Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 Dalam Hitungan Menit

Cara mengatasi laptop lemot windows 7  Mengatasi laptop yang lemot adalah salah satu pencarian yang sering di tanyakan di google. Hal ini dikarenakan, laptop yang lemot tersebut akan sangat menghambat kinerja dari laptop dan bisa mengakibatkan banyak hal, mulai dari tidak selesainya tugas yang dimiliki dan lain sebagainya.

Maka tak heran, jika cara ini sering kali dicari oleh banyak orang. Jika Anda juga penasaran dengan cara untuk mengatasi laptop yang lemot, khususnya di windows 7, maka di bawah ini akan dijelaskan berbagai hal mengenai laptop lemot pada windows 7 ini.

Penyebab Laptop Lemot

Sebelum Anda mengetahui cara mengatasi laptop lemot windows 7, maka Anda harus mengetahui beberapa penyebab laptop lemot. Adapun beberapa penyebab dari kelemotan lapto yang Anda miliki adalah sebagai berikut:

  1. Karena terlalu banyak startup programs yang ada di laptop Anda.
  2. Mungkin karena usia hardisk Anda yang sudah terlalu tua
  3. Ruang penyimpanannya sangat sedikit, sedangkan hard disknya sudah hampir penuh.
  4. Adanya add-ons yang terlalu banyak.
  5. Menjalankan banyak aplikasi dalam satu waktu.
  6. Ada banyak tabs yang dibuka pada browser
  7. Karena sudah adanya virus di laptop Anda.
  8. Ram laptop kecil juga menjadi penyebabnya.
  9. Antivirus yang ada dilaptop tersebut sangat aktif
  10. Tidak pernah mengupdate OS

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7

Meskipun laptop Anda sudah terlanjur lemot, maka Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya, saat ini sudah ada banyak sekali cara-cara yang bisa Anda ikuti. Cara mengatasi laptop lemot windows 7 ini salah satunya bisa dilakukan dengan cara mempercepat kinerja laptop windows 8. Adapun cara-cara yang tepat adalah sabagai berikut:

  1. Uninstall Bloatware

Cara Mengatasi Laptop Lemot Windows 7 Dalam Hitungan Menit

Bloatware adalah sebuah istilah yang mewakili atau merujuk pada sebuah software yang terinstall dengan otomatis ketika Anda membeli laptop tersebut. Beberapa software ini akan sangat bermanfaat, namun sebagiannya lagi justru akan menjadikan laptop menjadi lemot.

5 Aplikasi VPN Seperti TunnelBear Terbaik

Hal ini dikarenakan, software ini akan sangat menghabiskan penyimpanan dan daya pada laptop saja.

Selain itu, beberapa software ini juga akan terus berjalan secara otomatis saat komputer dinyalakan sehingga akan sangat memperlambat proses booting dan pastinya Anda harus mencari cara mengatasi laptop lemot windows 7. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa software ini akan sangat memperlambat laptop windows 7 ini.

Maka, Anda harus segera menyingirkan  software ini agar knierjanya lebih cepat lagi. Cara yang bia Anda lakukan adalah membuka start menu, kemudian control panel. Setelah itu, dilanjutkan dengan  uninstall or change program. Langkah selanjutnya dari cara mengatasi laptop lemot windows 7 dengan menguninstall bloatware ini yaitu uninstall software yang sudah tidak digunakan.

  1. Membersihkan Hard Disk

Selain cara di atas, Anda juga harus rajin dalam membersihkan hard disk secara berkala. Caranya sangatlah mudah, Anda hanya perlu membuka menu start, kemudian dilanjutkan dengan memilih opsi all programs.

Setelah itu, Anda harus memilih opsi system tools. Kemudian dilanjutkan dengan disk cleanup. Hal ini dikarenakan fitur disk cleanup ini memang sangat mampu membersihkan data-data sampah yang ada pada hard disk di laptop Anda. Secara tidak langsung, dengan membersihkan Hard Disk ini, Anda sudah melakukan cara mengatasi laptop lemot windows 7 dengan tepat.

  1. Mematikan Search Indexing

Search indexing adalah sebuah fitur yang bisa Anda temukan di windows 7. Sebenarnya, fitur ini akan sangat berguna untuk laptop Anda. Hal ini dikarenakan, fitur ini akan sangat mampu mengindex berbagai entri pada komputer milik Anda.

Hanya dengan menggunakan dan mengaktifkan search indexig ini, Anda sudah bisa dengan mudah mencari berbagai macam file dan berbagai data yang ada di komputer Anda. Namun, apabila aAnda jarang atau bahkan tidak pernah menggunakan fitur ini, maka lebih baik agar fitur ini dimatikan saja.

Berbagai Review Game Moonlight Sculptor yang Harus Diketahui

Hal ini dikarenakan, fitur ini akan sangat memakan resource yang sangat besar. Sehingga secara tidak langsung akan menghabiskan banyak penyimpanan pada laptop Anda.

Jika Anda tertarik untuk menghapusnya, maka salah satu cara mengatasi laptop lemot windows 7 sangat mudah yaitu Anda hanya perlu mengetik index pada start menu.

Kemudian dilanjut dengan memilih hasil pencarian yang ada di bagian paling atas. Nanti saat jendela laptop Nada terbuka, maka Anda harus memilih opsi modify dan dilanjutkan dengan menghilangkan ceklis pada berbagai lokasi indexing yang ditampilkan tersebut.

  1. Membatasi Startup Process

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan membatasi berbagai proses yang berjalan saat windows 7 milik Anda dinyalakan. Cara mengatasi laptop lemot windows 7 dengan membatasi start up ini sangat mudah untuk dilakukan yaitu Anda hanya perlu mengetik MSCONFIG di kolom search.

Kemudian jika sudah, maka Anda harus enter. Selanjutnya yaitu Anda harus membuka tab startup. Di bagian ini, Anda akan melihat semua daftar proses serta aplikasi lengkap dengan pengaturannya.

Lalu langkah selanjutnya dari cara mengatasi laptop lemot windows 7 dengan membatasi start up ini yaitu dari daftar yang tampil pada layar laptop Anda itu, Anda bisa memilih proses yang memang tidak diperlukan saat sedang start up. Kemudian Anda harus menghilangkan tanda ceklist pada proses tersebut. Hal ini dilakukan agar Anda bisa mematikan proses tersebut.

Namun, Anda harus berhati-hati dan ingat bahwa jangan sampai Anda menghilangkan ceklist pada proses yang berkaitan dengan hardware dan keamanan. Hal ini dikarenakan jika itu dilakukan, maka bisa berakibat fatal, salah satunya adalah bisa mengganggu kinerja dari windows 7 milik Anda.

  1. Menambah RAM
Review Spesifikasi dan Harga Laptop Apple Macbook Pro yang Hadir Dengan Touch Bar

Windows 7 memanglah jauh lebih ringan dari Windows 8, tetapi jika Anda memilih untuk mengupgrade  dari windos XP, maka bsa dipastikan bahwa keinerja dari laptop Anda atau windows 7 milik Anda tersebut akan sangat lambat.

Untuk mengantisipasi dan mengatasinya, Anda bisa mengikuti cara mengatasi laptop lemot windows 7 dengan cara menambah RAM pada laptop milik Anda tersebut. Secara umum, ukuran RAM yang ideal untuk windowa 7 32-bit adalah sekitar 2 GB saja.

Kemudian, untuk windows 7 yang versi 64-bit adalah sekitar 4 GB. Apabila kapasitas RAM dari laptop atau komputer milik Anda masih berada di bawah ukuran tersebut, maka Anda wajib untuk mengupgradenya agar bisa membuat kinerja windows 7 Anda semakin lancar dan tidak akan lemot lagi.

  1. Mengubah Power Settings

Pada windows 7, biasanya akan memberikan beberapa pilihan power settings yang pastinya akan sangat mempengaruhi performa komputer secara keseluruhan. Jika laptop Anda terhubung dengan listrik, maka pilih opsi High Performance agar performanya maksimal.

Opsi High Performance ini memang akan sangat meningkatkan kinerja laptop milik Anda secara maksimal. Namun, jika Anda tidak menggunakan laptop yang tidak terhubung secara langsung dengan listrik, maka Anda jangan sampai memilih opsi karena akan membuat baterai Anda semakin cepat habisnya.

Nah, itulah tadi beberapa cara mengatasi laptop lemot windows 7 yang bisa Anda ikuti. Jika Anda melakukannya secara maksimal dan mengikuti arahan di atas dengan benar, maka bisa dipastikan bahwa laptop windows milik Anda tidak akan lemot lagi.