Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Keyboard Laptop ErrorKeyboard menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam suatu laptop ataupun perangkat komputer. Keyboard merupakan peralatan tambahan yang memiliki fungsi sangat signifikan karena bisa digunakan untuk menunjang berbagai macam aktivitas di laptop atau perangkat komputer yang Anda miliki.

Keyboard tidak hanya bisa digunakan untuk mengetik tulisan saja namun bisa juga digunakan sebagai mouse, dan bahkan bisa digunakan untuk melakukan serangkaian command tertentu secara lebih mudah dan praktis tanpa perlu melibatkan penggunaan mouse. Melihat hal ini, maka tidak mengherankan apabila keyboard memiliki fungsi yang sangat penting dan signifikan dalam operasional suatu laptop.

Namun, terkadang banyak pengguna laptop yang mengalami gangguan atau masalah pada keyboard yang mereka miliki. Terjadinya eror pada keyboard laptop ini tentu saja memiliki penyebab yang berbeda-beda antara satu dan yang lainnya. Dengan demikian, proses mengatasinya pun juga bisa berbeda bergantung dari penyebab timbulnya masalah tersebut.

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Bisa Anda Coba

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Tidak Berfungsi

Bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan pada keyboard laptop yang dimiliki, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi keyboard laptop yang eror atau bermasalah.

  1. Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Dengan Melakukan Restart Laptop

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Tidak Berfungsi

Terkadang permasalahan yang terjadi pada keyboard laptop bukanlah merupakan permasalahan yang serius sehingga cara mengatasinya pun bisa dilakukan menggunakan cara-cara yang terbilang sederhana, salah satunya adalah dengan me-restart laptop yang Anda miliki.

Dalam suatu kesempatan, bisa saja laptop yang Anda miliki mengalami bug atau mal-fungsi sehingga bisa saja memberikan dampak pada kinerja keyboard yang tidak sesuai. Maka dari itu, Anda bisa mencoba melakukan restart pada laptop yang dimiliki.

Cara Download Video Instagram Tanpa Aplikasi di Hp Android

Jika permasalahan keyboard yang Anda alami bukanlah perkara yang serius maka umumnya keyboard laptop dapat berfungsi kembali dengan baik setelah proses restart tersebut selesai dilakukan.

  1. Melakukan Update Driver

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Tidak Berfungsi

Cara mengatasi keyboard laptop error yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan melakukan update driver keyboard laptop yang Anda miliki. Cara melakukan update pun relatif cukup mudah karena bisa dilakukan lewat Device Manager.

Untuk masuk ke menu Device Manager, Anda bisa masuk ke My Computer dan kemudian silakan klik kanan pada Computer dan kemudian silakan pilih Manage. Langkah selanjutnya adalah dengan klik Device Manager lalu pada bagian Driver Keyboard, Anda bisa melakukan update jika tersedia pilihan update driver untuk memperlancar kinerja laptop Anda.

Update driver biasanya dibutuhkan jika laptop yang Anda miliki memang sudah tidak kompatibel dengan driver yang ada. Dengan melakukan update driver maka perangkat tersebut pun akan menjadi lebih sempurna kinerjanya sehingga mengurangi potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada keyboard laptop Anda.

  1. Scan Hardware Pada Laptop

Cara Mengatasi Keyboard Laptop Error Yang Tidak Berfungsi

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah pada keyboard laptop adalah dengan melakukan scan hardware. Tindakan scan hardware ini berguna untuk mencari celah ataupun kemungkinan mal-fungsi pada keyboard yang Anda miliki dan kemudian bisa dilakukan perbaikan agar bisa kembali berfungsi sebagimana mestinya.

Cara mengatasi keyboard laptop error dengan menggunakan scan hardware adalah sebagai berikut ini :

  • Langkah pertama adalah Anda bisa masuk ke dalam menu My Computer.
  • Kemudian klik kanan pada bagian Computer dan silakan pilih Manage.
  • Setelah itu maka akan muncul tampilan jendela Computer Management dan kemudian bisa masuk ke bagian Device Manager.
  • Setelah itu, Anda bisa klik Keyboard dan kemudian klik kanan pada bagian Sub Menu Keyboard lalu pilih Scan For Hardware Change.
  • Apabila laptop yang Anda miliki kemudian melakukan instalasi maka silakan tunggu saja hingga proses tersebut selesai dilakukan.
  • Jika sudah selesai, silakan Anda bisa melakukan restart laptop tersebut untuk kemudian mengecek apakah keyboardnya sudah berfungsi dengan benar ataukah belum.
Cara Menjaga Privasi WhatsApp untuk Mengamankan Data Pribadi

Dengan cara scan di atas, umumnya bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pada keyboard laptop yang Anda miliki.

  1. Lakukan Disable Keyboard Dan Aktifkan Lagi

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pada keyboard laptop yang Anda miliki adalah dengan melakukan Disabel Keyboard dan kemudian mengaktifkan kembali keyboard tersebut.

Meskipun terkesan tricky namun langkah ini bisa menjadi alternatif pilihan yang patut untuk dipertimbangkan guna mengatasi permasalahan yang terjadi pada laptop yang Anda miliki sehingga keyboard kembali bisa digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Melakukan disable keyboard laptop perlu dilakukan dengan hati-hati dan cermat untuk menguragi potensi terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada laptop yang Anda miliki.

  1. Bersihkan Keyboard Laptop Dari Debu Dan Kotoran

Cara berikutnya yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan pada keyboard laptop adalah dengan membersihkan keyboard tersebut dari debu dan kotoran. Biasanya laptop yang kotor juga bisa mengakibatkan terjadinya permasalahan serius seperti keyboard yang tidak berfungsi dengan baik dan benar.

Maka dari itu, membersihkan keyboard secara rutin bisa menjadi salah satu cara yang cukup penting untuk dilakukan untuk mengatasi keyboard laptop yang bermasalah. Anda bisa membersikan keyboard dengan menggunakan pembersih khusus laptop untuk meminimalisir terjadinya kerusakan atau hal-hal negatif lainnya.

  1. Membawa Laptop ke Service Center Resmi Sesuai Brand

Jika beberapa alternatif langkah di atas sudah Anda lakukan namun tidak memberikan hasil, maka cara tepat yang sangat dianjurkan adalah dengan membawa laptop tersebut ke pusat servis resmi sesuai dengan brand laptop yang Anda miliki.

Di toko pusat servis umumnya bisa dilakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap kondisi laptop yang Anda miliki. Adanya pengecekan yang lengkap tersebut maka dapat diketahui secara lebih detail dan rinci mengenai kesalahan-kesalahan yang terjadi pada keyboard Anda sehingga bisa dilakukan servis dan penanganan secara tepat sehingga keyboard Anda bisa berfungsi kembali.

Spesifikasi dari Epson EH-TW570

Untuk toko servis sebaiknya memilih tempat servis resmi sesuai dengan brand laptop yang Anda miliki. Sebab jika laptop masih dalam masa garansi maka Anda bisa mendapatkan servis secara gratis sesuai dengan garansi yang diberikan.

  1. Mengganti keyboard Dengan Keyboard Eksternal

Cara mengatasi keyboard laptop error yang berikutnya adalah menggunakan keyboard eksternal. Cara ini bisa Anda tempuh jika memang keyboard pada laptop yang Anda miliki tersebut tidak bisa diperbaiki kembali meski sudah dibawa ke pusat servis.

Menggunakan keyboard eksternal merupakan pilihan terbaik yang bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi pada keyboard laptop Anda. Selain praktis dan mudah, harga keyboard eksternal pun relatif cukup terjangkau di pasaran.

Demikianlah beberapa cara mengatasi keyboard laptop error yang perlu Anda ketahui. Kini berbekal dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika mengalami permasalahan terkait dengan keyboard pada laptop Anda. Sebab beberapa cara di atas bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa digunakan untuk mengatasi keyboard Anda.