456.700 per bulannya.
    • Penata muda tingkat 1, golongan III/b mempunyai gaji pokok sekitar Rp2.560.600 per bulannya.
  • Bidan muda, terbagi menjadi tiga golongan yaitu sebagai berikut:
    • Penata, golongan III/c memiliki gaji pokok sekitar Rp2.668.900 per bulannya.
    • Penata tingkat 1, golongan III/d memiliki gaji pokok sekitar Rp2.781.800 per bulannya.
  • Bidan Madya, terbagi menjadi 3 antara lain sebagai berikut:
    • Pembina, golongan IV/a memiliki gaji pokok sekitar Rp2.899.500 per bulannya.
    • Pembina tingkat 1, golongan IV/b mempunyai gaji pokok sekitar Rp3.022.100 per bulannya.
    • Pembina utama muda golongan IV/c memiliki gaji pokok sekitar Rp3.149.900 per bulannya.

Demikianlah informasi perkiraan gaji seorang bidan PNS berdasarkan golongan. Semua angka yang disebutkan di atas adalah gaji pokok dan belum ditambah dengan sejumlah instrumen lainnya dari susunan gaji PNS yang dibawa ke rumah atau dikenal dengan take home pay. 

Beberapa instrumen tersebut mulai dari tunjangan kinerja, tunjangan anak dan istri bagi yang telah berkeluarga, tunjangan makan, serta tunjangan lainnya. Jika ditambahkan dengan sejumlah tunjangan tersebut, penghasilan yang diperoleh setiap bulannya bisa mencapai dua kali lipat dari gaji pokok yang diterima.

Bagaimana? setelah melihat informasi gaji bidan, apakah Anda mulai tertarik untuk mulai meniti karir atau melanjutkan pendidikan sebagai seorang bidan PNS?. Seberapa besarpun penghasilannya, tujuan utama seorang bidan yang harus ditanamkan di hati adalah membantu pemerintah untuk mewujudkan Indonesia yang lebih sehat.

Kami harapkan informasi ini akan sangat bermanfaat bagi anda dalam referensi pertimbangan jika memang ingin menempuh pendidikan di jurusan kebidanan.