Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop – Mengembalikan file yang sempat terhapus bagi sebagian orang tentu akan sangat diperlukan. Mengingat bahwa di zaman yang modern ini, laptop merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Apalagi di saat pandemi yang mengharuskan setiap orang untuk bekerja dari rumah dan belajar dari rumah. Dengan demikian, maka laptop menjadi kebutuhan yang wajib untuk dipenuhi agar bisa melanjutkan kehidupan di di tengah pandemi yang tak kunjung reda.

Biasanya laptop digunakan untuk mengerjakan berbagai keperluan misalnya seperti tugas atau bahkan kerjaan kantor. Tak bisa dipungkiri bahwa laptop sangat membantu pekerjaan manusia.

Namun, terkadang karena ada sedikit keteledoran dari sang pengguna atau bahkan karena kurang fokus membuat sebuah file penting hilang begitu saja karena tidak sengaja terhapus. Tentu jika hal ini terjadi pada Anda, akan sangat membingungkan, bukan?

Namun, tenang saja jika Anda mendapatkan situasi yang semacam ini, Anda bisa mendapatkan file yang sempat terhapus tersebut. Adapun cara-cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Memanfaatkan Recuva

Recuva merupakan salah satu software yang bisa membantu para penggunanya untuk mengembalikan file yang terhapus atau secara singkatnya recoba merupakan salah satu software recovery yang direkomendasikan untuk digunakan.

Software yang satu ini merupakan software yang berbayar, tetapi Anda tetap bisa mendapatkan versi gratisnya. Meski Anda menggunakan versi gratis, maka Anda bisa melakukan recovery tersebut dengan mudah.

Adapun langkah-langkah yang harus Anda lakukan dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop menggunakan recuva adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan yaitu menginstal recuva.
  2. Kemudian bukalah recuva tersebut dan pilih jenis file yang ingin Anda kembalikan. Kemudian dilanjut dengan menekan tombol next
  3. Untuk mempercepat proses pencarian file tersebut, maka Anda harus menentukan lokasi penyimpanannya.
  4. Jika Anda sudah yakin, maka Anda bisa menekan tombol next. Tetapi jika Anda tidak yakin dengan lokasi yang Anda berikan, maka Anda bisa menekan tombol I’m Not Sure.
  5. Agar proses pencarian bisa dilakukan, maka Anda harus centang kotak Enable Deep Scan, kemudian klik start.
  6. Langkah selanjutnya dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yaitu Anda harus menunggu beberapa waktu dan kemudian pilihlah file yang ingin dikembalikan dengan cara mencentang kotak pada file yang dimaksud. Selanjutnya yaitu klik kanan dan pilihlah recovery highlighted dan akhiri dengan mengklik tombol pulihkan.
Cara Membersihkan Virus di Flash Disk dengan Mudah

Mengakses Command Prompt

Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan yaitu sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang bisa anda lakukan yaitu dengan akses command prompt melalui search bar atau bisa langsung dengan control + F.
  2. Selanjutnya anda harus mengetik CMD pada Kolom pencarian dan Klik Kanan serta Pilihlah Run as administrator.
  3. Langkah selanjutnya dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yaitu Anda harus mengetik chkdsk X: /f. Kemudian Anda harus mengganti huruf X tersebut dengan nama drive tempat file yang dihapus tersebut.
  4. Lalu, ketiklah ATTRIB -H -R -S /S /DX:*.*. Sama seperti langkah diatas, Anda harus mengganti huruf X dengan nama drive Anda. Dengan begitu, maka akan terjadi proses pemulihan dari file dan folder yang terhapus tersebut.
  5. Perlu diingat, selama proses ini berlangsung jangan sampai Anda menyimpan, memindahkan atau menghapus file-file lain di dalam laptop tersebut. Tunggulah hingga prosesnya selesai dan Anda bisa langsung mendapatkan file yang Anda inginkan.

Menggunakan Fitur Kembalikan Versi Sebelumnya

Tak Perlu Bingung, Inilah Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Laptop Dengan Mudah

Cara mengembalikan file yang terhapus di laptop selanjutnya yaitu menggunakan fitur kembalikan versi sebelumnya. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang bisa Anda lakukan yaitu mengklik menu mulai.
  2. Kemudian setelah itu dilanjut dengan mengklik folder yang sebelumnya merupakan tempat dari file yang ingin Anda kembalikan karena terhapus tersebut.
  3. . Langkah selanjutnya dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yaitu Anda harus mengklik kanan pada bagian folder dan Pilihlah opsi pulihkan versi sebelumnya.
  4. Jika sudah maka anda bisa langsung klik Open pada setiap daftar file yang tersedia sebelumnya.
  5. Langkah yang terakhir yaitu Anda harus mengklik restore pada file atau folder yang Anda ingin kembalikan tersebut. Jika langkah ini sudah Anda lakukan, berarti Anda sudah berhasil mengembalikan file yang terhapus tersebut.
Review Vivo Z1 Pro, HP Terbaru Vivo Untuk Pecinta Game dan Fotografi

Manfaatkan File History

Selain bisa menggunakan cara-cara yang sudah disebutkan diatas, Anda bisa menggunakan cara yang satu ini yaitu dengan memanfaatkan file history. Namun sayangnya, file history ini hanya ada dalam Windows 10 yang menggunakan back up serta restore di Windows 7 dan 8.

Jika Anda menggunakan Windows 10 ini, maka Anda bisa langsung ikuti beberapa langkah yang akan disebutkan di bawah ini. Adapun langkah-langkah yang bisa Anda ikuti dari  cara mengembalikan file yang terhapus di laptop adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu Anda harus membuka menu setting.
  2. Kemudian pilih menu update dan security.
  3. Selanjutnya yaitu Anda harus mengklik backup dan memilih add a Drive.
  4. Jika hal tersebut sudah anda lakukan dengan benar, maka nantinya akan muncul berupa daftar partisi hard drive eksternal yang bisa digunakan untuk Anda menyimpan back up.
  5. Kemudian Anda harus memilih dan mengklik partisi atau Hard Drive eksternal yang bisa dipilih. Namun, Anda harus mengingat bahwa Anda tidak akan bisa meletakkan backup di partisi yang sama. Jadi pastikan jika laptop Anda hanya memiliki satu partisi saja, maka Anda bisa menggunakan flashdisk atau harddisk eksternal untuk sebagai tempat back up.
  6. Langkah selanjutnya dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yaitu Jika anda ingin melakukan backup secara berkala, maka Anda harus memilih atau mengklik tombol yang ada dibawah teks automatically back up my fles.
  7. Kemudian, jika Anda ingin mengembalikan cadangan yang sudah Anda buat tadi, maka Anda harus membuka menu search dan ketik file history pada menu teks tersebut. Kemudian klik iconnya.
  8. Agar bisa mengembalikan file, folder atau semua yang diinginkan tersebut. Maka langkah selanjutnya dari cara mengembalikan file yang terhapus di laptop yaitu Anda hanya perlu mengklik tombol restore yang berwarna hijau yang terletak pada bagian bawah Windows. Jika beberapa langkah diatas sudah Anda ikuti dengan benar, maka pastinya Anda akan mendapatkan kembali file yang terhapus itu.
Aplikasi Belajar Online Gratis di Android

Itulah tadi beberapa cara yang bisa Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop. Mendapatkan kenyataan bahwa file yang penting sudah hilang dari laptop, tentu akan membuat semua orang panik.

Namun Anda bisa sedikit lega, karena ada banyak cara yang bisa Anda lakukan saat situasi tersebut menimpa Anda dengan menggunakan beberapa cara mengembalikan file yang terhapus di laptop seperti yang sudah disebutkan di atas.