Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka Pada Perangkat Android

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa DibukaWhatsApp merupakan salah satu aplikasi chatting yang sangat terkenal di seluruh dunia. Bahkan aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi paling banyak digunakan untuk chatting dan berbagai fitur menarik di dalamnya. Dibandingkan fitur telepon dan SMS pada setiap jenis ponsel penggunaan WhatsApp ini lebih efektif dan efisien. Selain itu, cara penggunaannya juga lebih mudah dan juga praktis.

Tarif yang akan digunakan tidak akan semahal penggunaan telepon seluler biasa ataupun pesan singkat atau SMS. Bahkan dengan menggunakan aplikasi ini Anda bisa berbagi pesan gambar maupun video dengan kualitas yang cukup baik. Banyak hal yang bisa dibantu dengan fitur-fitur pada aplikasi ini tak terkecuali untuk pekerjaan tertentu.

Namun seringkali aplikasi tersebut tiba-tiba sulit dibuka sehingga Anda tidak bisa menggunakannya untuk berbagi pesan atau melakukan telepon. Anda tak perlu langsung panik atau terburu-buru menghapus aplikasi tersebut dan mengganti dengan yang baru. Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka pada dasarnya bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Kenali Penyebabnya

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka Pada Perangkat Android

Sebelum benar-benar mengatasi atau memperbaikinya pastikan Anda mengenali dan mengetahui penyebab pasti mengapa aplikasi tersebut tidak dapat dibuka atau diakses. Pertama, aplikasi ini tidak dapat diakses dikarenakan sistem ponsel yang sudah tidak mendukung. WhatsApp mensyaratkan spesifikasi agar aplikasi bisa berjalan maksimal.

Aplikasi tersebut dapat digunakan dan diakses minimal dengan jenis ponsel Android versi 4.0 serta jenis IOS 8. Selain itu, penyebab lainnya ialah Anda tidak rutin melakukan update aplikasi. Biasanya aplikasi WA ini akan melakukan pembaharuan sistem melalui Play Store. Aplikasi tersebut akan memberi pemberitahuan terlebih dahulu jika ingin melakukan pembaharuan sistem.

Cara Hard Reset iPhone 5 Lupa Password dan Cara Alternatif Agar Bisa Diakses Kembali

Selain itu, cache yang menumpuk terlalu banyak juga mengharuskan Anda menerapkan cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka. Cache tersebut memang sering menjadi penyebab dari aplikasi tersebut tidak dapat dibuka. Kartu SIM yang bermasalah juga sering menghambat dan menyebabkan aplikasi tersebut sulit dibuka ataupun diakses.

Berdasarkan beberapa penyebab tersebut maka Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini untuk bisa membuat aplikasi WhatsApp kembali diakses atau dibuka seperti biasanya.

Rutin Melakukan Update

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka Pada Perangkat Android

Update terhadap aplikasi bisa dilakukan terutama untuk ponsel yang sudah berumur cukup tua. Anda bisa melakukan pembaharuan system atau OS terlebih dahulu sebelum Anda membeli ponsel yang baru agar mendapatkan pengaturan yang lebih update. Terlebih dahulu Anda harus memastikan spesifikasi sistem operasional ponsel merupakan yang terbaru.

Proses update pada aplikasi WA bertujuan untuk meminimalisir bugs pada aplikasi sehingga bisa bekerja dengan lebih maksimal. Hal ini juga menjadi bagian dari cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka sehingga tidak menghambat kinerja WA dan bisa tetap digunakan dalam waktu cukup lama tanpa terlalu banyak gangguan.

Menggunakan Kartu Memori Eksternal

Cara Mengatasi WhatsApp yang Tidak Bisa Dibuka Pada Perangkat Android

Daya simpan atau sisa memori pada ponsel seringkali menyebabkan banyak masalah tak terkecuali menyebabkan hang atau lagging. Masalah penyimpanan tersebut seringkali tidak disadari bisa menghambat kinerja setiap aplikasi tak terkecuali aplikasi WA. Menghapus cache pada aplikasi WA saja tidak cukup karena dari penggunaan memori internal juga bisa saja penuh.

Biasanya dari aplikasi tersebut Anda akan memperoleh berbagai data penting mulai dari isi chatting, foto, dokumen, hingga video untuk kebutuhan pekerjaan atau lainnya. apalagi jika memang data tersebut tidak bisa Anda hapus dan akan sering digunakan. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan memory card eksternal.

Fitur Instagram Reels

Hal ini otomatis akan membantu anda untuk mencegah aplikasi WA menjadi sulit terbuka. Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka bisa dengan menambah kapasitas memori yang tersedia pada ponsel termasuk dengan menyediakan memori eksternal. bila perlu pilih kartu memori dengan kapasitas penyimpanan yang lebih besar.

Setelah itu, atur penyimpanan memori terutama dari media WhatsApp agar langsung tersimpan pada memori eksternal. Dengan begitu data yang ada pada WhatsApp tidak akan terlalu memberatkan aplikasi yang biasanya akan tersimpan pada memori internal. Otomatis aplikasi tersebut tidak akan mudah dan sulit dibuka.

Memeriksa Jaringan Internet

Cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka berikutnya bisa dengan memeriksa jaringan internet. Masalah jaringan juga sering kali mengganggu kinerja sebuah aplikasi terutama WA yang sangat bergantung pada jaringan internet. Jika jaringan tidak stabil maka otomatis anda akan sulit membuka aplikasi WA.

Untuk itu, agar aplikasi ini bisa tetap dibuka dan diakses dengan baik pastikan jaringan internet tetap stabil salah satunya dengan menggunakan jaringan wi-fi. Sebagai alternatif lainnya Anda juga bisa memilih provider data internet yang memiliki kualitas jaringan yang sangat baik dan sinyal yang kuat.

Hal ini akan membantu Anda untuk tetap bisa membuka dan mengakses aplikasi WA. Biasanya di daerah pedesaan atau tempat-tempat terpencil lainnya jaringan wi-fi belum tersedia sehingga perangkat tersebut belum bisa dipasang. untuk bisa mengantisipasinya pemilihan provider dengan sinyal yang kuat bisa membantu Anda untuk tetap mengakses dan membuka aplikasi WA.

Periksa Kode Aktivasi

Hal lain yang perlu Anda perhatikan untuk bisa memperbaiki aplikasi WhatsApp yang sulit dibuka ialah dengan memeriksa kode aktivasi. Kode aktivasi yang salah pada saat verifikasi akan menyebabkan aplikasi ini sulit dibuka. Biasanya kode tersebut akan dikirim melalui pesan singkat atau melalui panggilan suara.

Cara Ampuh Mengatasi Sinyal Hilang di Android

Jika beberapa cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka sebelumnya sudah Anda coba namun tetap tidak bisa digunakan maka cobalah untuk melakukan verifikasi ulang. Instal kembali aplikasi WhatsApp dan lakukan verifikasi dengan kode yang tepat berdasarkan pesan yang masuk. Bila perlu catat atau screenshot kode tersebut agar Anda bisa menyesuaikannya dengan sangat tepat.

Satu hal yang harus Anda perhatikan bahwa kode tersebut biasanya akan berlaku untuk beberapa saat saja bahkan hanya dalam hitungan menit. jika Anda belum memasukkan kode verifikasi tersebut maka Anda harus mengulang proses verifikasi untuk mendapatkan kode tersebut agar bisa membuka aplikasi WA.

Hal ini cukup sepele namun seringkali menjadi penyebab utama mengapa aplikasi tersebut sangat sulit untuk dibuka. Jika aplikasi tersebut sudah Anda daftarkan namun sama sekali tidak bisa diakses maka seringkali Anda beranggapan bahwa aplikasi sedang error atau sinyal dan jaringan yang sedang tidak stabil.

Padahal bisa jadi hal ini dikarenakan proses verifikasi yang tidak sesuai terutama saat input kode aktivasi sehingga menyebabkan aplikasi WA sulit dibuka. Jadi pastikan untuk selalu teliti dan berhati-hati saat proses verifikasi atau aktivasi pada aplikasi ini.

Demikianlah beberapa cara mengatasi WhatsApp yang tidak bisa dibuka pada perangkat ponsel Android. Pada dasarnya cara tersebut cukup mudah untuk dilakukan. Selain itu, Anda jangan langsung panik dan terburu-buru memperbaikinya ke service center atau segera menghapus aplikasi tersebut. Cobalah untuk melakukan beberapa cara diatas terlebih dahulu.