Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Tanpa Perlu Service

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi – Laptop merupakan salah satu perangkat sejenis komputer yang dapat digunakan untuk menginput berbagai data atau melakukan aktivitas lainnya. Salah satu kelebihan laptop ialah lebih mudah untuk dibawa kemanapun dan bentuknya pun lebih simple.

Saat ini perangkat tersebut sudah menjadi salah satu kebutuhan untuk masyarakat tertentu terutama kalangan pelajar dan mahasiswa. Tak jarang mereka menggunakan perangkat ini dalam penggunaan yang cukup sering untuk menyelesaikan berbagai tugas. Adapula kalangan karyawan yang juga sering menggunakan perangkat ini untuk menyelesaikan pekerjaannya.

Mereka juga sering menggunakan perangkat ini dalam waktu yang cukup lama sehingga potensi kerusakan pada perangkat ini juga tidak bisa dihindarkan. Salah satu contohnya ialah keyboard laptop tiba-tiba tidak berfungsi. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi biasanya sangat jarang diketahui.

Beberapa orang di antaranya bahkan langsung panik dan mengunjungi service center untuk perangkat laptop yang tidak berfungsi tersebut. Padahal sebenarnya tidak perlu terlalu panik dan langsung mengunjungi service center jika keyboard tersebut tiba-tiba tidak berfungsi karena faktanya hal tersebut tidak berarti perangkat tersebut sudah rusak total.

Hal pertama yang harus diketahui ialah penyebab dari tidak berfungsinya keyboard tersebut. Masalah yang terjadi bisa saja ada pada software ataupun hardware. Beberapa penyebab yang bisa terjadi sehingga menimbulkan masalah tersebut biasanya dikarenakan bantalan pada keyboard yang sudah longgar ataupun tidak sensitif.

Adapula penyebab lain akibat tidak terlalu hati-hati yaitu benda cair yang tumpah sehingga membuatnya konslet. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi memang harus dilakukan setelah mengenali penyebabnya. Selain kedua penyebab tadi adapula software laptop menjadi error sehingga tidak bisa match dengan keyboard.

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi ialah adanya debu atau benda asing yang menyelip diantara sela-sela keyboard. Hal ini otomatis membuat fungsinya terganggu bahkan tidak dapat berfungsi sama sekali. Beberapa cara berikut ini bisa Anda lakukan jika keyboard laptop tiba-tiba tidak berfungsi.

6 Deretan HP Dengan Resolusi Kamera Selfie Besar Terbaik

Mengakses BIOS

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Tanpa Perlu Service

Salah satu jenis gangguan yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi ialah karena software yang tidak berfungsi. Hal ini bisa terjadi pada Windows 10, 8 ataupun 7. Terlebih dahulu Anda bisa mengeceknya dengan mengakses BIOS dan cobalah masuk kedalam perangkat tersebut.

Jika bisa masuk dan bisa menggunakan keyboard itu berarti kerusakannya terletak pada software sehingga harus ditangani lebih lanjut. Periksa setiap kelengkapan software untuk mencari titik kerusakannya agar bisa diperbaiki. Untuk hal ini Anda juga bisa menggunakan jasa service jika tidak begitu memahami mengenai software.

Bersihkan dari Debu

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Tanpa Perlu Service

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi berikutnya ialah dengan membersihkan debu pada keyboard. Debu ini sering dianggap sepele padahal bisa menyebabkan keyboard laptop menjadi error akibat terlalu banyak penumpukan debu. Akan tetapi untuk membersihkannya Anda juga perlu berhati-hati dan tidak bisa membersihkan begitu saja.

Pertama non-aktifkan laptop terlebih dahulu agar lebih aman. Selanjutnya miringkan laptop hingga berada pada sudut 75 atau 90 derajat. pada saat dimiringkan goyang-goyangkan laptop tersebut agar debunya bisa keluar. Lanjutkan dengan membersihkan bagian bawah dan atas keyboard dengan menggunakan selotip. Jika sudah cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi kembali atau belum.

Restore Windows

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Tanpa Perlu Service

Cara lain yang bisa Anda lakukan ialah dengan restore Windows. Terkadang keyboard yang ada gunakan tiba-tiba tidak berfungsi setelah menginstal aplikasi baru atau melakukan perubahan pada pengaturan. Jika hal ini terjadi maka hal yang harus Anda lakukan ialah melakukan restore pada Windows.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi seperti ini bisa dilakukan untuk mengembalikan system kepada kondisi sebelum laptop mengalami error. Pertama klik start menu kemudian klik control panel. Sorot pilihan menu system and security dan pilih back up your computer.

Di halaman berikutnya klik recovery system settings or your computer dan klik open system restore. Selanjutnya cukup ikuti wizard sederhana untuk restore Windows hingga laptop melakukan reboot. Jika memang masalah yang terjadi menyangkut sistem maka setelah melakukan cara tersebut keyboard akan kembali seperti semula.

Cara Download Video Reels Instagram

Restart Laptop

Salah satu penyebab keyboard laptop tidak berfungsi bisa jadi karena terdapat masalah pada software ataupun driver. Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi akibat masalah ini bisa dengan melakukan restart laptop. Bisa jadi software mengalami error sehingga menyebabkan hardware tidak berfungsi seperti biasanya.

Lakukan restart dengan memilih menu start atau tahan tombol power selama 5 detik hingga 15 detik untuk melakukan restart. Setelah itu, laptop akan restart sendiri dan mengatasi keyboard laptop yang error. Tunggu beberapa saat hingga laptop nyala kembali dan cobalah keyboard apakah sudah berfungsi kembali atau belum.

Perbaiki Driver Keyboard

Penyebab lain keyboard laptop menjadi tidak berfungsi sebagian ataupun seluruhnya ialah karena driver keyboard tidak up to date atau terdapat aplikasi yang merusak keyboard sehingga kurang responsif. Cek dan periksa apakah driver keyboard tersebut masih bekerja dengan baik atau justru sebaliknya.

Hal ini bisa dilakukan sebagai cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi sehingga bisa kembali seperti semula. Bukalah program device manager dan pilih driver keyboard serta klik icon collapse yang berada disampingnya. Jika terdapat tanda seru berwarna kuning pada menu driver keyboard maka update driver tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih update driver software.

Berikutnya ikuti perintah-perintah yang ada pada layar laptop hingga keyboard tersebut kembali berjalan. Hal ini juga bisa Anda lakukan jika tanda panah keyboard laptop tidak berfungsi ataupun kerusakan sejenisnya yang berhubungan dengan keyboard. Setelah itu, keyboard bisa berfungsi seperti semula dan Anda bisa menggunakannya kembali.

Sebelum benar-benar melakukan cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi ada baiknya Anda melakukan perawatan serutin mungkin. Pertama gunakan keyboard cover yang merupakan lapisan khusus berbahan silikon untuk melindungi keyboard dari debu dan kotoran. Berikutnya gunakan tombol keyboard dengan tidak menekannya terlalu kencang.

Cara Hack Lokasi GPS Iphone

Anda juga bisa menggunakan keyboard jika memang penggunaannya cukup sering dan proses pengetikan dirasa cukup kencang. Selanjutnya jangan menaruh benda berat di atas keyboard karena akan bantalan keyboard menjadi tidak sensitif dan lebih longgar. Jauhkan dari cairan apapun untuk menghindari konslet dan yang paling penting putih membersihkan keyboard.

Melakukan pencegahan sedini mungkin bisa lebih baik sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk mengatasi keyboard yang tiba-tiba tidak berfungsi. Selain beberapa cara tersebut Anda juga harus memastikan penggunaan perangkat tersebut baik dari segi software maupun hardware tidak terlalu berlebihan dan menggunakan prosedur yang tepat.

Cara mengatasi keyboard laptop tidak berfungsi tak perlu anda lakukan jika penggunaan dan perawatan dilakukan dengan sangat baik. Hal yang tak kalah penting lagi ialah tidak memforsir penggunaan laptop sekalipun sedang sangat dibutuhkan. Hal ini justru akan membuat fungsinya mudah terganggu tanpa mengenal apakah sedang dibutuhkan ataupun tidak.