Cara Mengatasi Komputer No Signal

Jika anda mengalami masalah seperti ini jangan panik dulu, semoga masalah ini bisa teratasi atau anda bisa memperbaiki sendiri masalah sinyal komputer sedangkan masalahnya bukan pada komponen komputer yang rusak. Komputer tidak sinyal biasanya muncul di layar monitor komputer anda, yang artinya monitor merupakan bagian dari output dalam sebuah perangkat keras komputer yang sangat penting keberadaannya.

Karena hanya melalui monitor kita bisa melihat hasil pekerjaan yang kita buat dengan komputer. Bagi kita yang menggunakan komputer dengan mengandalkan visualisasi, peran monitor sangatlah penting, karena tanpa monitor kita tidak akan bisa menggunakan komputer. Namun bagi yang menggunakan komputer yang hanya mengutamakan suara, monitor mungkin tidak penting. Tapi sejauh ini monitornya tidak normal dan bagus, tapi monitornya juga bisa rusak. Baik itu rusak karena kurang perawatan, karena umur pemakaian yang lama, atau juga karena pemakaian yang kurang baik. Masih banyak penyebab lain yang mengakibatkan hilangnya sinyal dari CPU ke monitor, sehingga monitor tidak dapat menampilkan tampilan yang seharusnya.

Cara Mengatasi Komputer No Signal

Berikut beberapa alasan mengapa monitor komputer menampilkan pesan tidak ada sinyal, yaitu:

  • Monitor rusak
  • Kabel VGA yang menghubungkan CPU dan Monitor kendor atau kabel fiber putus.
  • Komputer terlalu panas
  • Driver VGA atau V. Rusak
  • Memori komputer kotor
  • Kipas CPU rusak atau tidak berfungsi, mengakibatkan prosesor
  • Motherboard rusak

Sesuai dengan pesan error pada monitor bahwa tidak ada sinyal, jika mengalami kerusakan tersebut, yang harus dilakukan adalah:

Periksa kabel monitor (VGA)

Kabel yang menghubungkan atau menghubungkan monitor ke CPU komputer. Apakah sudah terpasang dengan baik dan benar? Jika sudah dilakukan namun tetap tidak ada perubahan, masih belum ada sinyal di monitor komputer anda, yang coba anda lakukan adalah mengganti kabel tersebut dengan kabel VGA biasa di komputer lain.

Simak Cara Mengatasi SD Card Tidak Bisa Diformat

Periksa Port HDMI

Selain kabel VGA yang bermasalah, port HDMI juga bisa bermasalah, selain karena sudah tua, penggunaan yang buruk juga bisa menyebabkan kerusakan. Misalkan Anda terburu-buru mencolokkan kabel HDMI ke port dan memaksanya menyebabkan pin pada port bengkok.

Periksa RAM

Jika tidak ada masalah dengan kabel VGA dan port HDMI, coba periksa RAM. Apakah sudah terpasang dengan benar? Jika demikian, tetapi masih tidak ada perubahan. Lepaskan RAM dan bersihkan kuningan pada RAM dengan penghapus pensil lalu pasang kembali. Apakah ada perubahan? Jika tidak ada yang berubah, coba ambil RAM lain yang masih bagus atau bisa diambil/pinjam dari komputer lain lalu coba pasang kembali ke komputer. Jika cara diatas belum juga menyelesaikan masalah, ada kemungkinan VGA rusak. Coba pakai VGA eksternal, apakah ada perubahan? Periksa juga apakah komponen seperti CMOS, dan catu daya berfungsi dengan baik.

Hapus CMOS

Cara ini cukup efektif mengatasi monitor tidak muncul atau sinyal Tidak ada cara untuk melepas baterai CMOS dan memasangnya kembali, pengaturan bios akan otomatis kembali ke default

Periksa Motherboard

Jika semua cara diatas sudah anda lakukan, kemungkinan besar motherboard bermasalah atau rusak, motherboard adalah rumah dimana semua komponen inti komputer terpasang. Masalah yang terjadi pada motherboard akan sangat mempengaruhi kinerja sistem komputer. Semua perangkat input dan output yang terhubung tidak akan berfungsi dengan baik, jika motherboard mengalami masalah. Dapat menyebabkan hilangnya sinyal dari CPU ke layar monitor komputer.