Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

6 min read

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Contoh teks ulasan sangat bermanfaat untuk memberikan informasi singkat mengenai suatu hal. Bisa berupa buku, film, lagu, puisi, dan masih banyak lagi. Anda bisa menulis teks ulasan saat ingin menyampaikan kesan pesan Anda mengenai sebuah karya.

Agar dapat lebih memahami teks ulasan ini, Anda perlu menelusuri terlebih dahulu mengenai jenis dan ciri-ciri dari teks ini.

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah sebuah tulisan yang berisi penilaian terhadap suatu karya. Contohnya saat mengulas film dan drama, Anda harus memberikan penilaian secara detail dan kritis. Pemikiran kritis saat menulis teks ulasan sangat penting, karena dapat menjadikan teks tersebut menjadi lebih menarik dan informasi yang mendetail.

Ciri Ciri Teks Ulasan

Setelah Anda memahami pengertian teks ulasan, selanjutnya Anda juga harus memahami ciri-ciri dari sebuah teks ulasan. Berikut uraiannya:

Struktur 

Struktur dari teks ulasan terdiri dari: Orientasi, Tafsiran, Evaluasi dan Rangkuman.

Informasi

Teks ulasan harus mengandung informasi dengan cara pandang atau opini penulis, terhadap suatu karya secara objektif.

Opini

Opini yang harus dituliskan pada teks ulasan harus berdasarkan fakta yang di-interpretasi-kan.

Resensi

Teks ulasan juga dikenal dengan istilah “resensi” dalam dunia kepenulisan.

Struktur Teks Ulasan

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Struktur dari teks ulasan adalah bagian-bagian yang membangun teks itu sendiri. Maka dari itu, Anda harus memenuhi semua struktur agar teks resensi dapat memberikan informasi secara lengkap. Berikut uraian penjelasannya:

Orientasi

Struktur pertama dalam teks ulasan adalah orientasi, yang mana isinya gambaran umum mengenai sebuah karya. Anda juga harus menuliskan latar belakang dari sebuah karya yang akan diulas ini secara singkat dan jelas. 

Tafsiran

Struktur kedua yaitu tafsiran, berisi gambaran detail mengenai karya yang akan diulas. Anda juga bisa menuliskan keunggulan dari karya tersebut seperti keunikan, kualitas, alur cerita, dan masih banyak lagi.

Evaluasi

Evaluasi dalam struktur contoh teks ulasan, berisi pandangan pribadi dari penulis. Evaluasi wajib dilakukan setelah penulis melakukan tafsiran terhadap karya secara meluas. Penulis juga harus menyebutkan bagian kekurangan dan kelebihan karya tersebut secara objektif.

Rangkuman

Rangkuman berisi penjelasan singkat terhadap sebuah karya, bisa juga berupa kesimpulan dari alur cerita (jika drama, film, buku, dst). Pada bagian ini juga harus memuat komentar penulis terhadap karya, apakah bernilai dan cocok untuk direkomendasikan atau tidak.

Tujuan Teks Ulasan

Tujuan teks ulasan yang perlu Anda ketahui antara lain:

  • Memberikan informasi kepada pembaca mengenai kelebihan dan kekurangan sebuah karya.
  • Memberikan sudut pandang dan penilaian secara personal terhadap suatu karya.
  • Membantu pembaca untuk dapat mempertimbangkan rekomendasi suatu karya.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Agar Anda dapat menulis teks ulasan dengan baik dan benar, maka ikutilah kaidah kebahasaan berikut ini:

  • Teks ulasan drama dan film harus lebih menonjol dalam hal karya seni yang akan diulas.
  • Gunakan kata-kata persiasif dan opini.
  • Gunakan konjungsi internal dan eksternal.
  • Gunakan ungkapan perbandingan; persamaan dan perbedaan.
  • Gunakan kata kerja material dan relasional.

Contoh Teks Ulasan

Berikut ini adalah beberapa contoh teks ulasan dari berbagai jenis karya:

Contoh Teks Ulasan Novel

Novel berjudul “Menemuimu dalam Do’a” karya Hamida Surya, memiliki karakter utama bernama Indah. Dalam novel ini, diceritakan bahwa Indah berusaha untuk melupakan sangat mantan kekasih. Bayang-bayang dan kenangan manis bersama mantannya selalu hadir setiap hari.

Sudah berbagai cara ia lakukan agar bisa melupakan masa lalu. Mulai dari mengisi hari dengan kesibukan, bahkan membuka hati untuk orang lain. Namun semuanya tidak memberikan hasil yang diinginkan.

Karakter Indah adalah seorang gadis 19 tahun dan hidup di tengah keluarga berkecukupan. Indah menjalani hari-hari layaknya seorang gadis pada umumnya. Namun kehidupannya berubah setelah bertemu dengan seorang laki-laki bernama Galih.

Awal mula pertemuan itu terjadi di dunia maya, yang akhirnya berhasil membuka kisah baru. Menariknya, Gaih ternyata merupakan sepupu dari sahabat Indah.

Hubungan tersebut mulai terjadi sekian lamanya, hingga mereka ada dalam hubungan pacaran. Hanya saja keberuntungan tidak berpihak, hubungan tersebut harus putus setelah setahun lamanya terjalin. Galih dan Indah mulai saling menjauh setelah putus, mereka menjalani kehidupan masing-masing sebagai orang asing satu sama lain.

Indah dan Galih sama sama sibuk untuk melanjutkan pendidikan mereka. Akhirnya masing-masing dari mereka berhasil menjalin hubungan baru dengan orang lain. Meskipun hubungan mereka semakin menjauh, namun kenangan cintanya masih selalu tersimpan di dalam hati.

Setelah empat tahun berlalu, akhirnya Galih dan Indah sudah saling menyapa kembali. Sama seperti pertama kali bertemu, mereka saling menyapa di sosial media.

Akhirnya hubungan mereka kembali terjalin, setelah dua tahun berlalu. Indah akhirnya memutuskan untuk kembali pergi karena Galih tidak mau mendengarkan perkataan Indah. Kepergian Indah kali ini bukan karena tidak ada cinta, namun ia harus dapat melindungi diri sendiri. Cinta pada Galih akan selalu ada, Indah selalu menemui Galih dalam do’a.

“Menemuimu dalam Do’a” adalah novel yang ditulis berdasarkan kehidupan para remaja. Bahasa yang digunakan pun ringan sehingga mudah untuk dimengerti, para pembaca bisa membacanya secara cepat. Semua manusia yang mengalami jatuh cinta, pasti akan merasa jatuh kedalam novel ini.

Semua pertikaian yang terjadi yaitu menentukan dua pilihan yang berat, antara melupakan dan terus mendoakan. Akhirya Indah harus memilih apa yang telah direncanakan oleh Tuhan.

Novel ini mengangkat tema romantis, dan memberatkan alur pada konflik yang terjadi di dalam hati para karakter. Antara otak dan hati tidak sejalan, alur seperti ini memang sering terjadi pada tema romantis.

Alur dalam novel ini juga sering menampilkan scene sehari-hari di kalangan remaja. Hanya saja tampilan depan novel kurang berwarna, hingga terkesan mati dan kurang menarik.

Contoh Teks Ulasan Film

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Informasi Umum

  Pengertian, Macam dan Fungsi Keluarga

Judul: Dilan 1990

Sutradara: Fajar Bustomi

Produser: Ody M. Hidayat

Penulis: Pidi Baiq

Distributor: Falcon Pictures

Rilis: Januari 2018

Durasi: 110 menit

Bahasa: Indonesia

Pemain

  1. Iqbaal D. Ramadhan
  2. Vanesha Prescilla
  3. Yoriko Angeline
  4. Brandon Salim
  5. Zulda Maharani
  6. Dll.

Film Dilan 1990 merupakan cerita yang diangkat dari sebuah buku karya Pidi Baiq. Disutradarai oleh Fajar Bustomi, film ini berhasil meraih lebih dari enam juta penonton. Mengingat bukunya yang laris terjual beberapa tahun sebelumnya, maka tidak heran jika banyak yang antusias terhadap filmnya.

Pada Januari 2018 film Dilan 1990 resmi rilis dan tayang serentak di bioskop seluruh Indonesia. Seperti yang dikatakan oleh penulisnya, film ini diangkat dari kisah nyata cerita cinta remaja SMA di Bandung.

Karakter perempuan bernama Milea, adalah seorang gadis cantik pindahan dari Jakarta, yang kemudian bertemu dengan Dilan di sekolah. Sedangkan Dilan adalah karakter utama, ia sangat aktif di geng motor bahkan menjadi ketua. Pertemuan tersebut terjadi di jalan menuju sekolah, Dilan menggoda Milea dengan rayuan ajaibnya. 

Pendekatan Dilan terhadap Milea terus berlangsung, hingga akhirnya hati Milea berhasil luluh. Namun ternyata tidak hanya Dilan yang suka pada Milea, tetapi Nandan yang juga teman sekelasnya menyukai Milea juga. Setelah mengetahui hal itu, perlahan-lahan Dilan menjauhi Milea. Namun ternyata dugaan tersebut tidak benar, dan akhirnya Dilan kembali mendekati Milea.

Dilan selalu berhasil membuat Milea tersenyum, karena ia mampu mengungkapkan perasaannya secara unik. Mereka berdua selalu bersama entah itu di sekolah, rumah, atau dimana pun. Akhirnya mereka berpacaran dengan cara jadian yang cukup unik, yaitu dengan menandatangani surat di atas materai. 

Film Dilan 1990 hanya merupakan pembuka dari beberapa sequelnya, akan ada beberapa seri film Dilan selanjutnya. Sehingga membuat alur cerita dari film ini menjadi “nanggung”. Tidak hanya remaja, para orang dewasa pun akan dibuat nostalgia saat menonton film Dilan 1990.

Contoh Teks Ulasan Buku

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Jenis, Ciri-Ciri

Identitas Buku

  1. Judul: Cinta Brontosaurus
  2.  Penulis : Raditya Dika
  3. Genre : Komedi, Romantis
  4. Penerbit : Gagas Media
  5. Tahun Terbit : 2006
  6. Tebal Buku : 160 Halaman

Sinopsis Buku

  Perbedaan Globalisasi, Modernisasi Dan Westernisasi

Dika adalah seorang laki-laki setengah dewasa yang baru putus dengan Nina, pacarnya yang sudah menjalin hubungan beberapa bulan ke belakang. Semenjak itu, Dika selalu percaya bahwa cinta itu bisa kadaluarsa.

Bersama temannya Kosasih yang juga agen naskah, dia mencoba untuk terus meyakinkan Dika agar bisa percaya lagi akan cinta. Kosasih sendiri sudah sangat yakin akan cinta, hingga ia menikahi pacarnya Wanda. Usaha meyakini cinta ini membawa Dika ke dalam perkenalan absurd dengan wanita-wanita.

Namun ternyata cinta datang tiba-tiba, Dika akhirnya bertemu dengan Jessica yang memiliki kepribadian dan pikiran cukup aneh, sama dengan dirinya sendiri. Setelah ia mengenal Jessica lebih dalam, Dika kembali bertanya “apakah benar cinta bisa kadaluarsa?” Di sisi lain, Mr. Soe Lim memberikan penawaran kepada Dika untuk membuat film dari bukunya “Cinta Brontosaurus”.

Dika tertarik dengan tawaran tersebut, hingga akhirnya berbagai konflik menyerang. Salah satunya, yaitu Mr. Soe Lim yang ingin mengubah naskah asli milik Dika. Buku tersebut berisi tentang bagaimana perjalanan Dika memahami cinta, yang justru ia dapatkan dari pengalamannya bersama Jessica, teman, dan keluarga.

Penilaian

  1. Tampilan: Cover bukunya sangat menarik, membuat para pembaca penasaran terhadap isinya.
  2. Isi: Isi dari buku ini sangat memuaskan mulai dari komedi, romantis, hingga kehidupan sehari-hari karakter utama.
  3. Bahasa: Kebanyakan bahasa yang digunakan adalah bahasa gaul, dengan kosa kata yang biasa digunakan sehari-hari. Hal ini sesuai dengan tema yang diangkat.

Kelebihan

  1. Tema yang diangkat dapat menarik minat para pembaca.
  2. Banyak kelucuan sehingga membuat pembaca tertawa.

Kekurangan

  1. Akhir cerita “nanggung” dan membuat pembaca penasaran.
  2. Banyak kata-kata vulgar yang tidak disensor.

Kesimpulan

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, namun buku ini punya daya tarik yang cukup besar sehingga para pembaca dibuat kagum. Penulis Raditya Dika memang dikenal karena banyak karyanya yang bagus dan lucu. Jiwa humoris Dika berhasil dituangkan ke dalam setiap karyanya, dan berhasil membuat audience tertawa.

Contoh Teks Ulasan Cerpen Singkat

Cerpen berjudul “Aku, Ibu, dan Takdir” karya Bahtari Anugerah, mengangkat tema kekeluargaan dan kehidupan sosial. Cerpen ini dipublikasikan pada tahun 2015, menceritakan tentang bagaimana kerasnya kehidupan seorang gadis bernama Bella.

Diceritakan bahwa Bella sudah terpisah dengan ibu kandungnya sejak lama, dari sanalah mulai banyak penderitaan yang dirasakannya.

Bella adalah gadis SMA yang memiliki wajah cantik juga pandai dalam segala hal. Ia hidup dengan seorang nenek tua, diketahui bahwa Bella sudah dititipkan kepada nenek tersebut sejak lama. Ibunya sibuk bekerja dan ayahnya pergi entah kemana.

Setelah dua tahun berlalu, Bella tidak kunjung dijemput oleh ibunya. Sejak itu, sang nenek dengan sukarela merawat Bella. Usianya masih empat tahun sejak ditinggal oleh ibunya. 

Kini usia Bella sudah menginjak remaja 15 tahun, dan sang nenek sudah semakin menua. Sehingga sang nenek sudah lupa siapa Bella, hingga akhirnya Bella ingin mencari tahu keberadaan ibunya. Hingga akhirnya Bella berhasil menemukan titik terang atas keberadaan sang ibu. Malangnya, yang ia temui hanyalah jasad sang ibu yang sudah terbaring lemah.

Bella menangis dan tak mengira bahwa takdirnya menjadi seburuk ini. Namun masih ada hal yang ia syukuri, yaitu dapat melihat bagaimana sosok sang ibu sebelum ia dikebumikan. Cerpen ini memiliki akhir yang sangat menyedihkan, alurnya sangat jelas dan cukup ringkas. Kekurangan dari ceritanya, yaitu latar belakang dan masa lalu sang ibu. 

Kekurangan tersebut tertutupi karena kelebihan yang dimiliki oleh alur ceritanya. Siapapun sangat direkomendasikan untuk membaca cerpen ini, karena dapat membuat pembaca untuk bersyukur atas semua yang dimiliki.

Terutama jika pembaca masih memiliki sosok ibu, cerpen karya Bahtari ini dapat memberi pelajaran penting agar pembaca bisa menerima takdir Tuhan.

Contoh Teks Ulasan Album Lagu

Kotak adalah band asal Indonesia yang memiliki tiga personil yaitu Tantri (vokalis), Chua (bassist), dan Cello (gitaris). Album kedua band ini dinamakan “Kotak Kedua”, dirilis pada tahun 2008, Album ini dirilis oleh Warner Music Group.

Dalam album tersebut ada 12 lagu yaitu Tinggalkan Saja, Lagi-Lagi, Beraksi, Masih Cinta, Kosong Toejoeh, Mencintaiku dan Dia, Berbeda, Tetap Ada, Bayang Abadi, Terluka, Rock Never Dies, dan Kembali Untukmu. Album kedua ini dirilis pada Juni 2008, dan berhasil meraih AMI Award sebagai Album Rock Terbaik.

Album Kotak Kedua memang memiliki lagu-lagu yang menarik secara keseluruhan. Sehingga dapat dikatakan album ini sangat sukses, banyak masyarakat yang menyukai lagunya. Hal ini tentu dapat dilihat dari penghargaan yang berhasil diraihnya.

Meskipun usia album Kotak Kedua sudah lebih dari 10 tahun, namun semua lagu-lagunya masih tetap eksis dan disukai masyarakat hingga kini.

Keunikan dan keunggulan album Kotak ini sangat direkomendasikan untuk dibeli, terutama bagi para pecinta musik rock Indonesia. Semua lagu-lagu di dalamnya sangat ekspresif, sehingga memberikan semangat tersendiri bagi para pendengar. Sangat rugi jika Anda melewati untuk membeli album Kotak Kedua. Anda juga bisa mendukung musisi tanah air agar bisa terus berkarya dan mengharumkan nama bangsa.

Contoh teks ulasan sangat mudah untuk dibuat, asalkan Anda sudah memahami alur dari sebuah karya. Anda bisa beropini dengan bebas sesuai dengan fakta yang ada. Memberikan informasi yang jelas kepada para pembaca akan memudahkan mereka untuk memilih rekomendasi karya.

Avatar