Cara Pakai Aplikasi Google Meet

Cara Pakai Aplikasi Google Meet Untuk Rekam Meeting Tanpa Ribet – Bagi Anda yang sering melakukan meeting online namun malas mencatat segala informasi ketika meeting secara manual, Anda bisa memanfaatkan aplikasi untuk rekam meeting yaitu Google Meet. Seperti apa cara pakai Google Meet untuk merekam meeting secara mudah?

Cara pakai Google Meet untuk merekam meeting sangat mudah. Dengan merekam meeting melalui Google Meet tentu saja semua materi yang ada di meeting bisa tercover tanpa harus mencatat dan tanpa ada yang terlewat. Berikut informasinya untuk Anda!

Cara Pakai Aplikasi Google Meet Untuk Rekam Meeting

Sebelum kita membahas tentang cara pakai Google Meet untuk rekam meeting, Anda harus tahu dan pahami dulu bahwa kemampuan merekam ruang meeting melalui Google Meet saat ini hanya tersedia pada versi PC saja.

Jadi kalau Anda menggunakan Google Meet via smartphone, maka Anda hanya bisa tahu apakah meeting sedang direkam oleh orang lain atau tidak. Untuk memakai Google Meet dalam keperluan merekam meeting, tata caranya sebagai berikut :

  • Langkah pertama yang Anda perlu lakukan adalah membuka Google Meet (https://meet.google.com/) melalui browser atau aplikasi
  • Kemudian Anda bisa langsung memulai ruang rapat
  • Setelahnya masuk dengan akun Google yang Anda punya
  • Kalau sudah, Anda pilih menu lainnya dan kemudian Anda bisa langsung pilih saja record meeting
  • Anda pun bisa langsung merekamnya dan kemudian untuk menghentikannya, Anda hanya perlu kembali ke menu lainnya dan kemudian klik berhenti. Nantinya video akan segera tersimpan secara otomatis di Google Drive

Bagaimana? Cukup mudah bukan untuk merekam meeting di Google Meet?

Namun Anda perlu tahu bahwa ada beberapa syarat yang perlu Anda penuhi dulu untuk menggunakan fitur Meeting Record yang bisa digunakan merekam suatu meeting via Google Meet. Jadi tidak seperti ketika Anda menggunakan aplikasi Zoom yang bisa membuat pengguna secara langsung bisa menyalakan fitur rekam.

Kebocoran Data Indonesia

Menggunakan Google Meet ada beberapa syarat terlebih dahulu yang perlu Anda penuhi untuk menggunakan fitur merekam, di antaranya :

  1. Anda merupakan penyelenggara rapat atau meeting
  2. Anda adalah bagian dari penyelenggara rapat atau meeting, jadi bukan peserta biasa
  3. Anda adalah pembicara yang login dengan menggunakan akun Google Workspace

Selain itu, mereka pengguna Google Meet yang bisa melakukan perekaman meeting adalah para pengguna Google Meet yang masuk ke aplikasi video conference ini melalui akun G Suite. Nah, sebagai informasi yang perlu Anda tahu bahwa akun G Suite berbeda dengan akun Gmail yang sudah banyak dimiliki.

Fitur dan ketentuan aksesnya dari akun G Suite juga berbeda pastinya. Berikut kami uraikan untuk Anda beberapa akun G Suite yang Anda bisa manfaatkan untuk keperluan merekam meeting pada suatu conference di antaranya :

  • G Suite for Education
  • G Suite for enterprise education
  • G Suite essentials
  • Enterprise essentials
  • Enterprise standard
  • Enterprise plus edition
  • Business standard
  • Business plus

Anda bisa leluasa merekam meeting dengan akun – akun jenis G Suite seperti yang sudah disebutkan di atas. Jadi buat Anda yang belum beralih dan punya keinginan beralih akun bisa membuatnya lho.

Oh ya, itulah informasi selengkapnya untuk Anda tentang Google Meet dan cara pakainya. Semoga ulasan yang kami bagikan di atas menjadi informasi yang memberikan banyak manfaat dan inspirasi bagi Anda.