Cara Pakai Aplikasi Zoom

Cara Pakai Aplikasi Zoom Meeting di HP dan Laptop – Zoom Cloud Meeting atau yang lebih dikenal sebagai aplikasi Zoom sejauh ini menjadi salah satu aplikasi video conference terbaik yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, baik sekolah atau kerja terhitung sejak pandemi covid-19 beberapa waktu lalu. Lantas, cara pakai aplikasi Zoom meeting seperti apa?

Jika Anda merupakan salah satu orang yang berkecimpung di dunia conference dan sedang mencari aplikasi conference terbaik saat ini, Zoom meeting dapat menjadi sebuah aplikasi yang bisa Anda manfaatkan. Berikut tutorial cara pakainya di HP dan laptop yang bisa Anda jalankan. So, let’s check these out!

Cara Pakai Aplikasi Zoom Meeting di HP dan Laptop

Sebelum kita membahas bagaimana cara pakai aplikasi Zoom meeting di HP dan laptop, terlebih dahulu kita akan membahas tentang apa saja fitur yang bisa didapatkan dari aplikasi yang satu ini. Adapun fitur – fitur yang terdapat di dalamnya terdiri atas :

Aplikasi ini menggunakan video dan audio HD

Gambar, video atau audio yang ditampilkan selama Zoom Meeting berlangsung tak perlu Anda khawatirkan karena aplikasi ini merupakan sebuah aplikasi video conference yang mampu memberikan output berkualitas HD.

Selain itu aplikasi ini juga mendukung jumlah peserta yang besar dalam sekali conference yang berlangsung. Zoom meeting mendukung kapasitas peserta maksimal 1000 peserta dan dapat menampilkan 49 video di layar.

Memiliki alat kolaborasi bawaan

Hal yang menarik bagi pengguna Zoom Meeting adalah bahwa pengguna aplikasi ini dapat berbagi layar secara bersamaan dalam satu kurun waktu. Selain itu pengguna juga dapat ikut serta menulis catatan untuk pertemuan secara lebih interaktif. Semua itu bisa dilakukan dengan menggunakan alat kolaborasi dari aplikasi Zoom yang sudah disediakan.

Inilah cara Mengecek Hp Samsung Ori atau Palsu

Intensitas keamanan yang tinggi

Soal keamanan, pengguna Zoom Meeting tak perlu khawatir. Selain didukung cara pakai aplikasi Zoom Meeting yang mudah dengan interface yang simple, aplikasi ini juga memiliki keamanan yang tak perlu diragukan.

Aplikasi Zoom telah disokong dengan sistem enkripsi end to end sehingga tidak akan ada yang tahu apa yang dibicarakan, dibahas atau dilakukan dalam rapat yang berlangsung. Kecuali peserta rapat itu sendiri yang menyebarkan isi rapatnya.

Selain sistem enkripsi end to end, aplikasi Zoom juga memiliki perlindungan kata sandi yang benar – benar aman sehingga siapa pun bisa menggunakan aplikasi ini.

Rekaman dan transkrip

Fitur Zoom selanjutnya adalah kemampuan aplikasi untuk merekam rapat. Setelah direkam, pengguna Zoom dapat menyimpan hasil rekaman di dalam perangkat ponsel yang dimiliki atau disimpan pada akun cloud.

Dengan menyimpan rekaman baik pada perangkat atau pada cloud, ketika Anda merasa butuh mendengarkan atau menonton ulang kembali rekaman maka Anda bisa memutarnya kembali. Untuk Anda yang suka ikut dalam seminar bisnis atau bagi anak kuliahan biasanya fitur ini menjadi sebuah fitur yang sangat bermanfaat.

Didukung fitur schedule

Jika Anda takut lupa dengan jadwal rapat yang sudah direncanakan, Anda tidak perlu khawatir dengan menggunakan aplikasi Zoom. Melalui aplikasi ini Anda akan menikmati fitur penjadwalan yang bisa digunakan untuk memulai rapat. Selain itu, Anda juga dapat memulai rapat melalui akun Gmail, iCall atau pun Outlook.

Fitur obrolan bersama tim

Memanfaatkan Zoom, mengobrol di grup dapat dilakukan dengan mudah. Riwayat percakapan juga dapat dicari dengan mudah karena di sana berbagai macam file terintegrasi. Kemudian arsip – arsip datapun bisa tersimpan bahkan selama puluhan tahun.

Mudah, Begini Cara Mengubah Emoji Android Menjadi Emoji iPhone yang Lucu dan Beragam

Hal ini tentu akan sangat bermanfaat bagi setiap pengguna karena dengan begitu mereka akan lebih mudah mencari data atau file apapun yang tersimpan dan terarsip dalam penyimpanan.

Terintegrasi dengan beberapa provider cloud file

Fitur lainnya yang tak kalah penting dan bisa dinikmati pengguna Zoom meeting adalah bahwa Zoom terintegrasi dengan berbagai macam layanan cloud file seperti dropbox, google drive dan sebagainya. Juga terdapat fitur screencast yang dapat semakin memudahkan pengguna agar tak lagi repot dalam merekam layar ketika memang sedang dibutuhkan oleh pengguna.

Baik menggunakan Zoom di laptop atau HP, semua fitur di atas bisa Anda rasakan. Cara pakai aplikasi Zoom di laptop, baik laptop dengan sistem operasi Windows atau Mac sebagai berikut :

  • Pertama – tama Anda harus masuk ke situs https://zoom.us/
  • Setelah masuk, Anda yang belum punya akun terlebih dahulu buat akun di sana menggunakan email atau Facebook
  • Jika sudah terintegrasi, masuklah ke halaman utama dan klik My Profile
  • Di sana akan muncul data Personal Meeting ID yang dapat digunakan untuk mengundang partisipan ke video conference yang sedang berlangsung
  • Selanjutnya Copy Meeting ID akan dikirim dan teman yang akan bergabung dalam video conference akan diundang.
  • Partisipan yang mendapatkan kode undangan bisa copy paste link tersebut untuk bergabung ke dalam conference yang dibuat oleh Host. Jadi yang harus punya akun hanya Host selaku pembuat atau pemilik acara saja, peserta tidak perlu.
  • Terakhir klik join a meeting dan ruangan virtual meeting siap Anda gunakan. Anda bisa ikut dalam meeting atau video conference yang diadakan.

Sementara bagi Anda yang menggunakan android, untuk memanfaatkan Zoom via android sebagai berikut tata caranya :

  • Pertama – tama download aplikasi Zoom di Play Store
  • Setelah terdownload, sign up akun dengan menggunakan email atau profil Facebook
  • Selanjutnya masuk ke setting atau pengaturan akun, setelah itu temukan Personal Meeting ID yang Anda bisa gunakan untuk mengundang partisipan ke video conference
  • Copy meeting ID dan kemudian kirim teman yang akan Anda undang ke video conference yang Anda sudah buat
  • Anda juga bisa menggunakan link untuk copy paste di browser Anda
  • Sama halnya dengan di laptop, jika Anda merupakan partisipan yang diundang ke dalam sebuah meeting Zoom, maka Anda tak perlu memiliki akun dulu. Cukup copy paste link atau meeting ID yang diberikan agar Anda bisa bergabung ke dalam conference yang sudah dibuat oleh si Host
  • Jika link tersebut berhasil Anda klik, maka nantinya partisipan akan secara otomatis mendapatkan tawaran agar bisa bergabung ke dalam video conferencenya
  • Partisipan juga dapat melakukan copy paste meeting ID milik host agar bisa bergabung ke conference kemudian klik join a meeting dan segera ruangan virtual meeting bisa digunakan
Cara Cek Layar Samsung Normal Atau Tidak, Ketahui Masalahnya

Itulah tutorial cara pakai aplikasi Zoom meeting di HP dan laptop yang bisa Anda jalankan. Bagi Anda yang ingin memulai melakukan video conference via Zoom Cloud Meeting, itulah tata caranya yang bisa Anda lakukan memakai HP atau laptop. Semoga informasi yang kami berikan di atas menjadi ulasan yang bermanfaat dan menginspirasi.