Cara Menyalakan Hp Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Cara menyalakan hp tanpa tombol power – Salah satu bagian penting dari handphone yang rentan mengalami kerusakan adalah tombol power. Meskipun tombol power merupakan tombol yang sangat penting pada handphone, namun tanpa tombol tersebut pun pengguna masih bisa menyalakan hp miliknya.

Oleh karenanya seorang pemilik handphone wajib mengetahui cara alternatif dalam menyalakan hp miliknya. Hal ini akan sangat berguna manakala tombol power pada hp mengalami kerusakan, sedangkan pengguna dalam keadaan darurat yang tidak memungkinkan untuk membawa hp ke service center dengan segera.

Jangan sampai saat tombol power rusak dan handphone mendadak mati, pengguna dibuat bingung karena tidak bisa berkomunikasi dan menyelesaikan beberapa tugas yang dimiliki. Bagi seseorang yang sangat bergantung pada hp baik untuk berkomunikasi ataupun untuk bekerja, memastikan hp untuk selalu aktif merupakan sesuatu yang sangat penting. Agar semua rencana yang sudah tersusun dapat dijalankan dengan baik tanpa hambatan.

Terdapat berbagai macam cara menyalakan hp tanpa tombol power yang wajib diketahui oleh para pemilik handphone. Setidaknya ada 6 cara yang bisa dicoba untuk menyalakan hp saat tombol powernya rusak dan tidak dapat digunakan. Berikut penjelasannya:

  1. Dengan Benda Lain

Cara Menyalakan Hp Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Salah satu cara yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan tusuk gigi untuk menyalakan handphone. Bila tombol power power rusak karena lepasnya penutup bagian luar, maka tusuk gigi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk membantu menyalakan kembali hp yang mati tersebut.

Tidak perlu bersusah payah, pengguna cukup menekan bagian dalam dari tombol power menggunakan tusuk gigi. Gunakan bagian tumpul dari tusuk gigi saat melakukannya. Bila bagian dalam tombol power berhasil ditekan, sudah dapat dipastikan hp akan kembali menyala dan dapat digunakan sebagaimana biasanya.

Rekomendasi Hadiah Ulang Tahun untuk Ibu

Jika hp tidak mau menyala, pengguna bisa mengisi dayanya terlebih dahulu. Ulangi langkah yang telah disebutkan tadi ketika daya pada hp telah terisi. Cara ini merupakan salah satu cara termudah yang bisa dilakukan ketika ponsel mengalami kerusakan pada tombol power.

  1. Memanfaatkan Tombol Lain pada Hp

Cara Menyalakan Hp Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Cara menyalakan hp tanpa tombol power lainnya adalah dengan menggunakan tombol volume atas ataupun bawah yang terdapat pada handphone. Pengguna bisa mengakalinya dengan cara mengubah fungsi tombol power ke tombol lainnya. Tombol lain yang biasanya digunakan untuk menggantikan tombol power adalah tombol volume.

Untuk menggunakan cara ini pengguna wajib menginstall aplikasi Power Button to Volume Button untuk memindahkan fungsi tombol power tersebut. Jadi pastikan untuk memasang aplikasi tersebut pada handphone terlebih dahulu. Setelah itu pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama-tama buka aplikasi dan geser tombol pada opsi Enable/Disable Power Button. Jika ikon gear telah berubah warna maka perubahan fungsi tombol dapat dilakukan.
  • Untuk menggunakan sepenuhnya tombol volume sebagai tombol power, maka pengguna hp bisa mengaktifkan pilihan Boot dan Screen Off.
  • Langkah terakhir adalah dengan merestart handphone. Setelah itu pengguna dapat mengaktifkan hp melalui tombol volume.

Tombol power yang rusak bukan lagi masalah jika masih bisa menggunakan tombol lain sebagai alternatif pengganti tombol tersebut.

  1. Menyambungkan HP pada Charger atau Power Bank

Cara Menyalakan Hp Tanpa Tombol Power dengan Mudah

Cara lain yang dapat ditempuh adalah dengan menggunakan power bank ataupun charger untuk membantu menyalakan hp yang mati. Sambungkan hp ke charger atau power bank, jika hp sudah mulai mengisi daya maka tekan tombol volume selama beberapa detik. Biasanya akan muncul pilihan menu recovery atau reboot.

Hp akan menyala dengan sendirinya ketika memasuki menu recovery. Setelah itu pengguna cukup menunggu beberapa saat hingga proses recovery ataupun reboot selesai. Dalam beberapa menit hp pun menyala penuh secara otomatis dan dapat digunakan seperti sediakala.

Cara Memilih Smartphone Untuk Bisnis Online yang Tidak Boleh Dilewatkan

Namun perlu diingat bahwa setiap tipe hp memiliki sistem recovery masing-masing tergantung sistem pabrikan yang digunakan. Pada beberapa hp pengguna bisa menggunakan tombol volume atas untuk mengaktifkan sistem recovery, namun ada pula yang menggunakan tombol volume bagian bawah.

  1. Ejector SIM Card dapat Digunakan untuk Menyalakan Handphone

Selain cara yang telah disutkan tersebut, pengguna ponsel dapat menggunakan cara menyalakan hp tanpa tombol power dengan menggunakan ejector sim card. Caranya cukup mudah dan bisa diterapkan pada beberapa jenis handphone. Caranya cukup dengan mengeluarkan tray sim card dari hp menggunakan ejector.

Setelah itu masukan kembali tray sim card tersebut ke dalam handphone. Setelah tray sim card dimasukkan kembali hp akan merespon dan menjadi aktif. Meskipun tombol power rusak, pengguna dapat mengaktifkan handphonenya kembali dengan cara yang cukup mudah.

  1. Memanfaatkan Fitur Double Tap

Terdapat berbagai macam aplikasi double tap bagi para pengguna handphone, di antaranya aplikasi Double Tap to Lock, Double Tap Screen On and Off, Screen Off and Lock, dan berbagai macam aplikasi sejenis. Pengguna bisa memilih salah satu aplikasi di atas kemudian menginstallnya pada handphone. Setelah itu buka aplikasi dan aktifkan fitur yang terdapat di dalamnya.

Dengan aplikasi ini pengguna tidak perlu lagi menekan tombol power untuk menghidupkan hp yang masuk dalam mode sleep. Cukup dengan mengetukkan jari dua kali pada layar maka hp otomatis hidup dengan sendirinya. Sangat membantu bila mana terjadi kerusakan pada tombol power pengguna handphone.

Fitur double tap ini biasanya sudah terpasang pada hp keluaran terbaru, jadi pengguna tidak perlu menambahkan aplikasi ini pada handphone. Dengan mengaktifkan fitur double tap pada pengaturan, maka secara otomatis pengguna tidak perlu lagi bergantung pada tombol power.

5 Aplikasi Penghapus File Duplikat di PC Terbaik

Cara menyalakan hp tanpa tombol power menggunakan double tap tentu saja sangat memudahkan pengguna. Selain bisa menjadi alternatif ketika tombol power rusak, fitur double tap juga lebih praktis dan mudah untuk digunakan.

  1. Menggunakan PC

Untuk cara satu ini terbilang cukup rumit karena pengguna harus menginstall aplikasi di komputer (PC). Menggunakan bantuan ADB (Android Debbug Bride) atau USB Debugging, hp yang tadinya mati akan dapat dinyalakan kembali dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Jangan lupa untuk mengaktifkan fitur USB Debugging pada handphone.
  • Kemudian install software Minimal ADB dan Fastboot pada PC.
  • Masuk ke mode bootloader atau fastboot dengan cara menekan tombol volume.
  • Jika sudah siap maka sambungkan hp ke PC menggunakan kabel USB.
  • Langkah selanjutnya adalah dengan membuka software Minimal ADB dan Fastboot.
  • Masukan perintah dengan cara mengetik “fastboot reboot”.
  • Langkah terakhir adalah dengan menekan enter untuk menyelesaikan prosesnya. Hp akan melakukan restart sesuai dengan perintah. Setelah proses selesai maka hp akan menyala secara otomatis dan dapat digunakan kembali.

Demikianlah beragam cara menyalakan hp tanpa tombol power. Dengan berbagai macam cara yang telah dijelaskan di atas maka pengguna hp tidak perlu lagi merasa khawatir mana kala terjadi kerusakan pada tombol power. Meskipun tombol power tidak dapat berfungsi bukan berarti hp tidak bisa dinyalakan kembali. Jangan lupa untuk segera memperbaiki tombol power jika dirasa kerusakannya sudah cukup mengganggu kinerja handphone.