Cara Mengatasi Sembelit Pada Bayi

Cara Mengatasi Sembelit Pada BayiSembelit, atau gangguan pada proses buang air besar yang tidak lancar, tidak hanya terjadi pada mereka orang dewasa saja, namun sembelit ini sendiri, merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap menimpa para balita atau bahkan bayi. Hal ini bisa saja terjadi, karena bayi kekurangan nutrisi berupa serat dan juga cairan tubuh, sehingga proses buang air besar menjadi tidak begitu lancar, dan menyebabkan terjadinya sembelit pada buah hati anda. Namun hal ini bisa diatasi dengan mudah dan aman.

Mengatasi sembelit pada bayi ini, bisa dilakukan dengan memberikan laksatif yang alami yang tentunya akan membantu meredakan sembelit dengan mencampurkan jus buah – buahan, dan bahan alami lainnya. Masih ada lagi cara lainnya yang juga bisa anda coba, seperti yang akan diulas lebih lengkap lagi dibawah ini, mengenai apa saja cara dalam mengatasi sembelit secara alami dan mudah pada bayi, dan bisa anda coba lakukan dirumah berikut ini.

Mengatasi Sembelit Pada Bayi

1. Laksatif alami

Yang pertama adalah dengan memberikan laksatif yang bersifat alami. Dengan cara yang satu ini, maka makanan alami yang bersifat laksatif ini, merupakan cara yang paling alami untuk membantu meredakan sembelit si kecil. Seperti mencampurkan jus buah misalnya apel, aprikot, hingga cranberry daan rasa jus prune, yang merupakan rasa yang disukai anak. Setelah itu, ana bisa memberikannya dengan frekuensi 3 kali dalam seminggu untuk mencegah adanya konstisapi pada buah hati anda.

Cara Mengobati Diabetes Dengan Petai Cina

2. Obat laksatif pelunak tinja

Selain itu menggunakan obat lasatif pelunak tinja juga merupakan salah satu cara yang alami dan ampuh untuk membantu mengatasi sembelit pada buah hati anda. Obat laksatif ini sendiri bisa berupa microlax, glycerine, hingga bisacodyl dan masih banyak lagi lainnya. Obat – obatan ini, bisa diberikan ketika sembelit yang dialami, sudah dalam kondisi yang parah, dan tentu saja dengan campuran minyak parafin baik untuk melunakan dan melumasi tinja agar nantinya mudah keluar.

3. Membiasakan duduk di toilet reguler

Lakukan hal ini sekitar 3 hingga 5 menit setelah makan. Minta buah hati anda untuk duduk di toilet meski tidak ingin buang air besar. Hal ini sangat berperan penting untuk menciptakan rasa dan keinginan buah hati anda untuk buang air besar, dan tentu saja anda mesti menciptakan rasa nyaman di toilet sehingga si kecil bisa merespon keinginan buang air besar agar sembelit bisa segera diatasi secara alami dan aman.

4. Makanan berserat

Tentu saja cara yang satu ini, sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit pada bayi. Asupan serat pada balita anda ini bisa diberikan setidaknya 3 kali dalam sehari, agar nantinya bisa memperlancar buang air besar. Misalnya saja seperti buah plum, aprikot, hingga buah persik dan prune. Hindari memberikan makanan yang cepat saji dan mudah diproses seperti misalnya rice buble, corn flakes, dan masih banyak lainnya.

Demikian beberapa cara yang bisa anda coba lakukan untuk membantu mengatasi sembelit yang ada pada bayi. Semoga bermanfaat sebagai rekomendasi cara terbaik obat sembelit pada bayi. Selamat mencoba.