Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami – Mata merah terjadi karena timbulnya peradangan pada selaput yang menutupi bagian putih pada mata dan selaput-selaput pada bagian dalam kelopak mata. Dalam beberapa kasus, mata merah juga disebabkan oleh virus yang sifatnya dapat dimenularkan. Sebab itu, banyak orang yang segan mendekati seseorang dengan mata merah karena takut akan tertular. Tetapi, selain virus masih banyak lagi faktor yang menyebabkan mata menjadi merah.

Beberapa gejala yang umum ditimbulkan oleh mata merah akan menyebabkan aktivitas terganggu dan juga mengakibatkan rasa tidak nyaman pada mata, seperti rasa gatal, gangguan penglihatan, dan mata perih. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan penanganan yang tepat agar mata merah yang Anda alami segera sembuh. Adapun beberapa cara mengobati mata merah secara alami adalah:

Cara Mengobati Mata Merah Secara Alami

  • Air Rebusan Sirih

Daun sirih bisa Anda manfaatkan sebagai cara menghilangkan mata merah secara ala,i yang pertama. Caranya cukup mudah, rebuslah 4 helai daun sirih, kemudian gunakan air rebusan yang telah didinginkan tadi untuk mencuci mata merah anda. Air rebusan sirih tersebut, sangat efektif untuk meredakan mata merah. Karena sirih bersifat antiseptik, dan kandungan antiseptik pada daun sirih mampu untuk menghilangkan keputihan karena jamur.

  • Mentimun

Tidak hanya air rebusan duan sirih saja yang bisa digunakan untuk meredakan mata merah. Mentimun juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan kenyamanan pada mata anda yang teriritasi ataupun mata merah. Caranya, cukup letakkan irisan mentimun pada kedua mata yang setelah anda pejamkan mata. Selain itu, bagi Anda yang memiliki masalah dengan mata panda juga bisa memperoleh manfaat dari mentimun untuk menghilangkan mata panda di mata Anda.

  • Mawar

Untuk mengatasi mata merah yang anda derita, Anda bisa memanfaatkan khasiat alami dari bunga yang satu ini, yakni mawar. Cara untuk mendapatkan khasiat dari bunga mawar ini cukup dengan merendam bunga mawar di dalam air dingin kemudian pergunakan air rendaman mawar tersebut untuk membasuh mata merah Anda. Efek dingin yang dihasilkan dari air mawar tersebut mampu memberikan rasa nyaman pada mata sekaligus dapat mencegah terjadinya iritasi yang lebih parah lagi.

  • Lidah Buaya

Lidah buaya adalah bahan alami selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mengobati mata merah. Caranya pun gampang, campurkan gel lidah buaya dengan air dingin. Kemudian, gunakan campuran gel lidah buaya dan air tersebut untuk membasuh mata merah. Kandungan antiseptik yang terdapat pada lidah buaya akan mencegah iritasi yang lebih parah. Serta sensasi dingin dari lidah buaya akan memberikan rasa yang nyaman sekaligus meredakan rasa panas sebagai salah satu gejala dari mata merah.

  • Bawang Putih

Bawang putih doleh sebagian orang dipercaya sebagai obat alami untuk beberapa penyakit. Cara menggunakan bahan ini untuk mengobati mata merah pun tergolong sangat mudah, yakni potong ujung bawang putih dan oleskan bawang putih tersebut pada daerah kelopak mata bawah. Kurang lebih caranya hampir sama seperti wanita yang sering menggunakan eyeliner. Setelah didiamkan, anda akan merasakan perih pada mata anda hingga sampai mengeluarkan air mata. Jika mata anda sudah keluar air, maka oleskan kembali dengan cara yang sama, tapi perlu diingat jangan berlebihan cukup 2 kali olesan saja.

Krim Wak Doyok Cara Mudah Menumbuhkan Rambut dan Jenggot Anda

Selain beberapa cara mengobati mata merah secara alam. Anda juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti buah serta sayur khususnya wortel yang kaya akan kandungan vitamin A, ini penting untuk memberikan asupan nutrisi pada mata anda. Semoga bermanfaat.