Cara Pakai Aplikasi Google Classroom

Cara Pakai Aplikasi Google Classroom – Semakin maraknya kegiatan school from home semenjak pandemi menjadikan aplikasi video conference semakin booming. Salah satu aplikasi video conference yang juga naik daun adalah aplikasi Google Classroom.

Aplikasi yang satu ini termasuk salah satu aplikasi yang punya banyak kelebihan dan cara pakainya pun juga sederhana. Hal ini karena aplikasi Google Classroom memang sesuai namanya hadir ditujukan untuk pengguna pemula yang masih ada di bangku sekolah.

Oleh sebab itu interface dan semua hal di dalamnya pun sangat mudah digunakan. Berikut kelebihan dan cara pakai aplikasi Google Classroom yang perlu Anda tahu!

Cara Pakai Aplikasi Google Classroom dan Kelebihannya

Untuk memakai aplikasi Google Classroom yang Anda harus lakukan adalah memiliki akun Google atau Gmail terlebih dahulu. Jika sudah Anda siapkan akun Google atau Gmail yang akan digunakan log in, sekarang ikuti tutorial berikut ini :

  • Browser Google Chrome perlu Anda buka sebagai langkah pertamanya
  • Setelah itu ketik situs classroom.google.com
  • Sementara jika Anda tidak menggunakan browser di PC melainkan menggunakan Google Play Store atau Google App Store, Anda bisa download aplikasi Google Classroom di android atau iPhone dulu melalui App Store atau Play Store.
  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk memilih akun Google yang akan digunakan dalam mengakses Google Classroom.
  • Klik Get Started dan kemudian pilih email Google yang akan Anda pakai.
  • Klik icon tanda (+) di bagian pojok kanan atas, nantinya akan muncul dua pilihan yang bisa Anda ikuti yaitu ‘Join Class’ dan ‘Create Class’. Jika kapasitas Anda sebagai peserta, Anda klik join class. Sementara jika Anda kapasitasnya sebagai pengajar, Anda klik create class.
  • Bagi pengajar untuk membuat tugas, Anda bisa masuk pada bagian classwork dan kemudian klik +create maka Anda akan bisa memberi tugas dalam bentuk foto, dokumen, PDF atau bisa menuliskan tugas langsung di Google Classroom.
Cara Merawat Software Komputer Agar Tetap Awet

Sebagai sebuah aplikasi untuk meeting dan video conference, Google Classroom memiliki banyak kelebihan atau keunggulan terdiri atas :

Didukung proses setting yang cepat dan nyaman

Jika dibandingkan harus menginstall LMS lokal atau mendaftar ke provider LMS, melalui Google Classroom guru hanya tinggal mengakses aplikasi dengan mudah. Di sana guru bisa membagikan bahan dan semua tugas ajar kepada semua siswa atau berbagi kode unik yang memungkinkan tugas bisa diakses pada Google Classroom.

Aplikasi Google Classroom sangat user friendly

Google Classroom merupakan sebuah aplikasi yang memiliki interface sederhana sehingga sangat mudah digunakan. Bahkan kalau masih awam pun tidak akan kesulitan menggunakan aplikasi ini sehingga Google Classroom akan menjadi sebuah platform conference dan meeting online yang ideal untuk siapa pun. Tingkat pengalaman eLearning yang maksimal akan didapatkan baik guru atau siswa.

Akses penyimpanan data secara terpusat

Semua pembelajaran pada aplikasi ini berada secara terpusat dalam satu lokasi. Di sana semua siswa dapat melihat berbagai tugas penting dalam sebuah folder yang disiapkan. Guru pun dapat menyimpan eLearningnya dan berbagai kegiatan untuk tahun ajaran melalui cloud. Kemudian pemeringkatan serta nilai dari siswa bisa dilihat di dalam aplikasi.

Mengenai dokumen atau penilaian yang hilang, semua pihak tak perlu khawatir karena semua sudah tersimpan dalam LMS yang gratis ini jadi tidak akan hilang.

Update materi jauh lebih cepat dan terpusat

Daripada harus memperbarui kursus eLearning atau mengirim email setiap saat kepada masing – masing siswa, dengan mengakses aplikasi Google Classroom semua tugas dan aktivitas tersebut bisa dijalankan secara jauh lebih terpusat.

Guru dapat mendistribusikan link ke sumber daya online dan materi eLearning tambahan secara langsung ke siswa tanpa harus mengirimkannya satu per satu. Cara ini akan membantu guru dalam proses belajar mengajar karena bisa mengirimkan informasi tugas tanpa butuh waktu terlalu lama. Siswa pun tak perlu menunggu lama untuk tugasnya.

Itulah bagaimana Cara Menggunakan Aplikasi Google Classroom dan kelebihannya yang Anda harus tahu, selain itu juga terdapat beberapa aplikasi alternatif. Semoga menjadi informasi menarik untuk Anda.

Fitur Instagram Reels