Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Agar Tampilan Layar Lebih Besar

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV – Laptop merupakan salah satu perangkat sejenis komputer yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan menggunakan laptop ini salah satunya ialah menonton film. Untuk menonton film Anda bisa menggunakan perangkat CD, streaming, atau mengunduhnya.

Sayangnya meskipun memiliki layar yang cukup besar namun saat digunakan menonton film bersama beberapa orang tetap saja kurang terlihat besar dan jelas. Suaranya pun tidak akan terlalu jelas terlebih jika tidak menggunakan speaker aktif. Kegiatan menonton film dengan kondisi seperti ini kurang begitu seru untuk beberapa orang.

Jika ingin menonton film bersama beberapa orang maka tidak ada salahnya menggunakan layar yang lebih besar yaitu televisi. Laptop bisa Anda hubungkan ke televisi dengan menggunakan perangkat lain dan cara tertentu. Cara menghubungkan laptop ke TV perlu dipelajari terlebih dahulu mengingat perangkat yang harus digunakan merupakan perangkat khusus.

Berkat kemajuan teknologi kini Anda bisa menonton film dengan file yang berada di laptop namun bisa menggunakan layar televisi yang lebih lebar. Meskipun menonton di dalam rumah Anda bisa seperti menonton di sebuah bioskop dengan ukuran layar yang cukup besar. Apalagi jika layar televisi Anda juga cukup memadai dengan fitur dan juga ukuran yang sesuai.

Untuk bisa menghubungkan laptop ke TV Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini dengan menggunakan perangkat lain yang bisa membantu untuk melakukan hal ini.

Gunakan Kabel HDMI

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Agar Tampilan Layar Lebih Besar

Cara yang pertama bila menggunakan kabel HDMI. cara ini termasuk cara yang paling mudah untuk bisa menghubungkan laptop ke TV. Cara menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI ini sangat disarankan untuk bisa dilakukan sebab untuk memperoleh kabelnya pun cukup mudah dan harganya juga murah.

Pastikan pilih kabel HDMI yang berkualitas dari toko elektronik ataupun melalui e-commerce. Jika sudah mendapatkannya colokan satu port HDMI pada laptop dan satu port lain ke televisi LED atau LCD. Selanjutnya pilih tampilan HDMI yang ada pada televisi untuk menampilkan layar laptop di televisi tersebut.

Panduan Cara Sadap Whatsapp Dengan Mudah

Jika layar laptop tidak otomatis pindah ke layar televisi maka pilih menu control panel pada laptop. Selanjutnya pilih menu display dan adjust resolution. Nantinya akan muncul beberapa pilihan dan tentunya Anda harus memilih TV. Cara menghubungkan laptop ke TV dengan kabel HDMI seperti ini cukup mudah dan setelah ini tampilan laptop akan muncul di layar TV.

Gunakan Kabel VGA

Perangkat lain yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan laptop ke televisi ialah kabel VGA. Sama seperti kabel HDMI Anda juga bisa mendapatkan ke bawah ini mengalami e-commerce ataupun toko elektronik. Jika sudah tersedia sambungkan salah satu port kabel ke bagian laptop dan satu lagi ke televisi. Pilihlah tampilan VGA pada televisi untuk menampilkan layar laptop yang dimaksud pada televisi.

Untuk cara berikutnya hampir sama dengan kabel HDMI yaitu Anda bisa menggunakan menu control panel dan menu berikutnya jika tampilannya belum berubah. Jika sudah muncul maka cara menghubungkan laptop ke TV dengan menggunakan kabel VGA sudah berhasil. Perbedaannya dengan kabel HDMI ialah dari sumber sound-nya.

Dengan menggunakan kabel VGA maka yang akan tampil pada TV hanyalah tampilan gambarnya saja. Untuk audio tetap muncul dari laptop sehingga Anda membutuhkan speaker aktif yang disambungkan pada laptop agar suaranya terdengar lebih jelas. Selain itu, penggunaan speaker tersebut akan membuat tampilan layar TV tadi menjadi lebih seru.

Menghubungkan Laptop Ke TV Tabung

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Agar Tampilan Layar Lebih Besar

Jika Anda memiliki televisi tabung maka laptop masih tetap bisa dihubungkan untuk melihat sebuah tampilan layar yang lebih besar. Cara menghubungkan laptop ke tv tabung ialah dengan menggunakan converter HDMI to AV RCA. Kabel RCA ini terdiri dari warna merah kuning dan juga putih.

Aplikasi Download Video Terbaik Android 2021

Jika sudah disiapkan maka colokkan satu port HDMI pada laptop dan satu port lagi pada alat converter HDMI to AV RCA. Selanjutnya colokkan kabel RCA pada converter HDMI to AV RCA dan ke televisi tabung. Jika sudah terhubung maka pilih tampilan AV yang ada pada televisi. jika belum tampil maka pilih menu control panel pada laptop.

Setelah itu, pilih menu display dan adjust resolution kemudian pilih TV. Setelah itu tampilan layar pada laptop akan muncul pada televisi sesuai dengan keinginan Anda. Pastikan masing-masing kabel terhubung dengan baik dan dipasang dengan benar sehingga tampilan layar laptop bisa muncul dengan baik pada televisi.

Menggunakan Chromecast

Chromecast bisa Anda gunakan jika tidak ingin menggunakan banyak kabel. Cara menghubungkan laptop ke TV dengan perangkat Chromecast ini ialah dengan memasukkan satu sisi perangkat tersebut pada port HDMI dan ujung satunya lagi pada port USB di televisi. Setelah terpasang maka pilih tampilan HDMI pada layar televisi.

Selanjutnya akses google.com/chromecast/setup pada laptop melalui halaman browser. Selanjutnya fitur chromecast akan terpasang dan pilihlah set up untuk menghubungkan fitur tersebut dengan jaringan wi-fi. Pilih negara tempat Anda tinggal dan tekan next untuk melanjutkan pada langkah berikutnya.

Tunggu beberapa saat hingga perangkat tersebut terhubung satu sama lain. Masukkan kode verifikasi yang sama pada televisi dan juga laptop. Setelah itu tampilan layar pada laptop akan muncul pada tampilan televisi. Selain untuk menyambungkan laptop ke TV perangkat tersebut bisa digunakan untuk menyambungkan ponsel ke televisi.

Menyambungkan Laptop Chromebook ke TV

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Agar Tampilan Layar Lebih Besar

Tanya jenis laptop biasa namun laptop chromebook juga bisa dihubungkan ke televisi. Laptop dengan operasi chrome ini juga tidak begitu sulit untuk bisa dihubungkan pada televisi. Anda bisa membeli chromecast melalui toko elektronik untuk bisa menghubungkan laptop pada televisi.

Digital Invoice Bagi Bisnis

Penggunaannya hampir sama dengan cara menghubungkan laptop ke TV dengan menggunakan beberapa perangkat sebelumnya. Beberapa smart TV biasanya sudah menggunakan chromecast bawaan sehingga untuk menyambungkan pada laptop jenis chromebook bisa lebih mudah.

Menghubungkan Laptop MacBook ke TV

Cara Menghubungkan Laptop Ke TV Agar Tampilan Layar Lebih Besar

Selanjutnya jenis laptop MacBook juga bisa dihubungkan pada televisi. MacBook tersebut biasanya mendukung fitur Airplay 2. Perangkat yang bisa Anda dihubungkan dengan perangkat MacBook ini yaitu Apple TV, Apple TV 4K, dan beberapa produk televisi dari Samsung,  LG dan Sony.

Hidupkan Apple TV dan pilih menu airplay kemudian pilih opsi everyone. Selanjutnya hidupkan fitur Airplay di MacBook dan buka menu utama Apple. Pilih system preferences dan klik display kemudian tekan display tab. Pilih Airplay display dan tekan on. Di bagian sudut kanan atas layar laptop klik menu AirPlay pada kotak dengan bentuk segitiga di dalamnya.

Klik tanda centang dan kemudian pilih show mirroring options in the menu bar when available. Kemudian kembali ke sudut kanan atas pada kotak dengan bentuk segitiga. Pilih nama televisi yang Anda gunakan untuk menampilkan layar laptop tersebut. Selanjutnya tampilan layar tersebut akan segera muncul pada televisi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghubungkan laptop pada televisi. Intinya cara menghubungkan laptop ke TV tersebut membutuhkan jenis perangkat lain baik berupa kabel atau perangkat khusus. Hal ini akan membantu Anda untuk bisa menonton film atau melihat tampilan layar laptop yang lebih besar.