Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berkedip

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berkedip Layar sentuh yang bermasalah bisa membuat penggunanya tak bisa menjalankan aktivitas untuk kebutuhan komunikasi dengan normal. Tanda dari layar sentuh yang rusak adalah munculnya kedap-kedip dan garis pada layar. Sebagian besar solusi dari merdeka adalah segera membawanya ke teknisi untuk diperbaiki. Padahal Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk itu semuanya bisa diatasi asal Anda mau belajar beberapa tips untuk mengatasi layar smartphone bermasalah ini.

Salah satu penyebab dari layar HP bermasalah ini seperti terlalu lama bermain game, terbanting keras atau jatuh ke dalam air. Beberapa insiden ini ini bisa membuat layar menjadi error dan rusak komponennya.

Anda yang sudah penasaran untuk tahu cara mengatasi masalah layar berkedip dan bergaris ini tentu harus juga mengetahui penyebabnya supaya bisa mendapatkan solusi sesuai dengan masalah smartphone dan bisa mengantisipasinya ke depan.

Penyebab Layar Smartphone Bergaris dan Berkedip

LCD Rusak

LCD yang rusak bisa menyebabkan kebanyakan ponsel menjadi muncul garis dan sering berkedip. Biasanya masalah yang sering terjadi dari penyebab ini yaitu terkena air atau jatuh.

Efek dari rusaknya LCD ini bukan hanya membuat layar berkedip dan bergaris tapi terkadang layar HP seperti tersentuh sendiri dan HP restart sendiri.

Pengaturan Smartphone

Kecerahan dan stritch mode merupakan salah satu pengaturan smartphone yang bisa membuat layar berkedip. Apabila anda tidak mengatur keduanya ini dengan kondisi ponsel maka bisa menyebabkan layar menjadi bergaris dan berkedip.

Konektor Longgar

Penyebab lainnya keadaan karakter yang tidak sesuai bisa juga menyebabkan kinerja layar ponsel menjadi tidak normal. Konektor ponsel yang longgar atau terlepas akan memberikan Efek garis-garis halus pada layar smartphone.

4 Cara Mengatasi Baterai Kembung, penyebab, dan cara merawatnya

Kerusakan ini biasanya disebabkan oleh pemasangan yang tidak pas atau tertimpa tekanan yang kuat sehingga kedipan pada layar akan muncul dan sangat mengganggu Anda. Cara mengatasi layar HP bergaris dan berkedip tentu saja harus anda ketahui.

Cara Mengatasi Layar HP Berkedip dan Bergaris

Pakai Aplikasi Screen Filter

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berkedip

Aplikasi screen filter bisa memberikan bantuan tentang kecerahan ponsel. Aplikasi ini bekerja setengah diumbar yang bisa mencegah mata Anda nyilu. Pengaturan ini lebih baik dari pengaturan kecerahan di ponsel Anda sehingga bisa membantu mengatasi layar yang bergaris dan berkedip.

Untuk mengaplikasikannya Anda tinggal masuk ke atur kecerahan layar sampai efek kedap-kedip tersebut hilang. Anda bisa mencoba beberapa fitur lainnya seperti widget, brigthtness slider, tasker dan lain sebagainya.

Fitur yang tersedia pada aplikasi ini juga bisa diandalkan untuk bermain game, browsing atau membaca ebook selain mengatasi masalah layar sentuh ini.

Gunakan Opsi Pengembang

Cara mengatasi layar HP bergaris dan berkedip bisa juga dengan memakai opsi pengembang. Anda tinggal masuk dulu ke aplikasi pengaturan lalu pilih mode pengembang apabila belum ada masuk ke tentang ponsel tekan berapa kali pada nomor bentukan kemudian pilih pembaruan layar. Tapi perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa mengatasi masalah layar dengan kerusakan ringan.

Tekan berkali-kali pada opsi upgrade layar. Apabila cara ini sudah dilakukan tapi layar belum kunjung normal Anda bisa menggunakan cara yang lain.

Atur Kecerahan Ponsel

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berkedip

Kecerahan layar yang tidak teratur bisa menjadi penyebab layar ponsel bermasalah. Untuk itulah setting kecerahan untuk menyesuaikan dengan cahaya putih yang berkedap-kedip pada layar.

Anda bisa mulai melakukan pengaturan kecerahan ini dengan Melalui aplikasi pengaturan. Masuk pada aplikasi tersebut klik tampilan lalu atur tingkat kecerahan selanjutnya atur juga secara acak sampai layar tidak menimbulkan kedipan lagi. Cara ini juga orang hanya bisa digunakan untuk kerusakan ringan.

Cara Menghilangkan Garis Bawah Merah di Word Berbagai Versi

Nonatifkan HW Overlay

Saat Anda bermain game bisa mengakiibatkan layar HP menjadi kedap-kedip. Ini juga bisa disebabkan karena RAM ponsel Anda tidak mampu untuk menampung aplikasi game Anda sehingga menjadi beban dan membuat ponsel eror dan berefek juga pada layar.

Apabila Anda ingin bermain game dengan file besar tapi menggunakan HP dengan RAM kecil bisa menonaktifkan HW overlays pada opsi pengembang. Masuk ke pengaturan lalu pilih tentang ponsel, tekan beberapa kali pada nomor bentukan sampai memunculkan opsi pengembang.

Setelah berhasil masuk ke opsi pengembang pilih rendering gambar. Lakukan penonaktifan untuk upgrade permukaan yaitu nonaktifkan HW overlay. Jika sudah biasanya layar berkedip saat bermain ponsel tidak terulang lagi.

Ganti Baterai HP

Layar HP yang kedap-kedip dan bergaris juga bisa disebabkan oleh baterai ponsel rusak. Biasanya masalah ini terjadi akibat HP overhead di bagian baterai kemudian berpengaruh pada bagian layar HP seperti LCD.

Smartphone yang sudah overhead biasanya susah untuk booting. Sering stuck di logo bahkan mati atau nyala kembali.  Biasanya kedap kedip pada layat hp ini terlihat jelas ketika anda sedang mengecas HP tersebut

Tentu saja Anda harus mengganti baterai yang sudah rusak ini dengan yang ori. Hindari membeli baterai yang KW sebab kemungkinan juga akan memberikan efek yang sama.

Nonaktifkan Opsi Pengenalan Wajah

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris dan Berkedip

Cara mengatasi layar HP bergaris dan berkedip selanjutnya adalah dengan mematikan opsi pengenalan wajah. Anda yang suka mengunci layar dengan Face Ulock tentu sudah mengetahui bagaimana solusinya. Biasanya fitur ini dijalankan untuk membuat HP hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja dengan mengandalkan kamera pengenalan wajah.

Kerja dari fitur ini bisa membuat kecerahan layar meningkat secara otomatis dan mendeteksi wajah. Efek kecerahan yang tidak sesuai bisa membuat layar kedap-kedip dan sangat mengganggu Anda.

Like & Share Apk, Aplikasi Penghasil Uang via Instagram

Cara mengatasinya sangat mudah Anda tinggal mematikan saja fitur tersebut dan gunakan lock screen yang lain seperti polla atau sandi.

Matikan Face Unlock ini dengan masuk ke aplikasi pengaturan, pilih biometrik kemudian pilih opsi pengenal wajah, lanjut pilih opsi nonaktif. Jika sudah maka layar tidak akan lagi meningkatkan kecerahan dan tentu akan berhenti berkedip.

Periksa LCD Ponsel

Apabila anda sedikit mempunyai ilmu teknisi bisa memeriksa pada bagian hardware dan periksa juga bagian LCD dan layar sentuhnya. Pastikan hardware tersebut fleksibel dan tidak terputus.

Apabila ketika dipastikan sudah fleksibel dan tidak terputus serta soket cyber terpasang dengan benar, tetapi masalah layar bergaris dan berkedip masih mengganggu kemungkinan besar kerusakan terjadi pada lampu LCD.

Solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti lampu LCD tersebut atau layar dengan yang baru. Selanjutnya tinggal Anda merawat layar sentuh dan LCD dengan memasang proteksi layar dan pelindung badan HP.

Itulah pembaca penyebab sekaligus cara mengatasi layar HP bergaris dan berkedip yang bisa Anda ikuti agar layar sentuh kembali normal. Tetapi kalau cara di atas belum bisa mengatasi masalah layar sentuh Anda, konsultasikan dan percaya kan masalah Anda ini pada teknisi andalan anda. Dengan begitu maka layar tentu anda bisa berfungsi maksimal lagi.