Fitur Reels Instagram

Fitur Reels Instagram Tidak Muncul? Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasinya!

Fitur Reels Instagram *** Fitur Reels Instagram merupakan salah satu fitur terbaru yang ditawarkan oleh Instagram dan dapat digunakan oleh seluruh pengguna Instagram. Namun, terlepas dari itu, tentu ada juga beberapa orang yang mengalami permasalahan ataupun kendala seperti fitur reels Instagram tidak muncul pada akun IG mereka. Jadi, apa yang terjadi dan menyebabkan fitur tersebut tidak muncul serta bagaimana cara mengatasinya? Tak perlu bingung, karena berikut ini Anda dapat melihatnya dengan jelas.

Informasi Tentang Fitur Reels Instagram

Seperti yang Anda ketahui bahwa belum lama ini Instagram merilis fitur terbarunya yaitu Instagram Reels. Tak hanya itu saja, fitur yang satu ini banyak sekali digunakan dan diperbincangkan oleh para pengguna aplikasi Instagram. Namun, pada sebelumnya, fitur Reels Instagram ini memang masih dalam tahap uji coba terutama di beberapa negara saja.

Akan tetapi, saat ini menurut kabar yang ada bahwa fitur Instagram Reels ini telah dirilis secara resmi dan dapat digunakan terutama bagi para pengguna IG di Indonesia. Selain itu, aplikasi tersebut juga disebut-sebut mirip seperti aplikasi TikTok, yang mana aplikasi ini juga cukup populer di berbagai negara.

Jadi, fitur Instagram reels itu sendiri merupakan salah satu fitur yang memang cukup mirip dengan aplikasi Tiktok, yang mana fitur tersebut para penggunanya akan dapat mengunggah sebuah video pendek dengan durasi selama 15 detik. Kemudian video pendek ini bisa Anda unggah melalui laman yang tersedia yaitu pada feed akun Instagram Anda. Tak hanya itu saja, para pengguna juga bisa mengunggah berbagai video, foto ataupun suara ke fitur Instagram reels ini.

Ketahui Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Palsu dengan Benar

Selain itu, pada fitur Instagram reels tersebut para pengguna juga bisa menambahkan berbagai efek ataupun filter sesuai dengan keinginan pengguna sehingga membuat video yang Anda unggah menjadi jauh lebih menarik dan keren. Semenjak fitur tersebut dirilis secara resmi, kini sudah ada banyak pengguna yang mengunggah berbagai video dan mencoba fitur tersebut.

Kenapa Fitur Reels Instagram Tidak Muncul?

Semenjak dirilis tentu saja sejumlah pengguna mungkin telah mendapati dan menggunakan fitur reels tersebut pada akun Instagram mereka. Namun, ada pula beberapa pengguna IG yang tidak bisa mencoba fitur ini, yang disebabkan karena fitur tersebut tidak muncul pada aplikasi mereka. Lantas mengapa bisa begitu? Tentu saja ada beberapa hal yang mungkin saja dapat menjadi penyebab dari masalah tidak munculnya fitur tersebut.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak mendapati fitur reels IG tersebut maka untuk cara mengatasinya sangatlah mudah, Anda dapat mencoba beberapa cara seperti dibawah ini, seperti :

  1. Cobalah Untuk Update Aplikasi Instagram

Untuk langkah pertama yaitu Anda bisa mencoba untuk mengupdate aplikasi Instagram milik Anda. Mengenai hal ini, tentu saja kemungkinan besarnya Instagram Anda memang belum up to date ke versi terbaru sehingga fitur reels Instagram tidak bisa muncul pada akun IG Anda. Untuk caranya, pertama Anda bisa membuka PlayStore dan cari aplikasi IG serta update.

  1. Sign In Ulang ke Akun Instagram

Jika cara pertama telah Anda update ke versi terbaru dan fitur tersebut belum muncul juga maka Anda dapat mengikuti cara mengatasi fitur reels Instagram yang satu ini yaitu dengan sign in ulang ke akun IG milik Anda. Jadi, pastikan Anda log out atau keluar dari akun IG terlebih dahulu, lalu Anda sign in kembali dengan cara memasukan unsername dan juga password.

  1. Cobalah Untuk Update OS HP

Apabila pada sebelumnya smartphone milik Anda pernah mendapatkan pemberitahuan tentang update OS dan Anda abaikan begitu saja, mungkin ini bisa saja menjadi faktor selanjutnya kenapa fitur reels IG tidak muncul pada akun Instagram Anda. Oleh karena itu, sebagai cara mengatasinya Anda bisa mengupdate OS atau IOS milik smartphone Anda. Caranya Anda bisa langsung masuk ke menu setting pada ponsel, jika nantinya tersedia pemberitahuan update maka segera lakukan update dan tunggu hingga selesai.

  1. Hapus dan Install Ulang App Instagram
4 Cara Memperbesar Ukuran PDF dengan Mudah 

Apabila semua cara seperti diatas belum bisa dan masih saja tidak muncul fitur reels Instagram tersebut maka Anda dapat mencoba cara atau langkah yang terakhir yaitu dengan menghapus aplikasi IG dan menginstall ulang kembali app Instagram tersebut melalui PlayStore atau AppStore.

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur Instagram Feels?

Semenjak hadirnya fitur terbaru di Instagram tentu sudah banyak para pengguna yang mencoba fitur yang satu ini. Nah, bagi Anda yang ingin mencoba fitur tersebut, Anda bisa mengunggah beberapa video menarik ataupun lucu melalui fitur IG ini. Lalu, bagaimana caranya? Berikut dapat Anda ikuti panduannya:

  • Pertama masuk terlebih dahulu ke aplikasi Instagram dan pastikan fitur reels IG ini telah ada pada akun IG milik Anda.
  • Jika sudah, buka menu IG story.
  • Lalu, pilih reels yang ada di sebelah kanan bawah
  • Jika video yang ingin Anda unggah menjadi lebih keren dan menarik maka Anda dapat menggunakan fitur filter ataupun efek sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Sebagai saran Anda bisa menggunakan fitur timer dan juga countdown.
  • Kemudian rekam video hingga selesai, untuk durasinya bisa sesuai keinginan para pengguna.
  • Langkah terakhir, unggah video agar dapat dilihat oleh pengguna lain atau followers.

Keunggulan Fitur Reels Instagram

Meskipun sudah banyak menggunakan fitur terbaru dari IG tentu Anda masih belum tahu bukan apa saja keunggulan yang ditawarkan oleh fitur reels Instagram tersebut. Mengenai fitur reels tentu saja ada berbagai keunggulan yang ditawarkan pada reels IG, antara lain :

  1. Dapat Membuat Video Reels Versi Para Pengguna IG

Untuk keunggulan yang pertama tentu sudah pasti para pengguna dapat mengunggah video sesuai dengan keinginan mereka dan pastinya video tersebut reels versi mereka sendiri, yang mana nantinya bisa pula menyatukan dengan video-video reels yang telah ada. Tak hanya itu saja, pengguna nantinya juga dapat mengkreasikan berbagai video seperti kreasi video kolaborasi, menambahkan perspektif, membagikan reaksi wajah dan konten-konten yang lainnya melalui fitur reels.

  1. Tersedia Efek AR 
Cara Cek Nomor XL

Berikutnya pada fitur reels IG ini juga tersedia efek AR, yang mana nantinya dapat membantu untuk mempercantik lagi konten reels para pengguna IG. Jadi, para pengguna bisa memilih untuk menggunakan berbagai filter atau efek yang diinginkan sehingga konten reels yang dibagikan akan jauh lebih menarik dan keren.

  1. Durasi Video Reels Lebih Panjang Hingga 30 Detik

Kelebihan dan keunggulan selanjutnya yang ditawarkan oleh fitur reels Instagram ini yaitu durasi video reels bisa hingga 30 detik dan bisa menambahkan pula pengaturan timer sampai 10 detik. Selain itu, fitur ini tersedia pula kemampuan untuk mengedit ataupun memotong klip video dengan mudah.

  1. Peluncuran Konten Bermerek

Terakhir reels dilengkapi pula dengan fitur konten bermerek atau peluncuran tag branded content sehingga para creator bisa menginformasikan berbagai konten hasil kerja samanya dengan sebuah brand atau merek secara transparan.

Jadi, itulah ada sedikit informasi yang dapat Anda lihat tentang fitur reels Instagram dan cara mengatasinya apabila fitur tersebut tidak muncul pada aplikasi IG milik Anda Selamat mencoba!