Cara Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Cara Menghilangkan Stress Dengan CepatKondisi stress bisa dialami oleh setiap orang dan bisa disebabkan oleh banyak faktor. Di antara penebab stres yang banyak diderita oleh masyarakat diIndonesia adalah stres karena stres pekerjaan, beban pikiran, cinta ditolak, akan deadline pekerjaan, stres gangguan kehamilan, stres menjelang menikah, juga macet dibeberapa kota besar.

Memanagemen stres dapat diawali dengan melakukan aktivitas bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari anda. Namun, aktivitas ini tidak serta merta dapat mengurangi rasa stres bila tidak diimbangi dengan beberapa kebiasaan yang dibangun sejak awal. Untuk itu, perlu menghindari beberapa pemicu umum stres yang timbul dalam kehidupan sehari-hari. Berikut kami jelaskan beberapa cara menghilangkan stress dengan cepat, simak penjelasan berikut.

Cara Menghilangkan Stress Dengan Cepat

Manjakan diri Dengan Mandi atau Berendam

Sudah sejak lama diyakini bahwa air memiliki efek yang sangat baik untuk penenangan diri maupun penyembuhan. Hal ini tentunya tak terlepas dari stimulus suasana mengingatkan tubuh serta fikiran pada keadaan saat dalam rahim dimana kita merasa sangat nyaman juga disayangi. Lakukan mandi atau berendam dengan menggunakan air hangat di bathub. Jika anda melakukan aktivitas berendam dirumah, maka anda bisa melakukan mandi dengan air hangat dan guyur dengan air secara perlahan sembari menikmati setiap basuhan air di tubuh anda. Rasakan kenyamanannya sehingga anda terlupa dari bebagai kepenatan masalah yang anda hadapi.

  • Meditasi maupun Yoga

Banyak pakar yang membenarkan dampak dari meditasi dan yoga sangat baik bagi kondisi jiwa seseorang. Menurut hasil penelitian melakukan aktivitas meditasi selama 15 menit sudah menyamai saat anda melakukan aktivitas olahraga selama 1 jam, dengan tubuh bugar akan menjernihkan pikiran. Apabila stres yang anda rasa semakin berat maka ada baiknya melakukan meditasi secara rutin. Sama halnya dengan yoga, mengatasi stres dengan yoga cukup dilakukan selama 5 menit saja dengan teknik membuka diri dan melepaskan beban di pundak, dada, serta pikiran.

  • Berteriak

Berteriak dengan suara lantang merupakan cara yang baik untuk mengatasi stres. Saat sedang mengalami stres, kebanyakan orang pasti akan merasakan suatu tekanan yang sedang mengganjal di hati. Oleh sebab itu, melepaskan perasaan yang tidak menyenangkan itu bisa dilakukan dengan berteriak yang tentu saja dapat dilakukan di tempat yang luas dan sepi agar tidak mengganggu orang lain. Ada beberapa tempat yang cocok untuk berteriak, seperti di tepi pantai atau diatas tebing. Berteriak dapat anda lakukan beberapa kali agar anda menjadi lebih rileks.

  • Tertawa

Tertawa ternyata membawa efek yang positif dan sangat baik untuk menghilangkan stres yang anda derita. Menurut beberapa ahli, tertawa 5 hingga 10 menit dapat merangsang endorphine, metanonin dan serotonin untuk keluar. Dimana ketiga zat ini memberikan manfaat yang baik untuk otak anda sehingga tubuh menjadi lebih tenang dan nyaman. Selain itu, tertawa juga dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami gangguan mental stress berat. Tertawa juga dapat meningkatkan sistem imun pada tubuh juga dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan mampu mencegah penyakit jantung.

  • Makanan Sehat

Selain itu, makanan yang mengandung banyak antioksidan juga baik untuk dikonsumsi karena mampu memperlancar fungsi memori otak. Beberapa makanan dan minuman sehat yang mampu meredakan stress seperti Buah buah pisang, alpukat, ikan salmon, yoghurt, Kacang almond, tofu hingga Buah-buahan seperti kiwi, stroberi, jeruk, atau jambu biji merupakan makanan yang dipercaya mampu untuk menyegarkan pikiran sehingga dapat mengurangi beban stress yang anda derita.

Manfaat Kacang Untuk Kesehatan

Saat Anda merasa sangat tertekan dan merasa paling menderita, di luar sana ada masih banyak orang yang memiliki masalah lebih besar dan mungkin lebih menderita daripada yang Anda alami. Menjadi seseorang yang selalu bersyukur bisa menjadikan Anda sebagai pribadi yang kuat dan juga terhindar dari stress yang merugikan.